Connect With Us

Atut Ajak Masyarakat Tingkatkan Kualitas Kehidupan Keluarga

| Rabu, 20 Juli 2011 | 06:49

Atut melepas balon saat peringatan Harganas. ( / )

SERANG - Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, bersama-sama BKKBN dan TP-PKK, mengajak semua lapisan masyarakat untuk meningkatkan kualitas kehidupan keluarga, yang merupakan sendi dasar kehidupan bermasyarakat.

“Untuk mewujudkan kualitas kehidupan keluarga kita, ibu Gubernur mengajak masyarakat agar mengikuti program Keluarga Berencana, yaitu program keluarga kecil bahagia, sejahtera dan berkualitas,” katanya pada acara peringatan Hari Keluarga ke XVIII Tingkat Provinsi Banten Tahun 2011 di Alun-alun Barat Kota Serang, Selasa (19/7/2011).

Dijelaskan Atut, pasangan usia subur di Banten yang mengikuti program KB sejak 2008 sekitar 257.279 keluarga. Tahun 2009 meningkat mencapai angka 311.103 keluarga atau pasangan usia subur (PUS).

Tak hanya itu, lanjut Atut, pada tahun 2010 jumlah keluarga peserta KB mencapai 374.262 keluarga, meningkat dibandingkan tahun 2009 yang hanya 311.103 keluarga. Peningkatan jumlah kepesertaan program KB tersebut diharapkan mampu menekan laju pertumbuhan penduduk di Banten yang mencapai 2,78 persen pada tahun 2010.

“Laju pertumbuhan penduduk di Banten paling banyak di wilayah perkotaan terutama di Tangerang karena berbatasan dengan DKI Jakarta. Laju pertumbuhan penduduk itu bukan karena angka kelahiran tetapi warga pendatang baru dari luar daerah,” kata Atut.

Menurut Atut, jumlah penduduk Banten yang saat ini berdasarkan data Badan Pusat Statistik mencapai 10,6 juta, kemungkinan terus meningkat karena faktor urbanisasi atau pendatang baru seiring dengan pertumbuhan pembangunan ekonomi atau tumbuhnya industri di Banten. Sehingga kondisi tersebut mendorong terhadap tingkat angka pengangguran di Banten yang terus bertambah.

“Kalau kita mengambil istilah peribahasa ada gula ada semut. Banten banyak didatangi warga dari provinsi lain karena memiliki daya tarik seperti tumbuhnya kawasan industri,” kata Atut.

Oleh sebab itu, kata dia, keberhasilan program KB di Banten diharapkan bisa menekan laju pertumbuhan penduduk (LPP) yang lebih banyak didorong karena faktor penduduk pendatang baru tersebut. Keberhasilan program KB yang dilaksanakan di Banten tidak terlepas dari peran semua pihak yang bekerja sama dengan BKKBN diantaranya unsur TNI melalui program KB Kesehatan terpadu.

“Keberhasilan ini juga berkat para kader posyandu di Banten yang berjumlah sekitar 68 ribu dengan 13 ribu posyandu serta keluarga yang ingin meningkatkan kualitas hidup keluarganya dengan mengikuti program KB,” jelasnya.

Hal Senada diutarakan Ketua Tim Penggerak PKK (TP- PKK) Provinsi Banten Dedeh Masduki. Menurutnya, peringatan hari keluarga bertujuan untuk meningkatkan komitmen pemerintah, legislatif dan yudikatif seluruh tingkatan guna mendukung pelaksanaan pembangunan, khususnya pembangunan di bidang kependudukan dan KB dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia, sejahtera dan berkualitas.

Dedeh menambahkan, kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Keluarga XVIII Tahun 2011 di Provinsi Banten antara lain Sosialisasi kegiatan hari keluarga, Road Show semarak KB-PKK, mengikuti pameran dan gelanggang dagang tingkat nasional dan pameran produk UPPKS tingkat provinsi.

Hadir pada acara tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Walikota Serang Tb Haerul Jaman, Walikota Tangerang Selatan Airin Rahmi Diany, Perwakilan BKKBN Pusat dan para kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten. (FUA)

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

TANGSEL
Gelar Musrenbang, Pemkot Tangsel Bahas Program Pembangunan hingga 2045

Gelar Musrenbang, Pemkot Tangsel Bahas Program Pembangunan hingga 2045

Kamis, 25 April 2024 | 19:26

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) untuk tahun 2025-2045.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persis Solo vs Persita, Laga Hidup Mati Pendekar Cisadane

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persis Solo vs Persita, Laga Hidup Mati Pendekar Cisadane

Kamis, 25 April 2024 | 13:38

Pekan ke-33 lanjutan BRI Liga 1 musim 2023/2024, Persis Solo akan menjamu Persita Tangerang di Stadion Mahana, Solo pada Jumat, 26 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill