Connect With Us

Wagub Banten Bawa Tanah Baduy ke Ritual IKN

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 14 Maret 2022 | 23:20

| Dibaca : 340

Wakil Gubernur Banten Handika Hazrumy membawa air dan tanah asal Baduy dan Keraton Surosowan untuk ikut diserahkan dalam ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Senin 14 Maret 2022. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Wakil Gubernur Banten Handika Hazrumy membawa air dan tanah asal Baduy dan Keraton Surosowan untuk ikut diserahkan dalam ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Senin 14 Maret 2022.

Tanah itu lalu disatukan dengan tanah dan air dari 33 provinsi lainnya di Indonesia sebagai simbol persatuan bangsa.

Andika Hazrumy mengatakan, pengambilan tanah dan air dari kedua tempat itu, berdasarkan kajian yang dilakukan Pemerintah Provinsi Banten bersama para ahli sejarah dan para ahli kebudayaan.

"Ini hasil konsultasi kami di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dengan para ahli kebudayaan dan sejarah sehingga terpilih Baduy dan Keraton Surosowan sebagai tanah dan air yang spesifik sebagai akar kebudayaan dan sejarah masyarakat Banten," katanya seperti dilansir dari Viva.

Dalam ritual tersebut, air dimasukkan ke dalam kendi, kemudian tanah disimpan dalam tembikar. Kedua tempat terbuat dari tanah, kerajinan tangan asli masyarakat Banten. 

Nantinya tanah dan air dari seluruh provinsi di Indonesia, akan digabungkan ke dalam sebuah tempat bernama Kendi Nusantara dalam sebuah ritual budaya.

"Sebelum pelaksanaan ritual budaya Kendi Nusantara, kita mengikuti arahan dari Bapak Presiden," ujar Andika.

Kehadirannya di IKN menurut Andika untuk mewakili Gubernur Banten Wahidin Halim. Namun tidak dijelaskan mengapa WH tidak datang ke pertemuan tersebut.

"Saya mewakili Pak Gubernur akan menghadiri undangan Pak Presiden, yang akan menggelar kegiatan Kendi Nusantara di IKN," katanya.

TOKOH
Sepak Terjang Jawara Wanita dari Tangerang yang Kini Jadi Nama Jalan

Sepak Terjang Jawara Wanita dari Tangerang yang Kini Jadi Nama Jalan

Kamis, 5 Januari 2023 | 13:58

TANGERANGNEWS.com-Warga Tangerang mungkin sudah tidak asing dengan Gedung Nyi Mas Melati maupun Jalan Nyi Mas Melati yang berada di Kelurahan Sukarasa, Kota Tangerang.

PROPERTI
Paramount Land Luncurkan Hunian Mewah Pertamanya di Gading Serpong, Hanya 182 Unit

Paramount Land Luncurkan Hunian Mewah Pertamanya di Gading Serpong, Hanya 182 Unit

Kamis, 15 Desember 2022 | 14:59

TANGERANGNEWS.com-Paramount Land memberikan kejutan dengan menghadirkan hunian luxurious, Matera Residences di Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, jelang penghujung tahun 2022.

TEKNO
Google Pixel 7 Pro Smartphone Kamera Spek Dewa Tandingan Iphone

Google Pixel 7 Pro Smartphone Kamera Spek Dewa Tandingan Iphone

Sabtu, 4 Februari 2023 | 01:00

TANGERANGNEWS.com- Google Pixel 7 Pro merupakan salah satu seri smartphone keluaran terbaru dengan keunggulan utama pada spesifikasi kameranya.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill