Connect With Us

Tarif Angkutan Penyeberangan Merak - Bakauheni Disesuaikan

| Rabu, 4 April 2012 | 19:25

| Dibaca : 765

CILEGON-PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry akan melakukan penyesuaian tarif angkutan untuk golongan 5 - 9 di Penyeberangan Pelabuhan Merak - Pelabuhan Bakauheni. Rencana kenaikan tarif ini dipicu karena adanya kenaikan harga suku cadang kapal ro-ro dan peningkatan gaji karyawan (anak buah kapal).
 
Ketua Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai dan Penyeberangan (Gapasdap) Merak Togar Napitupulu mengatakan, untuk besaran angka kenaikan tarif belum diketahui besaranya. Namun, untuk kepastian kenaikan tinggal menunggu pengesahan dari Menteri Hukum dan Ham. “Kalau dasar hukumnya sudah ada, namun nilai penyesuaian tarifnya belum diketahui berapa, karena itu wewenang Gapasdap pusat,” ujar Togar di Merak, Rabu (4/4).
 
Menurut Togar, kenaikan tarif itu memang dimungkinkan secara aturan. Sebab, pemerintah selalu melakukan evaluasi taris setiap enam bulan sekali terhadap tarif penyeberangan. “Kami juga tidak mau mendahului pemerintah memberikan keterangan. Jadi apakah 5-9 golongan kendaraan itu tarifnya akan naik atau tidak, akan kami beritahu setelah ada kepastian dari pusat,” terangnya.
 
Togar juga mengatakan, untuk golongan 9 adalah golongan kendaraan baru. Karena golongan kendaraan 9 itu yang memiliki panjang lebih dari 16 meter. “Untuk penghitungan kenaikan tarifnya berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 58 Tahun. 2003 tentang Mekanisme Penetapan dan Formulasi. Perhitungan Tarif Angkutan Penyeberangan,” ungkapnya.
 
Sementara itu, Kepala PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak La Mane belum bisa memastikan kapan dan berapa persentase kenaikan tarif kapal roll on - roll ofF (roro) tersebut. “Belum ada petunjuk dari kantor pusat (ASDP Indonesia Ferry Pusat) dan Direktorat Perhubungan Laut pada Kementerian Perhubungan,” ujar La Mane.
 
Diketahui bahwa Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai dan Penyeberangan (Gapasdap) meminta Kenaikkan tarif penyebrangan 30% dengan alasan ukuran truk yang menyeberang juga semakin besar sehingga menyita ruang di kapal.
 
Kenaikan adanya kenaikan ini menyusul kenaikan kebutuhan pokok pelayaran seperti harga suku cadang kapal ro-ro mencapai 27 persen, tunjangan gaji anak buah kapal (ABK) sebesar 25,63 %, biaya perbaikan naik 25,53 % dan biaya penunjang lain naik 58,75%.(DRA)

BANTEN
Libatkan PNS di Pilkada Banten, Tim Saber Tangkap 2 Pelaku Pembagi Mie Instan

Libatkan PNS di Pilkada Banten, Tim Saber Tangkap 2 Pelaku Pembagi Mie Instan

Kamis, 23 Februari 2017 | 00:00

TANGERANGNews.com-Tim Saber Politik Uang Bawaslu Banten menangkap dua pelaku pembagi mie instan berstiker cagub-cawagub Banten Wahidin Halim – Andika Hazrumy. Kedua diketahui, bernama Rizal dan Dayat. Pelaku ditangkap di tempat berbeda, yakni di Bogor,

SPORT
Lebih Baik Olahraga di Pagi Hari Atau Sore?

Lebih Baik Olahraga di Pagi Hari Atau Sore?

Kamis, 12 Januari 2017 | 10:04

Sebenarnya, lebih efektif mana melakukan olahraga pagi atau olahraga sore?

TEKNO
Tren Chatbot, BBM Siap Luncurkan Tahun Ini

Tren Chatbot, BBM Siap Luncurkan Tahun Ini

Kamis, 12 Januari 2017 | 11:00

Ia percaya bahwa bot akan mendorong kemajuan besar di dunia teknologi pada tahun ini. Kondisi ini juga didukung oleh keberadaan aplikasi olah pesan yang membuat orang menghabiskan sebagian besar waktunya di ponsel mereka.

AYO! TANGERANG CERDAS
Sinarmas World Academy Rayakan Imlek dan Festival Kebudayaan Tiongkok

Sinarmas World Academy Rayakan Imlek dan Festival Kebudayaan Tiongkok

Rabu, 15 Februari 2017 | 09:00

TANGERANGNews.com-Siswa-siswi Sinarmas World Academy (SWA) mulai dari jenjang TK sampai SMA memeriahkan perayaan Imlek di sekolah pada hari Sabtu 11 Februari 2017 dengan menunjukkan kebolehan mereka di dalam penampilan gabungan akan gerak tari dan lagu.

"KEBAHAGIAAN TIDAK BERASAL DARI MEMILIKI, MENGUASAI, ATAU BAHKAN MENINGGALKAN HARTA BENDA, KARNA IA BERASAL DARI MANFAAT HARTA BENDA KITA BAGI SESAMA MANUSIA "

#Unstoppable