Connect With Us

Buaya Berbobot 250 Kg Ditangkap Warga

Redaksi | Selasa, 14 Juli 2020 | 13:46

| Dibaca : 15532

Warga saat evakuasi proses penangkapan Buaya muara Cidanau. (Istimewa / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com-Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kelas I Serang, Banten mengamankan seekor buaya muara sepanjang tiga meter, Senin (13/7/2020).

Buaya yang sering muncul ke permukaan muara Cidanau dan meresahkan warga setempat itu akhirnya dapat ditangkap oleh warga dengan menggunakan tali tambang besar.

"Buaya baru bisa tertangkap oleh masyarakat Cinangka, Serang dengan alat sederhana berupa tali tambang yang belum sempurna penangkapannya. Maka petugas BKSDA langsung mengamankannya untuk dievakuasi ke tempat lebih aman," ujar Kepala BKSDA Jawa Barat Wilayah I Serang, Andre Ginson, Senin.

Sejumlah warga yang berhasil meringkus buaya muara itu lantas menyerahkannya ke petugas BKSDA untuk diamankan.

Menurut Andre, buaya muara dengan panjang tiga meter ini memiliki bobot 250 Kilogram (Kg) dan sudah lama hidup bebas di area muara Cidanau itu.

Warga sekitar merasa khawatir karena sering diganggu buaya muara itu yang kerap muncul ke permukaan.

"Buaya muara ini diperkirakan berusia 7 hingga 9 tahun. Jenis kelaminnya betina," tutur Andre.

Andre mengaku, buaya itu sudah diincar oleh petugas BKSDA Jabar dengan menaruh beberapa jebakan di sektiar lokasi muara Cidanau, walaupun akhirnya warga setempat yang menangkapnya lebih dulu dengan alat seadanya.

 
View this post on Instagram
 

Buaya Berbobot 250 Kg Ditangkap Warga . . Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kelas I Serang, Banten mengamankan seekor buaya muara sepanjang tiga meter, Senin (13/7/2020). Buaya yang sering muncul ke permukaan muara Cidanau dan meresahkan warga setempat itu akhirnya dapat ditangkap oleh warga dengan menggunakan tali tambang besar. . . "Buaya baru bisa tertangkap oleh masyarakat Cinangka, Serang dengan alat sederhana berupa tali tambang yang belum sempurna penangkapannya. Maka petugas BKSDA langsung mengamankannya untuk dievakuasi ke tempat lebih aman," ujar Kepala BKSDA Jawa Barat Wilayah I Serang, Andre Ginson, Senin. . . Sejumlah warga yang berhasil meringkus buaya muara itu lantas menyerahkannya ke petugas BKSDA untuk diamankan. Menurut Andre, buaya muara dengan panjang tiga meter ini memiliki bobot 250 Kilogram (Kg) dan sudah lama hidup bebas di area muara Cidanau itu. Warga sekitar merasa khawatir karena sering diganggu buaya muara itu yang kerap muncul ke permukaan. "Buaya muara ini diperkirakan berusia 7 hingga 9 tahun. Jenis kelaminnya betina," tutur Andre . . . Andre mengaku, buaya itu sudah diincar oleh petugas BKSDA Jabar dengan menaruh beberapa jebakan di sektiar lokasi muara Cidanau, walaupun akhirnya warga setempat yang menangkapnya lebih dulu dengan alat seadanya. Andre menambahkan, buaya muara jumlah habitatnya terbilang banyak dan termasuk hewan yang dilindungi. . . "Kalau muara sana (Cidanau) masih ada karena muara tersebut merupakan salah satu habitat buaya muara," katanya. Selanjutnya, buaya ini akan dibawa ke penangkaran di daerah Menes, Pandeglang, masih di wilayah Provinsi Banten. . . "Kami akan serahkan buaya muara ini langsung ke penangkaran di Desa Muruy, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten," kata Andre, menegaskan.

A post shared by TangerangNews (@tangerangnewscom) on

Andre menambahkan, buaya muara jumlah habitatnya terbilang banyak dan termasuk hewan yang dilindungi.

"Kalau muara sana (Cidanau) masih ada karena muara tersebut merupakan salah satu habitat buaya muara," katanya.

Selanjutnya, buaya ini akan dibawa ke penangkaran di daerah Menes, Pandeglang, masih di wilayah Provinsi Banten.

"Kami akan serahkan buaya muara ini langsung ke penangkaran di Desa Muruy, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten," kata Andre, menegaskan.

TOKOH
Innalillahi, Sastrawan Sapardi Djoko Darmono Tutup Usia

Innalillahi, Sastrawan Sapardi Djoko Darmono Tutup Usia

Minggu, 19 Juli 2020 | 12:07

TANGERANGNEWS.com-Dunia seni dan sastra Indonesia kini sedang berduka. Sastrawan kondang, Sapardi Djoko Darmono meninggal dunia, Minggu (19/7/2020)

AYO! TANGERANG CERDAS
Ayah & Bunda, Tanamkan Sikap Kritis kepada Buah Hati Sejak Dini

Ayah & Bunda, Tanamkan Sikap Kritis kepada Buah Hati Sejak Dini

Sabtu, 4 Juli 2020 | 13:11

TANGERANGNEWS.com-Fase perkembangan anak membutuhkan pendampingan intens dari orang dewasa. Kemudahan mengakses internet membuat

BANTEN
Ratu Ati Marliati-Sokhidin Deklarasi Maju Pilwalkot Cilegon

Ratu Ati Marliati-Sokhidin Deklarasi Maju Pilwalkot Cilegon

Minggu, 9 Agustus 2020 | 19:23

TANGERANGNEWS.com-Bakal pasangan calon wali kota-wakil wali kota Cilegon, Ratu Ati Marliati-Sokhidin mendeklarasikan diri maju di Pilwalkot Cilegon 2020. Pasangan petahana itu diusung 4 partai, yakni Golkar, Nasdem, Gerindra, dan PKB

BANDARA
Penumpang di Bandara Soetta Kepergok Pakai Surat Swab Tes Palsu

Penumpang di Bandara Soetta Kepergok Pakai Surat Swab Tes Palsu

Senin, 10 Agustus 2020 | 13:51

TANGERANGNEWS.com–Calon penumpang berinisial FM, 30, diamankan aparat

"Dengan Hidup yang Hanya Sepanjang  Setengah Tarikan Napas, Jangan Tanam Apapun Kecuali Cinta."

Jalaluddin Rumi