Connect With Us

Ribuan Rumah di Pandeglang Terendam Banjir

| Senin, 28 Maret 2011 | 18:14

Warga menonton banjir di Ciledug (tangerangnews / dira)



PANDEGLANG
-Banjir kembali menerjang sebanyak 6.762 rumah di lima kecamatan di Kabupaten Pandeglang, yakni Kecamatan Picung, Munjul, Patia, Suka Resmi dan Sindang Resmi, hari ini. Selain merendam ribuan rumah, banjir juga merendam 2.680 hektar sawah, fasilitas umum, serta jalan penghubung antar desa dan antar kecamatan. 

Beradasarkan data yang dihimpun, rumah yang terkena banjir di Kecamatan Picung telah merendam sebanyak 1.104 unit rumah dan 175 hektar sawah, di Kecamatan Munjul merendam sebanyak 1.435 rumah dan 815 hektar sawah dan untuk di Kecamatan Patia merendam 1.332 rumah dan 404 hektare.
Sementara itu, untuk di Kecamatan Sukaresmi banjir telah merendam sebanyak 2.282 rumah dan 960 hektar sawah dan di Kecamatan Sindangresmi banjir telah merendam 608 rumah dan 326 hektare sawah.
Banjir yang disebabkan meluapnya Sungai Cilemer dan Sungai Ciliman akibat hujan deras yang terjadi sejak Minggu (27/3) lalu ini, merendam rumah-rumah warga dengan ketinggian 30 centimeter hingga 1,5 meter.    
Tidak hanya itu, arus transportasi di lima kecamatan itu menjadi lumpuh, warga yang beraktivitas hanya mengandalkan perahu sebagai alat transportasi pengganti.
 
Untuk menggunakan jasa perahu ini, warga harus mengeluarkan biaya sebesar Rp10 - Rp20 ribu. Sedangkan untuk mengangkut sepeda motor dikenakan biaya tambahan sebesar Rp15 ribu.
Ujang, 25, warga Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang menyatakan, warga di Kecamatan Patia sudah terbiasa rumahnya terendam banjir. Sehingga, banyak korban banjir yang tetap bertahan dirumahnya masing –masing. 
 
“Dimusim hujan tahun 2011 ini, banjir sudah tiga kali menerjang rumah kami,” ujar Ujang, kemarin.
Namun Ujang berharap, pemerintah Kabupaten Pandeglang dan Provinsi Banten segera mengatasi banjir yang kerap terjadi saat musim hujan datang. “Kalau hujan besar air dan laut pasang, pasti banjir terjadi,” kata Ujang.
Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten Suyadi Wiraatmaja menyatakan, dirinya sudah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Pandeglang untuk penanganan korban banjir tersebut dalam bentuk pemberian bantuan kebutuhan pokok dan mendirikan dua unit dapur umum di Kecamatan Patia dan Sukaresmi. “Bantuan sudah mulai dikirimkan kepada warga korban banjir,” kata Suyadi.(TMC)
OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

KOTA TANGERANG
Masih di Kampung Halaman, Sejumlah ASN Pemkot Tangerang WFH Pasca Libur Lebaran

Masih di Kampung Halaman, Sejumlah ASN Pemkot Tangerang WFH Pasca Libur Lebaran

Selasa, 16 April 2024 | 20:23

Pasca libur lebaran 2024, aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Tangerang kembali bekerja, Selasa 16 April 2024.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill