Connect With Us

Golok Banten Diusulkan Jadi Warisan Budaya Dunia

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 20 Desember 2022 | 09:41

Ilustrasi Golok Banten (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Golok Banten diusulkan sebagai warisan budaya dunia ke Unesco. Untuk merealisasikan hal itu, Tim Golok Polda Banten mengunjungi langsung National Maritime Museum in Amsterdam di Belanda.

Salah satu Anggota Tim Golok Banten Kombes Pol Shinto Silitonga mengatakan, dalam kunjungan tersebut pihaknya berdiskusi dengan Direktur Museum Nasional Maritim Michael Huijser.

Ia menyampaikan tujuan Tim Golok Polda Banten, untuk melihat koleksi dan histori benda berupa golok juga bendera bergambar golok silang yang ada di museum tersebut.

"Tim juga bertemu dengan Jeroen van der Vilet, Kepala Koleksi pada museum," kata Kabag Humas Polda Banten ini, seperti dilansir dari tempo.co, Senin 19 Desember  2022.

Dalam diskusi itu, agenda awalnya yaitu pemberian Buku The Golok Kapolda Banten Irjen Polisi Rudy Heriyanto kepada direktur museum, untuk menjadi tambahan koleksi di museum tersebut.

Menurut Shinti, terdapat sebuah gambar bendera berbentuk golok saling silang yang dikenal sebagai Bendera Maritim Kesultanan Banten.

Hal itu pun mencuri perhatian Tim Golok dan sesuai dengan data koleksi digital, benar bahwa ada peta bergambar bendera tersebut yang merupakan koleksi dari museum. 

“Benar ada koleksi peta yang dibuat oleh perusahaan lama gabungan dari beragam bendera yang kapalnya berlayar di perairan Belanda, salah satunya adalah gambar bendera yang disebut berasal dari Bantam,” katanya.

Shinto melanjutkan, hal ini menjadi fakta bahwa ketika Zaman VOC abad ke-16 lalu, Kesultanan Banten sudah dikenal di perairan Belanda. 

"Selain itu Golok Banten telah menjadi identitas di bendera kapal-kapal yang digunakan Kesultanan Banten dalam membangun hubungan dagang dengan Belanda ketika itu,” tutupnya.

BANTEN
3,5 Juta Kendaraan Diprediksi Lewati Tol Tangerang Merak saat Mudik Lebaran 2024

3,5 Juta Kendaraan Diprediksi Lewati Tol Tangerang Merak saat Mudik Lebaran 2024

Kamis, 28 Maret 2024 | 17:11

Sebanyak 3,5 juta kendaraan diprediksi melewati Tol Tangerang Merak saat mudik Lebaran 2024.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill