Connect With Us

ISKI Banten Wacanakan Seminar Komunikasi Bencana

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 5 Januari 2019 | 13:46

| Dibaca : 416

Ketua ISKI Banten Yopy Perdana Kusuma bersama Kaprodi Ilmu Komunikasi Unsera dan Kaprodi Untirta setelah rapat yang memutuskan seminar nasional. (TangerangNews/2018 / Achmad Irfan Fauzi)

 

TANGERANGNEWS.com-Sepanjang 2018, tercatat 5 fenomena bencana alam melanda Indonesia. Rangkaian bencana ini diawali dengan gempa bumi Lombok, kemudian tsunami Sulawesi Tengah, gempa Jawa Timur, banjir bandang dan longsor Mandailing Natal, hingga tsunami Selat Sunda.

Rentetan peristiwa yang merenggut ribuan korban jiwa tersebut telah dihadapi. Namun sebelum dan sesudah bencana, ada teknik yang harus diimplementasikan dalam berkomunikasi khususnya penyebarluasan informasi kepada masyarakat.

Para pengurus ISKI Banten setelah menggelar rapat di kampus Untirta.

Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Banten mewacanakan menggelar seminar nasional dengan mengambil tema ‘Komunikasi Bencana: Sebelum dan Sesudah’.

Rencana seminar tersebut lahir berdasarkan hasil rapat para pengurus ISKI Banten di Gedung Serbaguna FISIP Untirta, Jumat, (4/1/2019).

Ketua ISKI Banten Yopy Perdana Kusuma mengatakan, berkomunikasi dalam menghadapi bencana saat sebelum maupun sesudah sangat penting diperhatikan. Terlebih ketika sebelum bencana, peringatan dini yang akurat sangat penting menjadi informasi bagi masyarakat, demi mengurangi dampak akibat bencana itu sendiri.

“Kami akan bahas penguatan mitigasi bencana terhadap kegagalan teknologi,” ujar Yopy, Sabtu (5/1/2019).

Selain membahas mitigasi, seminar juga akan membahas serangkaian materi komunikasi bencana dan sesudah lainnya secara konkret. 

Antara lain membahas komunikasi kesehatan dalam pemulihan pasca bencana, komunikasi budaya dalam melihat bencana alam, etika jurnalisme dalam merekonstruksi peristiwa bencana, bencana dalam perspektif komunikasi politik, hingga peran pemerintah dalam komunikasi bencana.

“Acara ini juga direkatkan dengan momerandum of agreement antar prodi ilmu komunikasi se-Banten,” jelas Yopy. 

Seminar national ini diagendakan digelar bertepatan pada hari bumi, Senin (22/4/2019) di Auditorium Untirta. Para stakeholder terkait seperti BMKG, Kemensos dan BNPB pun direncanakan turut hadir.(RAZ/HRU)

MANCANEGARA
Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Selasa, 26 Maret 2019 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Ulama kharsimatik, Fethullah Gulen menilai demokrasi di Turki telah dirusak Presiden Recep Tayyip Erdogan. Namun Fethullah Gulen percaya kondisi itu tak akan berlangsung lama.

HIBURAN
Rindu Liburan Bernuansa Pedesaan dengan Suhu Dingin?  Datang ke ICEFEST 2019 Yuk

Rindu Liburan Bernuansa Pedesaan dengan Suhu Dingin? Datang ke ICEFEST 2019 Yuk

Kamis, 11 April 2019 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Bagi anda yang rindu liburan bernuansa pedesaan dengan suhu sangat dingin, mari kita datang ke ICEFEST 2019 pada 19 - 29 Desember di ICE BSD, Kabupaten Tangerang.

PROPERTI
Bangun Stasiun Cisauk, Sinar Mas Land Kembangkan Kawasan BSD City

Bangun Stasiun Cisauk, Sinar Mas Land Kembangkan Kawasan BSD City

Senin, 18 Februari 2019 | 17:28

TANGERANGNEWS.com-Gedung baru Stasiun Cisauk telah resmi beroperasi sejak, Jum'at (1/2/2019) lalu. Pembangunan tersebut merupakan suatu

TOKOH
Yusuf Mansur Ceritakan Al-Qur'an Selamatkan Hidupnya di Penjara

Yusuf Mansur Ceritakan Al-Qur'an Selamatkan Hidupnya di Penjara

Kamis, 23 Mei 2019 | 10:26

TANGERANGNEWS.com-Peringatan turunnya kitab suci Al-Qur'an atau dikenal dengan istilah Nuzulul Qur'an, menjadi pengalaman tersendiri bagi ustadz

"Jurnalisme, karena menyangkut pengumpulan informasi, sedikit berbeda dari pekerjaan intelijen. Dalam penilaian saya, pekerjaan seorang jurnalis sangat menarik."

Vladimir Putin (Presiden Rusia)