Connect With Us

Penumpang Lion Air dari Semarang, Sudah Naik Pesawat Turun Lagi

| Minggu, 16 Desember 2012 | 21:20

| Dibaca : 1477

Tower Air Traffic Service Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (tangerangnews / dira)

 
TANGERANG-Sejumlah penumpang Lion Air yang berangkat dari Semarang tampak kecewa saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada sekitar pukul 19.30 WIB. Sebab, jadwal terbang mereka ke Jakarta yang seharusnya berangkat pukul 17.00 WIB diundur menjadi 18.00 WIB lantaran radar di Bandara Soekarno-Hatta mati.
 
Joseph warga Jakarta Pusat mengatakan, dirinya sudah naik pesawat tetapi kemudian diminta turun kembali. “Awalnya diminta menunggu selama 30 menit, tetapi kemudian begitu sudah naik pesawat disuruh turun lagi, diminta untuk menunggu lagi 30 menit,” kata Joseph.
 
Sama halnya dengan Joseph,  Supriyanto  penumpang Lion Air dari Semarang lainnya juga mengatakan yang sama.  Dirinya berharap peristiwa seperti ini tidak perlu terjadi lagi. “Ya kedepan jangan sampai kembali terjadi, kami sudah naik pesawat diminta turun lagi. Sudah begitu lama sekali menunggunya,” katanya.
 
Pantauan di Bandara Soekarno-Hatta meski terjadi radar mati di bandara tersebut. Namun, tidak tampak penumpukan di curbside(lobi).  Entah di dalam ruang boarding atau di ruang check-in. Karena wartawan tidak bisa masuk ke dalam. Namun, informasi dari penumpang yang telah keluar dari Bandara mengakui ada antre-an yang cukup panjang. “Ya ada cukup panjang antrean, “ ujar Supriyanto warga Jakarta Barat.  
  
 
Sementara itu, Coorporate Secretary PT Angkasa Pura II Trisno Heriyadi mengatakan, penyebab radar di bagian air traffic controller (ATC) tower mati lantaran adanya unit power supply (UPS) yang terbakar sekitar pukul 16.55 WIB. “Akibatnya, semua sistem  fail, elektrik berhasil recovery sekitar 17.10 WIB. Tapi sistem masih perlu restart dan penyesuaian,” ujarnya.
 
Menurut Trisno, sistem berhasil recovery total sekitar pukul 18. 05 WIB. Operasi selama system off normal, dilakukan dengan cara pengendalian non radar atau prosedural. “ Namun dengan pembatasan penerbangan  atau delayed, take off - landing dari dan ke bandara Soekarno-Hatta,” katanya.  

Kemudian, sejak pukul 18.05 WIB  demi keamanan  penerbangan,  maka penerbangan incoming dan departure di release bertahap setiap 10 menit selanjutnya setiap 5 menit.  “Saat ini pukul 19.15 WIB, penerbangan telah normal kembali,” ujarnya.  

Menurut Trisno, UPS tersebut sudah diantisipasi dengan UPS Cyberex. PT Angkasa Pura II sudah memprogramkan UPS yang baru,  yang saat ini dalam perjalanan dari German dan diperkirakan tiba ke Indonesia pertengahan Januari. “ Namun ternyata UPS eksisting mengalami masalah terlebih dahulu. Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” terangnya. (DRA)
 
WISATA
Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Menikmati Suasana Asri di Situ Lengkong Tangsel

Sabtu, 13 Juni 2020 | 13:00

TANGERANGNEWS.com-Di tengah hiruk pikuk Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ternyata terdapat ruang terbuka hijau yang menjadi tempat favorit

AYO! TANGERANG CERDAS
Selama Ini Kena Hoax, Ternyata Terdapat 7 Manfaat Mandi Malam Hari 

Selama Ini Kena Hoax, Ternyata Terdapat 7 Manfaat Mandi Malam Hari 

Kamis, 17 September 2020 | 10:48

TANGERANGNEWS.com- Cerita di Indonesia selama ini mengenai larangan mandi di malam hari membuat kita terpengaruh. Mitos dan hoax mengenai kesehatan memang banyak beredar di masyarakat, terutama dahulu

TEKNO
Kenapa Anda Harus Beralih ke Lampu LED?

Kenapa Anda Harus Beralih ke Lampu LED?

Rabu, 30 September 2020 | 13:30

TANGERANGNEWS.com-Seiring berjalannya waktu kemajuan teknologi semakin penuh inovasi, seperti lampu LED (Light-Emitting Diode) yang telah dirancang untuk bereaksi terhadap gerak dan cahaya

"Putuskan Hubungan pada orang palsu untuk alasan yang benar. Bukan memutuskan orang benar dengan alasan Palsu."

Rather Aadil