Connect With Us

Dorong UMKM Naik Kelas ke Pasar Global, Bea Cukai Tangerang Ajari Soal Serba-serbi Ekspor

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 29 Juni 2022 | 13:27

Kantor Pelayanan Bea Cukai Tangerang ajari UMKM soal cara ekspor produk. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Sebagai wujud implementasi dalam memfasilitasi pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Kantor Pelayanan Bea Cukai Tangerang memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait serba-serbi ekspor. 

Upaya tersebut wujudkan dalam dalam rangkaian UMKM Week yang digelar beberapa waktu lalu. Dengan mengusung tema “UMKM Naik Kelas, Ekonomi Tancap Gas”, Kantor Pelayanan Bea Cukai Tangerang mendorong meningkatnya kualitas UMKM ke skala dunia melalui ekspor, sehingga dapat turut berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional. 

Adapun rangkaian kegiatan dalam UMKM Week, meliputi sosialisasi nasional mengenai pengelolaan keuangan bagi UMKM dan UMKM bisa ekspor yang digelar Bea Cukai Tangerang bersama Kantor Wilayah Bea Cukai Banten.

"Agenda UMKM Week ini menjadi salah satu kesempatan untuk meneruskan semangat program pemberdayaan UMKM agar naik kelas," kata Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Banten Rahmat Subagio, Rabu 29 Juni 2022. 

Rangkaian kegiatan UMKM Week telah digelar pada tanggal 20- 24 Juni 2022 lalu. Sosialisasi mengenai serba-serbi UMKM itu secara hybrid digelar di Ruang Aula Kantor Wilayah Bea Cukai Banten yang juga ditayangkan secara langsung di Youtube, pada 21 Juni 2022.

Hadir dalam acara itu narasumber berkompeten di bidang rantai logistik internasional FedEx Express Indonesia (FedEx),L embaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), yakni lembaga negara yang menangani serta mendorong ekspor nasional melalui layanan finansialnya.

Rahmat mengatakan melalui kegiatan UMKM Week, ke depan Bea Cukai diharapkan membuka jalan untuk UMKM agar dapat menjajaki pasar global melalui ekspor. 

Adapun peserta sosialisasi yang hadi, di antaranya UMKM binaan Bea Cukai Tangerang dan Kantor Wilayah Bea Cukai Banten. Terdiri dari UMKM di bidang industri olahan makanan, produk kerajinan tangan, produk tekstil, serta koperasi. 

Materi yang disampaikan mengenai serba-serbi UMKM, pengenalan Bea Cukai serta relasi Program Pemberdayaan UMKM terhadap pemulihan ekonomi nasional oleh Kepala Seksi Bantuan Hukum Arif Yanto. 

Dilanjutkan pemaparan Kepala Divisi Program Investasi Pemerintah LPEI, Kamarruzaman terkait program dukungannya berupa layanan finansial, non finansial dan jasa konsultasi kepada UMKM berorientasi ekspor, penugasan umum (komersial) bagi pelaku ekspor.

Selain itu juga soal penugasan khusus ekspor bagi pelaku UMKM, program rumah ekspor, serta desa devisa sebagai pemberdayaan komunitas petani atau pengrajin.

Terakhir, Senior Operation Manager FedEx, Betty Kumala dan Customer Experience Manager FedEx Shanty Dwi Cahyani menyampaikan materi mengenai regulasi dan proses ekspor melalui FedEx, incoterms yang berlaku, ketentuan pengiriman ke berbagai negara, serta layanan khusus yang dapat membantu UMKM untuk menembus pasar global.

"Peserta sosialisasi mengikuti kegiatan dengan penuh antusias. Diskusi dan sesi tanya jawab berlangsung meriah dan berjalan dua arah," kata Rahmat.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

NASIONAL
Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:34

DPR RI resmi mengesahkan revisi UU Desa dalam rapat paripurna di gedung Nusantara II kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill