Connect With Us

Mulai Oktober, Tol Tangerang-Merak Siap Terima Uang Elektronik

Advertorial | Jumat, 29 September 2017 | 10:00

| Dibaca : 466

Gerbang Tol Tangerang-Merak. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com - PT Marga Mandalasakti yang saat ini memilki brand name ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak  mulai Oktober 2017 akan memberlakukan 100% transaksi non tunai di Ruas Tol Tangerang-Merak.

Perubahan metode pembayaran ini merupakan bentuk dukungan untuk program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), dalam menerapkan target 100% pembayaran non tunai di seluruh jalan tol di Indonesia pada Oktober 2017.

Kegiatan ini dilandasi oleh Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia no 16/PRT/M/2017, tentang Transaksi Tol Nontunai di Jalan Tol, Tanggal 15 September 2017.

Untuk mensukseskan program ini, ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak melakukan peningkatan layanan dalam sistem peralatan tol dan infrastruktur. Saat ini seluruh gardu tol di ruas Tangerang-Merak sudah bisa digunakan untuk transaksi uang elektronik, baik Gardu Tol Otomatis (GTO) ataupun gardu manual yang ada petugasnya.

“Saat ini kami memiliki 87 Gardu termasuk 21 GTO yang tersebar di 9 gerbang. Semua gardu tersebut sudah bisa menerima transaksi non tunai,” jelas Wiwiek D Santoso, Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti, Jumat (29/9/2017).

Untuk memperlancar pelaksanaan non tunai, beberapa uang elektronik dari Himpunan Bank Negara (HIMBARA) yaitu Mandiri, BRI, BNI, BTN dan juga bank swasta dari BCA sudah bisa digunakan di Ruas Tol Tangerang-Merak, sehingga transaksi bisa lebih mudah, baik untuk seluruh nasabah bank maupun non nasabah yang juga memiliki uang elektronik dari produk-produk bank tersebut.

“Banyak keunggulan yang bisa didapatkan dengan bertransaksi tol menggunakan uang elektronik. Salah satunya adalah waktu transaksi akan lebih cepat, karena tidak ada lagi penghitungan dan pengembalian uang tol sehingga dapat memperkecil antrean serta kemacetan karena transaksi yang harus dilakukan di gerbang-gerbang,” jelasnya.

Para bank yang bekerjasama dengan ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak pun akan melakukan penjualan uang elektronik di seluruh Gerbang Tol Tangerang-Merak, mulai dari Gerbang Tol Cikupa hingga Gerbang Tol Merak.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kesediaan uang elektronik bagi pengguna jalan yang belum memilkinya sehingga meningkatkan jumlah penetrasi pengguna uang elektronik dalam menghadapi 100% non tunai nanti.

ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak juga aktif melakukan publikasi ke media massa baik nasional maupun regional Banten, roadshow ke sejumlah Radio dan TV lokal Banten. Selain itu juga menyapa langsung pengguna jalan di gerbang tol, guna melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pengguna jalan, terutama manfaat yang akan didapatkan oleh pengguna jalan dengan menggunakan uang elektronik.

 

Tidak hanya itu, diskusi terpadu kepada pengguna jalan juga dilakukan pada program focus group discussion yang termasuk dalam rangkaian voice of customer. ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak juga melakukan kunjungan kepada Perusahaan Otobus yang sudah menjadi commuter Tangerang-Merak, Perusahaan Ekspedisi dan sejumlah kawasan Industri yang berada di Wilayah Tangerang, Serang dan Cilegon.

Hal tersebut untuk memberikan edukasi mengenai mekanisme penggunaan uang elektronik di jalan tol juga landasan regulasinya. Dalam melakukan sosialisasi ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak juga menggandeng Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten juga HIMBARA.

Sebagai wujud layanan informatif, ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak juga melakukan sosialisasi elektronifikasi tol dengan memasang spanduk informasi di sejumlah titik lokasi di sepanjang Tol Tangerang-Merak, baik di beberapa Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) maupun gerbang tol. Informasi pemberitahuan juga dilakukan melalui 11 (sebelas) unit Variable Message signs (VMS) yang terpasang pada jalur utama di sepanjang tol Tangerang-Merak.

 

Tidak ketinggalan digital campaign pada media sosial juga dilaksanakan pada layanan twitter @tol_mms dan website www.margamandala.co.id juga aplikasi mobile petunjuk arah ANAVIGO. Layanan sentral komunikasi juga siap 24 jam untuk memberikan informasi bagi para pengguna jalan pada nomor 0254 207878 dan layanan bebas pulsa 0 800 1 77 78 79.

“Kami berharap dengan adanya edukasi secara masif dan berkala dengan sejumlah kegiatan kampanye ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh pengguna jalan tol sehingga target Pemerintah untuk mengimplementasikan layanan transaksi non tunai di jalan tol sepenuhnya pada akhir Oktober dapat terwujud dengan baik”, lanjut Wiwiek.(ADV)

WISATA
Berkunjung ke 3 Destinasi yang Masih Tersembunyi di Jogja

Berkunjung ke 3 Destinasi yang Masih Tersembunyi di Jogja

Senin, 27 Agustus 2018 | 15:00

TANGERANGNEWS.com-Ada banyak tempat wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan, tetapi tak sedikit yang masih tersembunyi. Namun, keindahannya telah menyebar di dunia maya melalui unggahan para pengunjung yang takjub.

BANTEN
DPP APDESI Instruksikan Banten Gelar Musda

DPP APDESI Instruksikan Banten Gelar Musda

Jumat, 21 September 2018 | 23:45

TANGERANGNEWS.com-Asosiasi Perangkat Desa (APDESI) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) memberikan Surat Perintah kepada 3 anggota pengurus

MANCANEGARA
Sadis, Wanita Ini Diperkosa Lalu Dibakar Hingga Tewas

Sadis, Wanita Ini Diperkosa Lalu Dibakar Hingga Tewas

Senin, 16 Juli 2018 | 19:00

TANGERANGNEWS.com-Seorang wanita diperkosa dan dibakar hidup-hidup hingga tewas oleh sekelompok pria di India. Dari lima pelaku, dua diantaranya telah ditangkap kepolisian setempat.

PROPERTI
Astra Tol Tamer Siap Sambut Libur Panjang Imlek 2018

Astra Tol Tamer Siap Sambut Libur Panjang Imlek 2018

Senin, 19 Februari 2018 | 12:00

TANGERANGNEWS.com-Menghadapi libur Imlek 2018, ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak (ASTRA Tol Tamer) siap memberikan pelayanan terbaik untuk pengguna jalan. Baik peningkatan pelayanan transaksi, maupun kondisi jalan hingga pelayanan keamanan.

"Kita tidak boleh menerima nasib buruk dan pasrah menerimannya sebagai kutukan. Kalau kita mau hidup bebas, kita harus belajar untuk terbang"

Gie