Connect With Us

Desain Tol Tangerang-Merak Tunggu Pengesahan BPJT

Rusli | Selasa, 25 Maret 2014 | 14:55

MMS Gelar Simulasi Kebakaran di Tol (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)


TANGERANG-Desain  tol Tangerang-Merak yang banjir di Km 57 sampai Km 59 , masih menunggu untuk disahkan izinnya oleh badan pengatur jalan tol (BPJT).   PT Marga Mandala Sakti (MMS) sebagai operator jalan bebas hambatan tersebut mengklaim desainnya sudah selesai.

Direktur Operasi dan Teknik PT MMS Sunarto Sastrowiyoto mengatakan, desain tersebut adalah desain pembangunan ruas tol baru yang berada di samping jalan tol yang terendam banjir pada  2012 lalu  di wilayah Ciujung .  

“Sedang dalam proses persetujuan BPJT desainnya. Kalau dari kami sudah selesai 95%. Adapun yang belum itu izinnya saja. Sebab, ruas tol harus sesuai dengan desain yang ditetapkan pemerintah,” ujar Sunarto, Selasa (25/03).

Meski begitu, pihaknya optimis  desain tersebut akan disetujui BPJT, dan pihaknya memperkirakan tahun 2015 sudah bisa dikerjakan. “Tahun depan sepertinya sudah bisa dibangun,” ujarnya.

Ruas tol yang akan dibangun itu menurut Sunarto meniru desain tol Sediyatmo yang menjadi akses utama ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta dari Jakarta.  “Kita tiru karena masalahnya sama soal banjir. Tanahnya juga sama bekas rawa, sehingga endapan air diatasnya bisa membenamkan jalan. Makanya akan dibangun tiang pancang sedalam 30 meteran, ” katanya.

Adapun ruas tol yang dibangun itu nantinya sepanjang 2,5 Km dengan ketinggian 2,7 meter paling tinggi serta lebar 10,2 meter untuk masing-masing ruas, dengan dua lajur,  masing-masing satu arah.  “Kita juga bangun tol itu dengan maksud agar tidak membendung air jika akan kembali banjir lagi.  Jadi air akan tetap merendam ruas tol yang banjir saat ini, sedangkan pengendara melintasi jalan yang akan dibangun itu,” terangnya.

Pembangunan tol elevated dengan nilai investasi sekitar Rp300 miliar itu bersumber dari dana pinjaman dan dana PT MMS sendiri. “Sebab yang namanya industri jalan tentu harus untung ya,” katanya.

Saat ini menurut Direktur Keuangan PT MMS Halim Wahjana, jumlah pengguna jalan tol Tangerang-Merak perharinya mencapai rata-rata 108.000 . Sedangkan capaian pendapatannya perbulan mencapai Rp1,9 miliar sampai Rp2 miliar.

Selain membangun ruas tol untuk terbebas dari banjir, PT MMS juga sedang melebarkan ruas Cikupa-Balaraja dari dua lajur menjadi tiga lajur. Sedangkan lajur bahunya sengaja dipersiapkan kelebarannya sama dengan lajur satu dan dua serta tiga yakni 3,6 meter.

 “Kalau biasanya lajur bahu cukup 2,5 meter. Kini lajur bahu kita bangun sama dengan lajur satu, dua dan tiga.  Sudah 75% selesai, April sepertinya akan selesai,” terang Halim.  
  
  
 
MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

KAB. TANGERANG
Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Kamis, 18 April 2024 | 18:12

Pasca libur lebaran 2024, pemohon kartu kuning atau kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang meningkat hingga 500 orang per hari.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill