Connect With Us

Ini Gunung yang Masih Aktif di Banten

Fahrul Dwi Putra | Senin, 5 Desember 2022 | 14:46

Gunung Karang di Kabupaten Pandeglang, Banten. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Gunung Semeru di Jawa Timur kembali mengalami erupsi yang disertai Awan Panas Guguran (APG) mencapai 1.500 meter di atas puncak.

Erupsi tersebut menyebabkan sejumlah gempa letusan selama periode 02.46 - 06.00 WIB, Minggu 4 Desember 2022. Semeru sebagai gunung aktif memang terkenal kerap menunjukkan tanda-tanda erupsi.

Selain gunung Semeru di Jawa Timur, beberapa wilayah lain di Indonesia pun memiliki gunung yang masih aktif, tak terkecuali Provinsi Banten, seperti dilansir dari infoterkini24.com, Senin 5 Desember 2022:

 

1. Gunung Karang

Gunung ini berada di Kabupaten Pandeglang, Banten. Merupakan gunung berapi stratovolcano yang juga disebut-sebut memiliki cerita mistis dan angker, karena terdapat makam sesepuh kerajaan Banten di atas gunung ini.

Selain itu, gunung karang memiliki ketinggian mencapai 1.768 MDPL dan pesona pemandangan puncaknya yang menarik wisatawan juga pendaki, puncaknya bernama Sumur Tujuh.

Untuk mencapai puncak, Gunung Karang memiliki tiga jalur pendakian yaitu: 

-Jalur barat, melalui Desa Kaduengang, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang, Banten. Jalur ini treknya lebih pendek namun memiliki trek yang menantang dan menempuh waktu 4-6 jam saja. 

-Jalur pendakian gunung Karang kedua, melalui Desa Pagerbatu/Jalan Ciekek, Kelurahan Cilaja, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang. Jalur ini treknya cukup landai dan menempuh waktu 7-8 jam, sehingga kurang di gemari pendaki.

-Terakhir jalur peziarah. Untuk menuju puncak gunungnya melalui Curug Nangka/Ciomas, sekitar 20 jam untuk tiba di puncak, karena jalur ini yang terjauh. 

Dilansir dari bingar.id, letusan Gunung Karang yang terjadi 1600 tahun lalu sangat dahsyat, sehingga menjadi pemicu letusan Gunung Krakatau. Ketika itu namanya Gunung Watuwara dan di daerah gunung ini juga terdapat beberapa tempat pemandian air panas.

 

2. Gunung Pulosari

Gunung ini terletak di Kecamatan Cipeucang, Kabupaten Pandeglang, Banten, yang juga dianggap keramat oleh warga sekitar. Memiliki ketinggian mencapai 1.346 Mdpl. 

Meski belum pernah meletus, Gunung Pulosari ini termasuk gunung berapi karena terdapat kawah di dalamnya yang masih menunjukkan aktivitasnya.

Untuk mencapai puncak Gunung Pulosari melalui jalur Desa Cilentung, atau jalur Desa Citunggul, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang.

Demikian beberapa gunung yang masih aktif di Banten, harap untuk berhati-hati terutama bagi yang tinggal di sekitar kaki gunung. Sebab, masih ada kemungkinan gunung untuk meletus dikemudian hari.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill