Connect With Us

Gempa Megathrust Selat Sunda Bermagnitudo 8,7 Jadi Ancaman yang Sesungguhnya

Tim TangerangNews.com | Senin, 17 Januari 2022 | 09:13

Zona Megathrust di pantai barat Sumatera, selatan Jawa, hingga selatan Nusa Tenggara Timur. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan, gempa Banten bermagnitudo 6,6 yang terjadi Jumat 14 Januari 2022 sore, bukan merupakan ancaman sesungguhnya dari segmen megathrust Selat Sunda.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menyebutkan segmen itu mampu memicu gempa dengan magnitudo tertarget mencapai 8,7. “Ini dapat terjadi sewaktu-waktu, inilah ancaman yang sesungguhnya, ada di magnitudo 8,7, tapi entah kapan kami nggak tahu, kapan saja dapat terjadi,” ujar Daryono melalui keterangan tertulis, Sabtu 15 Januari 2022.

Menurut BMKG, potensi magnitudo sebesar itu karena Selat Sunda merupakan wilayah zona seismic gap atau jarang gempa besar selama ratusan tahun. Sebelumnya, gempa besar yang merusak dan memicu tsunami telah terjadi di selatan dan utara segmen itu, yaitu gempa Pangandaran bermagnitudo 7,7 pada 2006 dan gempa Bengkulu bermagnitudo 8,5 pada 2007.

Potensi bencana sangat besar dikuatkan dengan catatan sejarah bahwa beberapa kali terjadi gempa dahsyat dan tsunami di wilayah Selat Sunda sejak ratusan tahun lalu. 

Daryono menerangkan, pada gempa M 6,6 Jumat lalu tidak berpotensi tsunami karena magnitudonya yang masih di bawah ambang batas rata-rata gempa pembangkit tsunami, yakni 7,0. 

Selain itu, kata dia, gempa dari laut, 132 kilometer arah barat daya Pandeglang itu mempunyai kedalaman sumber tergolong dangkal, yaitu 40 kilometer. "Data pemantauan muka laut tidak menunjukkan adanya catatan perubahan muka laut pascagempa," tuturnya.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

SPORT
Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Jumat, 26 April 2024 | 09:21

Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses mencetak sejarah lolos ke semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan, yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat, 26 April 2024, dini hari.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

KOTA TANGERANG
Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Jumat, 26 April 2024 | 14:27

Sebanyak 25 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten, yang berlangsung di Kota Tangerang pada8 Juni 2024 mendatang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill