Connect With Us

Miliki Peran Penting dimasa Lalu, Banten Kini Harus Bangkit

Wahyu | Sabtu, 25 Oktober 2014 | 12:39

Menyambut tahun baru Hijrah 1436H dengan semangat : Penghayatan & Pendalaman Hakekat Negara Bangsa Maritim Demi Terwujudnya Ketahahan nasional. (wahyu / TangerangNews)

 
BANTEN-Tubagus Saptani Suria, Ketua Umum Pusat Majelis Nasional Pemuda Berbudaya (MNPB) mengatakan, sejarah sejak dibangunnya Banten (saat ini namanya) sebagai pusat kesultanan pada tanggal 1 Muharram 933 H/8 Oktober 1.526 M, awalnya   hanya bermodal sebuah menara,  yang dikeliling oleh bangunan masjid.
 
Namun hal itu menjadi point penting perjuangan masa lalu yang sekarang sudah bernama Propinsi Banten.
 
Dia juga bercerita, di daerah yang letaknya tidak jauh dari Kota Serang, yakni  Kecamatan Kasemen, Banten Lama, pada masa lalunya sudah mengambil peranan penting dalam bidang perdagangan.
 
“Di sana tidak hanya di kenal di Nusantara tapi men-dunia. Sehingga wajar nama Banten sudah tersohor dan diminati banyak pendatang dari mulai tionghoa, eropa, timur tengah, dan bangsa-bangsa lainnya,” katanya.  
 
Komoditasnya Banten pun tidak hanya sekedar rempah-rempah,  melainkan per-adaban budayanya yang menjadi perhatian banyak negara untuk dijadikan tempat berkunjung para raja-raja di zaman itu.
 
“Tidak sedikit literatur kuno yang menceritakan peranan penting peradaban yang sudah dibangun secara ber-adab oleh Sultan Maulana Hasanuddin,  beserta ayahnya Sunan Gunung Jati Syaikh Syarif Hidayatullah yang masih bisa di rasakan sampai sekarang,” terangnya.
 
Dari sejarah cerita itu,  dia ingin baik dari kalangan pemerintah dan masyarakat harus lebih memperhatikan Banten.
 
“Dengan sejarah panjang itu Banten seharusnya segera menemukan jatidirinya. Bahwa usia Provinsi Banten yang ke-14, telah hilang ditelan masa-masa lalu,” katanya.  
 
Dia ingin membawa pesan, bahwa di zaman dulu berjuang hanya dengan bermodal sebuah menara yang dikeliling masjid dan bisa membangun keraton yang berdampak dikenal oleh dunia. “Di masa saat ini  harus menjadi pelajaran dan bahan introspkesi kepada semuanya,” terangnya.
 
Masyarakat Banten harus  bersama-sama kembali meneruskan per-adaban yang sudah di bangun sejak 488 tahun silam atau bertepatan dengan 25 oktober 2014.
 
“Bahwa sebelum Provinsi Banten berdiri sudah di cita-citakan oleh para pendahulunya dan ditata peradabannya sehingga masih bisa di rasakan dan di kunjungi oleh ratusan ribu penikmat wisata rohani hingga sekarang,” terangnya.
 
SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persis Solo vs Persita, Laga Hidup Mati Pendekar Cisadane

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persis Solo vs Persita, Laga Hidup Mati Pendekar Cisadane

Kamis, 25 April 2024 | 13:38

Pekan ke-33 lanjutan BRI Liga 1 musim 2023/2024, Persis Solo akan menjamu Persita Tangerang di Stadion Mahana, Solo pada Jumat, 26 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill