Connect With Us

Imigrasi Banten Perketat Pengawasan Orang Asing

Maya Sahurina | Selasa, 4 Desember 2018 | 15:00

| Dibaca : 431

Kepala Divisi Imigrasi Kanwil kementerian Hukum dan HAM Provinsi Banyen Martahan Hutapea. (@TangerangNews / Maya Sahurina)

TAMGERANGNEWS.com-Imigrasi Provinsi Banten terus memperketat pengawasan terhadap kedatangan warga negara asing (WNA) yang masuk ke wilayah Banten, termasuk diantaranya ke Tangerang Raya (Kota, Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan)

Dikatakan Kepala Divisi Imigrasi Kanwil kementerian Hukum dan HAM Provinsi Banten Martahan Hutapea, pengetatan pengawasan itu sudah dilakukan sejak tahun 2011 lalu.

"Setiap orang asing yang masuk ke Indonesia wajib memiliki visa. Visa itu suatu izin untuk memasuki suatu wilayah termasuk Indonesia yang dicapkan pada paspor. Tapi di luar visa itu ada 169 negara yang bebas kunjungan, visa kunjungan keluarga, sosialisasi tugas pemerintahan, melakukan pembicaraan bisnis dan sebagainya," jelas Martahan, Selasa (4/12/2018).

lanjutnya, bukan hanya pihaknya yang melakukan pengawasan terhadap WNA, karena, kata dia, imigrasi juga telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait guna memantau dan melaporkan keberadaan warga asing di wilayah setempat. 

"Selain imigrasi, rumah detensi imigrasi Kemenko Polkam, pihak Polri juga melakukan pengawasan terhadap orang asing. Semua instansi juga terlibat. Tidak cuma imigrasi" ujar martahan.

Ia juga mengungkapkan, setiap pemerintahan daerah yang merasa kesulitan masuk ke suatu area dimana terdapat warga negara asing, pihaknya siap membantu. 

"Saya siap mendampingi pemerintah daerah 24 jam. Saya berkomitmen, kalau pemda kesulitan dalam berkomunikasi, kesulitan masuk ke tempat-tempat yang ada orang asingnya (WNA), untuk melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing, kami akan bantu," tandasnya.(RAZ/RGI)

TagsBanten
TOKOH
Jurnalis Budi Euy Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota di Jawa

Jurnalis Budi Euy Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota di Jawa

Jumat, 2 November 2018 | 14:00

TANGERANGNEWS.com-Pendongeng Keliling Nusantara Budi Sabarudin akan kembali menjalankan program Sedekah Dongeng Keliling Nusantara. Kali ini mengusung tajuk Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota.

BISNIS
Menikmati Kelezatan Pempek Wong Kito 18 di Alun-alun Kota Tangerang

Menikmati Kelezatan Pempek Wong Kito 18 di Alun-alun Kota Tangerang

Sabtu, 16 Februari 2019 | 14:41

TANGERANGNEWS.com-Jika berjalan-jalan maupun melaksanakan aktivitas olahraga di Alun-Alun Lapangan Ahmad Yani Kota Tangerang, rasanya tidak

KOTA TANGERANG
Cetak Bibit, 87 Klub SSB Berlaga di Stadion Benteng Tangerang

Cetak Bibit, 87 Klub SSB Berlaga di Stadion Benteng Tangerang

Sabtu, 16 Februari 2019 | 16:49

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang menginisiasi Festival HUT Kota Tangerang ke-26 dengan pagelaran turnamen antar SSB (sekolah

TANGSEL
Relasi Sosialisasi Pemilu Ke Pemuda Sumut di Tangsel

Relasi Sosialisasi Pemilu Ke Pemuda Sumut di Tangsel

Sabtu, 16 Februari 2019 | 20:42

TANGERANGNEWS.com-Relawan Demokrasi (Relasi) Tangerang Selatan (Tangsel) menyosialisasikan Pemilu 2019 ke kelompok pemuda yang tergabung

"Tidak pernah ada kata terlambat untuk menjadi seperti apa yang Anda inginkan."

George Elliot