Connect With Us

Kabupaten Pandeglang Dipecah jadi Tiga

| Selasa, 17 Agustus 2010 | 17:23


TANGERANGNEWS-Kabupaten Pandeglang diusulkan untuk dipecah menjadi tiga wilayah. Dua wilayah yang diusulkan untuk dipekarkan dari kabupaten induknya (Kabupaten Pandeglang), yakni wilayah Cibaliung dan Caringin.

Wakil Ketua DPRD Banten Eli Mulyadi mengatakan, usulan pemekaran dua wilayah itu sudah masuk ke DPRD Banten pada 30 Juli 2010 lalu. Pemekaran dua wilayah ini, telah diusulkan oleh Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi.

Karena telah diusulkan oleh Bupati Pandeglang, kata Eli, DPRD Banten belum bisa membahasnya, karena belum menerima Surat Keputusan (SK) Gubernur Banten terkait persetujuan pemekaran dua wilayah itu. "Berbeda jika Bupati Pandeglang tidak mengeluarkan persetujuan, seperti kasus di Kabupaten Lebak, maka DPRD Banten yang mengambil langkah inisiatif pembahasannya," jelas Eli.

Eli juga mengatakan, berkas persyaratan pemekaran dua wilayah yang telah ada di DPRD Banten itu sudah lengkap, seperti keputusan Bupati Pandeglang tentang persetujuan penetapan lokasi calon ibukota dan dukungan dana dalam APBD dan keputusan DPRD Pandeglang tentang persetujuan pembentukan Kabupaten Cibaliung dan Caringin.

Terpisah, Asda I Pemprov Banten Syafrudin Ismail mengungkapkan, belum menerima berkas usulan pemekaran Kabupaten Cibaliung dan Caringin tersebut. “Kami belum menerima berkas itu,” ujar Ismail.

Sementara itu, Sekjen Badan Koordinasi Percepatan Pembentukan Kabupaten Cibaliung (Bakor P2KC) Muhamad Naim, mendesak kepada Pemprov Banten untuk segera mengeluarkan rekomendasi persetujuan pembentukan Kabupaten Cibaliung ke DPRD Banten. “Kami telah berkoordinasi dengan DPRD Banten. Pihak DPRD menyatakan, sedang menunggu rekomendasi dari Gubernur,” kata Naim. (tm/si/dira)
NASIONAL
Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:34

DPR RI resmi mengesahkan revisi UU Desa dalam rapat paripurna di gedung Nusantara II kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

KOTA TANGERANG
THR Tak Kunjung Cair, Lapor ke Posko Ini di Kota Tangerang

THR Tak Kunjung Cair, Lapor ke Posko Ini di Kota Tangerang

Jumat, 29 Maret 2024 | 13:52

Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang membuka posko pengaduan terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR)

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill