Connect With Us

Jumlah Covid-19 Varian Omicron di Banten Lampaui Kasus Delta

Tim TangerangNews.com | Senin, 7 Februari 2022 | 20:53

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (@TangerangNews / Setkab)

TANGERANGNEWS.com-Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut Banten termasuk provinsi yang memiliki kasus Covid-19 dengan varian Omicron sudah melebihi kasus Covid-19 saat varian Delta menginfeksi pada periode Juni-Agustus 2021. Selain Banten ada dua provinsi lainnya, yaitu DKI Jakarta dan Bali.

"Sekarang sudah ada tiga provinsi yang jumlah kasusnya melebihi jumlah kasus gelombang Delta lalu," kata Budi dalam konferensi pers secara virtual,  Senin 7 Februari 2022.

Budi menyebutkan pertama, yaitu DKI Jakarta jumlah kasusnya sudah 15.800 padahal puncak DKI sebelumnya 14.600. Kedua, Provinsi Banten jumlah kasusnya 14.800, padahal gelombang Delta yang lalu paling tinggi 13.900.  Ketiga, Provinsi Bali jumlah kasusnya sempat menyentuh 2.000, sedangkan tertinggi gelombang Delta saat itu 1.900 kasus.

Menurut Budi, dari kasus harian Covid-19 ketiga provinsi tersebut, pasien yang dirawat di rumah sakit masih 30-50 persen dari total kasus."Jadi yang ingin saya sampaikan, tidak usah usah panik melihat jumlah kasus tinggi karena yang penting sekali publik memahami bahwa jumlah kasus akan naik tinggi,” tuturnya.

Budi mengatakan, di  negara-negara lain jumlah kasusnya bisa 2-3 kali Delta, sehingga yang terpenting masyarakat Indonesia menjalankan terus protokol kesehatan.

Tujuannya, lanjut Budi, agar pasien yang yang masuk ke rumah sakit dan yang wafat dapat dikurangi. "Kemudian yang penting juga provinsi-provinsi yang naik kita perketat protokol kesehatan dan kurangi mobilitas," kata dia.

Selain itu, Budi menyampaikan bahwa pemerintah juga memutuskan untuk menaikkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ke Level 3 untuk kawasan aglomerasi.

"Berdasarkan level asesmen saat ini, kami sampaikan bahwa aglomerasi Jabotabek, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, dan Bandung Raya ke Level 3,” ucap Budi. 

Hal tersebut, sambung Budi, terjadi bukan hanya akibat tingginya kasus tetapi juga karena rendahnya tracing.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

WISATA
Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Jumat, 29 Maret 2024 | 05:32

Memasuki bulan Ramadan banyak kegiatan-kegiatan digelar, salah satunya ialah Unjuk Rasa.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill