Connect With Us

Pengamat Sebut Penjabat Gubernur Harus Paham Banten dari Berbagai Aspek

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 10 Mei 2022 | 19:47

Pengamat politik Subandi Musbah. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Pengamat politik Subandi Musbah menyampaikan, Penjabat (Pj) Gubernur Banten yang akan menggantikan Wahidin Halim-Andika Hazrumy saat masa jabatannya habis pada bulan ini, harus memahami Banten dari berbagai aspek.

"Pj Gubernur setidaknya harus sudah memahami Banten dari berbagai aspek," ujarnya, saat dihubungi TangerangNews, Selasa 10 Mei 2022.

Direktur Visi Nusantara ini meminta seluruh kalangan untuk tidak ikut serta menyebarkan hoaks terkait Pj Gubernur Banten.

Pasalnya, dua hari terakhir beredar sejumlah nama yang seolah sudah pasti menduduki jabatan Pj Gubernur Banten.

Subandi mengatakan, pengangkatan Pj Gubernur merupakan kewenangan Presiden. Siapa pun yang ditunjuk tentu sudah layak menduduki posisi strategis di Banten.

"Namun demikian, publik tidak dilarang untuk berharap. Karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Meski ini hak Presiden, suara publik baiknya dijadikan pertimbangan," kata Alumni Sekolah Demokrasi ini.

Subandi berharap Pj Gubernur nanti adalah orang yang sudah memahami situasi Banten, baik birokrat maupun rakyatnya. Dua tahun ini korupsi di Banten semakin terlihat.

Beberapa pejabat sudah ditetapkan sebagai tersangka, sehingga perlu pembenahan. Pemimpin Banten harus mengetahui duduk persoalnnya serta berani tegas.

"Saya kira Al Muktabar layak jadi Penjabat Gubernur Banten. Agar harapan bersih-bersih Banten bisa terealisasi. Juga konsolidasi internal ASN. Bisa cepat dilakukan," jelasnya.

Kepada penjabat terpilih, Subandi meminta untuk sesegara mungkin melakukan konsolidasi internal, agar kerja-kerja pemerintahan lebih optimal.

Selain itu, Subandi berharap Pj Gubernur untuk tidak berpikir bahwa Banten itu hanya Serang. Sebab, ada Tangerang Raya yang juga masuk Provinsi Banten.

"Banten butuh pemimpin yang berani. Agar banyak persoalan bisa terurai. Barangkali dengan mengangkat Al Muktabar sebagai penjabat, harapan di atas bisa terealisasi," tutup pria yang saat ini sedang mengikuti Learning Forum Tangerang Gemilang, sebuah program inisiasi USAID dan Perekat Demokrasi.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

WISATA
 Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Sabtu, 16 Maret 2024 | 12:33

Ada yang unik pada menu buka puasa bersama (bukber) Ramadan, di Hotel Sahid Serpong. Sekitar 40 varian makanan bertema "Kampung Cilenggang" tersedia di sini.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill