Connect With Us

100 Taruna Poltekim Kemenkumham Positif Covid-19, Ditempatkan di Tangerang

Tim TangerangNews.com | Kamis, 3 Februari 2022 | 14:03

Ilustrasi sampel darah yang terindikasi positif Covid-19. (@TangerangNews / Shutterstock)

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 100 calon Taruna Politeknik Ilmu Keimigrasian (Poltekim) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukan tes usap atau swab test.

"Berdasarkan hasil swab yang dilakukan tenaga kesehatan dari Sekolah Pendidikan Kepolisian Negara (SPN)," kata Kasubag Humas dan Protokol BPSDM Kemenkumham Sopi Ahyar Ibrahim melalui keterangan tertulis, Rabu 2 Februari 2022, dikutip dari Antara.

Sopi mengatakan, terhadap permasalahan tersebut Kemenkumham telah melakukan langkah-langkah, antara lain seluruh calon Taruna Poltekim yang terkonfirmasi positif ditempatkan di Gedung Asrama Tangerang, Banten, dan yang tidak terkonfirmasi atau sedang proses penyembuhan ditempatkan di Cinere, Depok.

Ia menyebutkan, pada 19 Januari 2022 telah dilaksanakan penerimaan calon taruna dari Sekretariat Jenderal ke BPSDM Hukum dan HAM sebanyak 641 taruna dengan menerapkan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan yang diterapkan, yakni calon taruna wajib membawa surat hasil swab PCR negatif H-2, wajib mengikuti tes swab antigen di BPSDM Hukum dan HAM, memakai masker, menjaga jarak fisik, dan tidak bersentuhan satu sama lain.

Selanjutnya, dilaksanakan pembekalan prabasis bagi seluruh calon taruna di lingkungan BPSDM Kemenkumham sebelum mengikuti pendidikan di Sekolah Pendidikan Kepolisian Negara (SPN) Lido, Bogor, Jawa Barat. "Dalam layanan pembekalan, kami telah melaksanakan pencegahan dan penanganan Covid-19," kata dia.

Langkah tersebut meliputi melakukan disinfektan ke seluruh lingkungan di BPSDM, bekerja sama dengan Puskesmas Cinere dalam layanan kesehatan calon taruna/taruni, dan bekerja sama dengan RS Pengayoman.

Selanjutnya, merekrut tenaga medis dari luar, baik dokter maupun perawat yang telah berpengalaman menangani pasien Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, katanya. ditemukan beberapa taruna yang terpapar Covid-19 berdasarkan hasil swab antigen yang dilaksanakan rutin oleh BPSDM Kemenkumham. 

"Calon taruna yang terkonfirmasi positif telah diisolasi mandiri terpusat di Asrama AL," ujarnya.

Sementara, bagi calon taruna yang tidak terkonfirmasi dilaksanakan karantina terbatas di masing-masing asrama, kata dia.

Kemudian baru pada 2 Februari 2022 Taruna Poltekim dikirim ke SPN Lido guna mengikuti masa basis. Dalam pemeriksaan kesehatan protokol Covid-19 ditemukan 100 taruna terpapar virus yang menyerang saluran pernapasan tersebut.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill