Connect With Us

Potensi Tsunami, BPBD Banten Minta Warga Pesisir Waspada

Tim TangerangNews.com | Jumat, 3 Desember 2021 | 21:33

| Dibaca : 144

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten Nana Suryana. (@TangerangNews / TribunBanten)

TANGERANGNEWS.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Provinsi Banten meminta masyarakat yang tinggal di pesisir pantai di daerah itu tetap mewaspadai potensi tsunami.

"Kita potensi tsunami memang ada, tetapi tidak bisa diprediksi kapan tsunami akan terjadi," kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten Nana Suryana di Lebak, Kamis 2 Desember 2021, seperti dilansir dari Antara.

Nana menyebutkan, potensi tsunami terburuk yang diprediksi BMKG akan terjadi di sekitar Cilegon setinggi delapan meter. Potensi serupa juga di pesisir pantai Banten, antara lain kawasan Anyer, Carita, Labuhan, Panimbang, Sumur, Binuangeun, Cihara, Panggarangan, Bayah, dan Sawarna.

BPBD Banten sudah menginformasikan kepada perwakilan masyarakat di masing-masing kecamatan dalam rangka mitigasi bencana terkait dengan kondisi itu. 

Namun demikian, katanya, potensi tsunami itu belum bisa diprediksi kapan waktu dan tanggal terjadinya. "Kita perlu kesiapsiagaan dalam menyikapi potensi bencana tsunami untuk mengurangi risiko kebencanaan, " katanya.

Pihaknya juga meminta warga tidak panik terkait dengan potensi tsunami di pesisir Banten itu. BPBD Banten hingga saat ini terus berkoordinasi dengan BMKG. Beberapa alat deteksi dini (early warning system) milik BMKG ada yang ditempatkan di BPBD Banten.

Anggota DPRD Lebak Musa Weliansyah  mendesak pemerintah pusat segera membangun selter di lokasi rawan tsunami guna mengurangi risiko kebencanaan.

Menurutnya, jika anggaran pembangunan infrastruktur itu dibebankan kepada pemerintah daerah, maka pemda setempat tidak mampu merealisasikannya.

Ia mengatakan pesisir selatan Lebak masuk kategori rawan tsunami sehingga harus terpenuhi sarana dan prasarana penanggulangan bencana agar tidak menimbulkan korban.

"Kami berharap pemerintah pusat dapat membangun gedung selter setinggi empat sampai enam tingkat untuk menampung ribuan warga pesisir selatan dari ancaman tsunami," kata Musa.

NASIONAL
Program Konversi Kompor Listrik Dibatalkan

Program Konversi Kompor Listrik Dibatalkan

Rabu, 28 September 2022 | 08:42

TANGERANGNEWS.com-PT PLN (Persero) membatalkan program pengalihan kompor LPG 3 kg ke kompor listrik demi menjaga kenyamanan masyarakat dalam pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

KAB. TANGERANG
Sambil Merokok, Maling Ini Santai Coba Bobol Motor di Solear Tangerang

Sambil Merokok, Maling Ini Santai Coba Bobol Motor di Solear Tangerang

Selasa, 27 September 2022 | 23:00

TANGERANGNEWS.com-Aksi pelaku pencurian motor di Tangerang seolah tidak kenal takut. Pelaku bahkan melakukan aksinya di pagi hari dengan santai sambil merokok.

KOTA TANGERANG
Penyuluhan Perizinan Digital, DPMPTSP Kota Tangerang Gandeng Akademisi

Penyuluhan Perizinan Digital, DPMPTSP Kota Tangerang Gandeng Akademisi

Rabu, 28 September 2022 | 11:18

TANGERANGNEWS.com-Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang menggandeng akademisi untuk melakukan penyuluhan dan pendampingan kepada masyarakat terkait diterapkannya

BISNIS
Segera Cair! Ini Syarat Penerima BLT Ojol hingga UMKM

Segera Cair! Ini Syarat Penerima BLT Ojol hingga UMKM

Rabu, 28 September 2022 | 13:22

TANGERANGNEWS.com-Bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) turut menyasar ojek, baik kovensional maupun ojek online (ojol), serta UMKM.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill