Connect With Us

Ini Gunung yang Masih Aktif di Banten

Fahrul Dwi Putra | Senin, 5 Desember 2022 | 14:46

| Dibaca : 470

Gunung Karang di Kabupaten Pandeglang, Banten. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Gunung Semeru di Jawa Timur kembali mengalami erupsi yang disertai Awan Panas Guguran (APG) mencapai 1.500 meter di atas puncak.

Erupsi tersebut menyebabkan sejumlah gempa letusan selama periode 02.46 - 06.00 WIB, Minggu 4 Desember 2022. Semeru sebagai gunung aktif memang terkenal kerap menunjukkan tanda-tanda erupsi.

Selain gunung Semeru di Jawa Timur, beberapa wilayah lain di Indonesia pun memiliki gunung yang masih aktif, tak terkecuali Provinsi Banten, seperti dilansir dari infoterkini24.com, Senin 5 Desember 2022:

 

1. Gunung Karang

Gunung ini berada di Kabupaten Pandeglang, Banten. Merupakan gunung berapi stratovolcano yang juga disebut-sebut memiliki cerita mistis dan angker, karena terdapat makam sesepuh kerajaan Banten di atas gunung ini.

Selain itu, gunung karang memiliki ketinggian mencapai 1.768 MDPL dan pesona pemandangan puncaknya yang menarik wisatawan juga pendaki, puncaknya bernama Sumur Tujuh.

Untuk mencapai puncak, Gunung Karang memiliki tiga jalur pendakian yaitu: 

-Jalur barat, melalui Desa Kaduengang, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang, Banten. Jalur ini treknya lebih pendek namun memiliki trek yang menantang dan menempuh waktu 4-6 jam saja. 

-Jalur pendakian gunung Karang kedua, melalui Desa Pagerbatu/Jalan Ciekek, Kelurahan Cilaja, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang. Jalur ini treknya cukup landai dan menempuh waktu 7-8 jam, sehingga kurang di gemari pendaki.

-Terakhir jalur peziarah. Untuk menuju puncak gunungnya melalui Curug Nangka/Ciomas, sekitar 20 jam untuk tiba di puncak, karena jalur ini yang terjauh. 

Dilansir dari bingar.id, letusan Gunung Karang yang terjadi 1600 tahun lalu sangat dahsyat, sehingga menjadi pemicu letusan Gunung Krakatau. Ketika itu namanya Gunung Watuwara dan di daerah gunung ini juga terdapat beberapa tempat pemandian air panas.

 

2. Gunung Pulosari

Gunung ini terletak di Kecamatan Cipeucang, Kabupaten Pandeglang, Banten, yang juga dianggap keramat oleh warga sekitar. Memiliki ketinggian mencapai 1.346 Mdpl. 

Meski belum pernah meletus, Gunung Pulosari ini termasuk gunung berapi karena terdapat kawah di dalamnya yang masih menunjukkan aktivitasnya.

Untuk mencapai puncak Gunung Pulosari melalui jalur Desa Cilentung, atau jalur Desa Citunggul, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang.

Demikian beberapa gunung yang masih aktif di Banten, harap untuk berhati-hati terutama bagi yang tinggal di sekitar kaki gunung. Sebab, masih ada kemungkinan gunung untuk meletus dikemudian hari.

MANCANEGARA
Mengerikan, Mobil Ini Dikemudikan Sopir Tanpa Kepala

Mengerikan, Mobil Ini Dikemudikan Sopir Tanpa Kepala

Kamis, 8 Desember 2022 | 15:02

TANGERANGNEWS.com-Beredar video yang viral di media sosial twitter memperlihatkan sebuah mobil masih melaju secara perlahan, meski dikendarai oleh sopir tanpa kepala.

BANTEN
Prakiraan Cuaca BMKG, Waspada Potensi Hujan Senin Besok di Wilayah Banten

Prakiraan Cuaca BMKG, Waspada Potensi Hujan Senin Besok di Wilayah Banten

Minggu, 5 Februari 2023 | 21:02

TANGERANGNEWS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika telah merilis prakiraan cuaca untuk, Senin 6 Februari 2023.

SPORT
Laga Persita vs Persija Jakarta Disebut Bakal Ngungsi ke Pakansari Bogor Imbas Insiden Pelemparan Bus

Laga Persita vs Persija Jakarta Disebut Bakal Ngungsi ke Pakansari Bogor Imbas Insiden Pelemparan Bus

Senin, 6 Februari 2023 | 09:44

TANGERANGNEWS.com- Pertandingan pekan ke-23 Liga 1 BRI 2022-2023 akan mempertemukan skuad Persita Tangerang melawan Persija Jakarta, Selasa 7 Februari 2023, pukul 15.00 WIB.

KOTA TANGERANG
 Wali Kota Tangerang Usulkan Anggaran BTT Bisa Buat Tangani Kemiskinan Ekstrem

Wali Kota Tangerang Usulkan Anggaran BTT Bisa Buat Tangani Kemiskinan Ekstrem

Jumat, 3 Februari 2023 | 18:54

TANGERANGNEWS.com-Wali Kota Tangerang H Arief R Wismansyah memaparkan program-program Pemkot Tangerang, dalam penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem, di hadapan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill