Connect With Us

Force Majeure , PT Angkasa Pura II Dorong Maskapai Beri Toleransi

| Jumat, 18 Januari 2013 | 18:37

Jalan Pintu M1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (tangerangnews / denny)

 

 
TANGERANG- Pengelola Bandara Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II  melanjutkan contegency plan(penganganan kondisi darurat) untuk mendukung kelancaran kegiatan operasional penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta.
 
”Meski sejak kemarin sampai saat ini aktivitas penerbangan dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta tetap normal sesuai jadwal, contegency plan akan terus kami jalankan hingga situasi benar-benar kondusif,” jelas Coorporate Secretary PT Angkasa Pura II,  Trisno Heryadi,  Jumat(18/1).
 
Salah satu fokus utama dari contigency plan yang diterapkan sejak 17 Januari 2013 tersebut adalah membantu seluruh calon penumpang yang terjebak banjir di jalan Tol Sedyatmo (Tol Bandara).
Akibat tingginya genangan air pada salah satu ruas akses utama menuju bandara tersebut pada  Kamis (17/1), aksesibilitas calon penumpang dari arah Jakarta menuju bandara maupun sebaliknya sempat terputus.
Lajur bawah pada ruas tol tersebut tergenang air cukup tinggi sehingga sulit dilalui. Sementara di lajur atas, volume kendaraan juga meningkat. Kondisi tersebut menjadi kendala bagi para calon penumpang untuk mengejar waktu penerbangan sesuai jadwal.
 
Untuk kebutuhan tersebut, PT Angkasa Pura II melakukan koordinasi dengan sejumlah instansi seperti TNI, Polri, Basarnas, maskapai, maupun instansi terkait lainnya dalam hal penyediaan sarana angkutan yang mampu menembus banjir guna membawa penumpang menuju bandara. Sejumlah sarana angkutan yang disiagakan antara lain kendaraan truk besar milik TNI beberapa bus milik maskapai, serta sejumlah perahu karet Basarnas.
 
”Kemarin, semua truk, bus juga perahu karet kami siagakan di area parkir Kantor Pusat Angkasa Pura II. Akan tetapi hari ini (Jumat), mengingat genangan air di Tol Bandara terus surut, kendaraan-kendaraan tersebut khususnya truk milik TNI kembali ke markas untuk memberikan bantuan di wilayah lain. Namun, sewaktu-waktu kami perlukan, kendaraan-kendaraan itu tetap siaga,” imbuh Trisno.
 
Selain penyediaan sarana, PT Angkasa Pura II juga mendorong seluruh maskapai memberikan toleransi kepada calon penumpang yang terkena dampak banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya, yaitu dapat memfasilitas pemindahan jadwal penerbangan tanpa memungut biaya.
”Seluruh maskapai kami dorong untuk melakukan itu, mengingat peristiwa ini adalah force majeure atau kondisi darurat. Saya yakin, tidak ada satu pun penumpang yang ingin terlambat untuk terbang kecuali terpaksa atau terkendala,” ungkap Trisno.
 
Namun demikian, mengingat masih adanya potensi banjir di Jakarta dan sekitarnya, seluruh calon penumpang diimbau untuk mempercepat waktu perjalanan dari rumah menuju bandara hingga beberapa jam sebelum terbang. “Selain itu, calon penumpang juga kami himbau untuk mengghindari penggunaan kendaraan pribadi dan memanfaatkan sarana angkutan umum bus menuju bandara,” tuturnya.  (DRA)
 
 
 
TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill