Connect With Us

ISKI Banten Wacanakan Seminar Komunikasi Bencana

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 5 Januari 2019 | 13:46

| Dibaca : 426

Ketua ISKI Banten Yopy Perdana Kusuma bersama Kaprodi Ilmu Komunikasi Unsera dan Kaprodi Untirta setelah rapat yang memutuskan seminar nasional. (TangerangNews/2018 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com-Sepanjang 2018, tercatat 5 fenomena bencana alam melanda Indonesia. Rangkaian bencana ini diawali dengan gempa bumi Lombok, kemudian tsunami Sulawesi Tengah, gempa Jawa Timur, banjir bandang dan longsor Mandailing Natal, hingga tsunami Selat Sunda.

Rentetan peristiwa yang merenggut ribuan korban jiwa tersebut telah dihadapi. Namun sebelum dan sesudah bencana, ada teknik yang harus diimplementasikan dalam berkomunikasi khususnya penyebarluasan informasi kepada masyarakat.

Para pengurus ISKI Banten setelah menggelar rapat di kampus Untirta.

Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Banten mewacanakan menggelar seminar nasional dengan mengambil tema ‘Komunikasi Bencana: Sebelum dan Sesudah’.

Rencana seminar tersebut lahir berdasarkan hasil rapat para pengurus ISKI Banten di Gedung Serbaguna FISIP Untirta, Jumat, (4/1/2019).

Ketua ISKI Banten Yopy Perdana Kusuma mengatakan, berkomunikasi dalam menghadapi bencana saat sebelum maupun sesudah sangat penting diperhatikan. Terlebih ketika sebelum bencana, peringatan dini yang akurat sangat penting menjadi informasi bagi masyarakat, demi mengurangi dampak akibat bencana itu sendiri.

“Kami akan bahas penguatan mitigasi bencana terhadap kegagalan teknologi,” ujar Yopy, Sabtu (5/1/2019).

Selain membahas mitigasi, seminar juga akan membahas serangkaian materi komunikasi bencana dan sesudah lainnya secara konkret. 

Antara lain membahas komunikasi kesehatan dalam pemulihan pasca bencana, komunikasi budaya dalam melihat bencana alam, etika jurnalisme dalam merekonstruksi peristiwa bencana, bencana dalam perspektif komunikasi politik, hingga peran pemerintah dalam komunikasi bencana.

“Acara ini juga direkatkan dengan momerandum of agreement antar prodi ilmu komunikasi se-Banten,” jelas Yopy. 

Seminar national ini diagendakan digelar bertepatan pada hari bumi, Senin (22/4/2019) di Auditorium Untirta. Para stakeholder terkait seperti BMKG, Kemensos dan BNPB pun direncanakan turut hadir.(RAZ/HRU)

TEKNO
LIPI Pamerkan Hasil Penelitian di Serpong

LIPI Pamerkan Hasil Penelitian di Serpong

Selasa, 2 Juli 2019 | 15:11

TANGERANGNEWS.com-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Fisika (P2F) memamerkan sejumlah hasil penelitiannya di Pusat Penelitian Fisika LlPl, Kawasan Puspitek Serpong,

TOKOH
Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Selasa, 9 Juli 2019 | 17:12

TANGERANGNEWS.com-Ahmad Amarullah resmi ditetapkan sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) masa jabatan 2017–2021 atau melanjutkan jabatan almarhum Achmad Badawi yang meninggal dunia 4 Juni 2019 lalu.

BANDARA
Listrik di Bandara Soekarno-Hatta Padam, Penerbangan Delay

Listrik di Bandara Soekarno-Hatta Padam, Penerbangan Delay

Senin, 15 Juli 2019 | 21:01

TANGERANGNEWS.com— Sejumlah penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang mengalami penundaan ( delay ), Senin

KAB. TANGERANG
Curhat Petani Tangerang yang Bertahan si Musim Kemarau

Curhat Petani Tangerang yang Bertahan si Musim Kemarau

Kamis, 18 Juli 2019 | 13:48

TANGERANGNEWS.com - Sejumlah petani padi di Kabupaten Tangerang memilih untuk mempercepat masa tanam dan panen untuk menghindari perubahan musim kemarau.

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt