Connect With Us

Selesai Dibangun Kemen PUPR, Rusun Mahasiswa di Serang Banten Sudah Bisa Ditempati

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 18 Mei 2022 | 15:31

Rusun Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin (SMH) di Kota Serang, Banten. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Rumah susun (Rusun) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin (SMH) di Kota Serang, Banten, yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kini telah bisa ditempati.

Adapun spesifikasi detail pada bangunan Rusun UIN SMH Banten memiliki 1 Tower, 43 Unit, Tipe 24 dan 3 Lantai.

Rusun tersebut telah dilengkapi dengan mebel berupa tempat tidur, lemari, dan meja belajar, sehingga dapat menjadi tempat tinggal, serta mendorong semangat para santri untuk belajar dengan baik.

Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa 1 Firsta Ismet menjelaskan, nantinya rusun ini akan diperuntukkan bagi mahasiswa/mahasiswi UIN SMH Banten.

Pembangunan hunian vertikal yang menjadi program prioritas nasional ini, diharapkan dapat membuat mahasiswa merasa aman dan nyaman saat beristirahat, meningkatkan produktivitas serta menjaga tali silaturahmi sesama penghuni.

"Agenda prioritas pembangunan nasional yang terkait dengan penyediaan perumahan yaitu meningkatnya penyediaan akses perumahan dan infrastruktur permukiman yang layak, aman, dan terjangkau” ujarnya seperti dilansir dari Liputan6, Rabu 18 Mei 2022.

Selanjutnya, Kementerian PUPR juga telah melengkapi bangunan rusun dengan berbagai fasilitas, seperti air bersih, instalasi listrik, dan sarana prasarana sanitasi. "Hal itu untuk menambah kenyamanan mahasiswa yang menempati dan menggunakan rusun," tambah Frista. 

Kementerian PUPR diberikan tugas oleh Presiden Joko Widodo untuk memperhatikan infrastruktur pendukung pendidikan seperti hunian santri dan mahasiswa, agar mereka bisa lebih fokus belajar untuk prestasi.

Pembangunan rusun akan membantu pelajar baik mahasiswa maupun santri mendapatkan hunian yang layak selama proses belajar mengajar.

Dengan fasilitas tersebut, diharapkan akan mencetak SDM yang unggul dan berakhlak mulia. Pasalnya, rusun yang dibangun pemerintah saat ini memiliki kualitas yang sangat memadai. Selain konstruksi bangunan vertikal yang baik, fasilitas di dalam unit rusun tersebut juga sangat layak.

Pembangunan rusun juga menjadi salah satu Program Strategis Nasional yakni Program Sejuta Rumah. Inovasi pembangunan hunian vertikal atau rusun menjadi solusi bagi kampus yang memiliki keterbatasan lahan.

Pembangunan rusun ini sekaligus menjadi sarana pemberdayaan masyarakat, karena melibatkan masyarakat sekitar untuk membantu membangun rusun.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill