Connect With Us

Bea Cukai Merak Lepas Ekspor Perdana 55 Ribu Ton Gula Kristal Rafinasi ke Vietnam

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 21 Juni 2022 | 11:03

Pelepasan ekspor perdana gula kristal rafinasi ke luar negeri, Senin 20 Juni 2022. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 55 ribu ton gula kristal rafinasi yang diproduksi PT Berkah Manis Makmur (BMM) yang berada di wilayah Kabupaten Serang, Banten, diekspor perdana ke luar negeri, Senin 20 Juni 2022.

Kepala Kantor Bea Cukai Merak Beni Novri mengatakan, sebagai dukungan terhadap kegiatan ekspor, pihaknya memberikan fasilitas KITE.

"Namun tentunya dengan persyaratan yang cukup ketat," katanya.

Direktur Operasional PT BMM Herman Manua menjelaskan, ekspor perdana sebanyak 55 ribu ton gula kristal rafinasi tujuan Vietnam itu, merupakan realisasi tahap awal dari komitmen 100 ribu ton ekspor gula yang disetujui Vietnam selaku pembeli.

Kegiatan ekspor ini merupakan peluang besar untuk perusahaannya agar dikenal luas oleh negara-negara tetangga. PT BMM sendiri akan memanfaatkan peluang tersebut dengan menunjukan kualitas ekspor.

"Untuk hari ini saja kita ada 1.000 ton gula kristal rafinasi yang sudah terjadwal muat, dalam satu bulan ini kita canangkan 55 ribu ton selesai," jelasnya.

Herman menyebut, gula kristal rafinasi yang diekspor ke negara tujuan Vietnam merupakan perdana dilakukan oleh perusahaannya.

"Total kuota izin ekspor yang didapat 100.000 ton, Nilai ekspornya 650 dolar per ton," ungkapnya.

Permintaan untuk ekspor datang dari sejumlah negara, tetapi saat ini dari sisi harga, Vietnam menjadi negara yang memiliki nilai pembelian baik.

"Yang minta (ekspor) banyak, cuma harga masih bervariasi, tentunya kita pilih yang terbaik, dan sekarang ini Vietnam yang terbaik," tuturnya.

Namun demikian, ke depan pihaknya  menargetkan akan berupaya mengeskpor ke negara tetangga lainnya seperti Jepang.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

WISATA
Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Jumat, 29 Maret 2024 | 05:32

Memasuki bulan Ramadan banyak kegiatan-kegiatan digelar, salah satunya ialah Unjuk Rasa.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill