Connect With Us

ISKI Banten Wacanakan Seminar Komunikasi Bencana

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 5 Januari 2019 | 13:46

Ketua ISKI Banten Yopy Perdana Kusuma bersama Kaprodi Ilmu Komunikasi Unsera dan Kaprodi Untirta setelah rapat yang memutuskan seminar nasional. (TangerangNews/2018 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com-Sepanjang 2018, tercatat 5 fenomena bencana alam melanda Indonesia. Rangkaian bencana ini diawali dengan gempa bumi Lombok, kemudian tsunami Sulawesi Tengah, gempa Jawa Timur, banjir bandang dan longsor Mandailing Natal, hingga tsunami Selat Sunda.

Rentetan peristiwa yang merenggut ribuan korban jiwa tersebut telah dihadapi. Namun sebelum dan sesudah bencana, ada teknik yang harus diimplementasikan dalam berkomunikasi khususnya penyebarluasan informasi kepada masyarakat.

Para pengurus ISKI Banten setelah menggelar rapat di kampus Untirta.

Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Banten mewacanakan menggelar seminar nasional dengan mengambil tema ‘Komunikasi Bencana: Sebelum dan Sesudah’.

Rencana seminar tersebut lahir berdasarkan hasil rapat para pengurus ISKI Banten di Gedung Serbaguna FISIP Untirta, Jumat, (4/1/2019).

Ketua ISKI Banten Yopy Perdana Kusuma mengatakan, berkomunikasi dalam menghadapi bencana saat sebelum maupun sesudah sangat penting diperhatikan. Terlebih ketika sebelum bencana, peringatan dini yang akurat sangat penting menjadi informasi bagi masyarakat, demi mengurangi dampak akibat bencana itu sendiri.

“Kami akan bahas penguatan mitigasi bencana terhadap kegagalan teknologi,” ujar Yopy, Sabtu (5/1/2019).

Selain membahas mitigasi, seminar juga akan membahas serangkaian materi komunikasi bencana dan sesudah lainnya secara konkret. 

Antara lain membahas komunikasi kesehatan dalam pemulihan pasca bencana, komunikasi budaya dalam melihat bencana alam, etika jurnalisme dalam merekonstruksi peristiwa bencana, bencana dalam perspektif komunikasi politik, hingga peran pemerintah dalam komunikasi bencana.

“Acara ini juga direkatkan dengan momerandum of agreement antar prodi ilmu komunikasi se-Banten,” jelas Yopy. 

Seminar national ini diagendakan digelar bertepatan pada hari bumi, Senin (22/4/2019) di Auditorium Untirta. Para stakeholder terkait seperti BMKG, Kemensos dan BNPB pun direncanakan turut hadir.(RAZ/HRU)

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill