Connect With Us

120 Imigran Diamankan Perairan Selat Sunda

| Senin, 9 April 2012 | 19:20

SERANG-Direktorat Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Banten kembali mengamankan 120 imigran gelap asal afganistan yang terdampar di Perairan Panaitan, Kabupaten Pandeglang, Minggu (8/4). Para imigran ini diamankan, setelah kapal yang ditumpanginya mengalami kebocoran di sekitar Pulau Panaitan.
 
Dari informasi yang dihimpun, para imigran yang awalnya menggunakan kapal kayu ini akan bertolak menuju Pulau Krismas Australia. Namun dalam perjalananya, kapal pengangut imigran ini mengalami kebocoran dan karam.
 
Saat para imigran terapung-apung di tengah laut, kapal tangker milik Singapura yang telah melakukan perjalanan dari Australia (Kapal MT Hermia) menyelamatkanya. Polisi yang mendapatkan informasi itu, langsung melakukan pencariaan dan menemukan para imigran diatas Kapal MT Hermia di sekitar Pulau Panaitan.
 
Direktur Kriminal Umum Polda Banten Kombes Pol Nasri mengatakan, para imigran ini langsung diamankan dan dibawa ke Pelabuan Indah Kiat, Kota Cilegon. Dari perjalanan di Pulau Panitan, para imigran asal Afganistan ini baru tiba di dermaga Pelabuhan Indah Kiat Merak, sekitar pukul 11.00 WIB. “Pengangkutan imigran ini dikawal Kapal Pelatuk 019 milik Mabes Pol Airut,” katanya, Senin (9/4).
 
Direktur Polair Polda Banten AKBP Budi Hermawan mengatakan, selain mengamankan para imigran, polisi juga mengamankan 4 orang anak buah kapal (ABK) asal Indonesia, yang diduga terlibat dalam proses perjalanan imigran gelap tersebut. “Empat ABK tersebut sekarang sudah di amankan di Polair Banten,” katanya.
 
Budi mengatakan empat orang ABK tersebut, saat ini langsung dibawa ke kantor Direktorat Polair Polda Banten, di Merak. Jika dinyatakan bersalah, ke 4 ABK tersebut akan dikenakan pasal 120 Undang-undang Imigrasi No.6 Tahun 2011 atau pasal 56 KUHP dan UU Pelayaran Nomor 17 Tahun 2008. “Namun Polair masih melakukan penyidikan,” ujarnya.
 
Kepala Kantor Imigrasi Kota Cilegon, M.T Setiawan mengatakan, Kapal MT Hermia ini adalah kapal tangker milik Singapura yang tengah melakukan perjalanan pulang dari Australia. Di perjalanan, kapal yang membawa bahan kimia itu menemukan ratusan orang yang tengah terapung, lalu dengan alasan kemanusiaan, imigran gelap tersebut dinaikan ke atas kapal Hermia. “Kami akan mendata para imigran inisebelum di serahkan ke International Organization for Migration (IOM),” jelasnya.
 
Setiawan juga mengatakan, ke 120 imigran itu sementara akan ditampung di hotel Ferry Merak, dan akan melakukan koordinasi kebeberapa negara, untuk memastikan ada atau tidaknya, negara yang siap menampung mereka. “Untuk sementara kami akan tampung di hotel terdekat, untuk memastikan negara yang siap menampung para pencari suaka tersebut,” tambahnya. Hingga pukul 16.00 ratusan imigran tersebut masih di atas kapal. Para imigran ini tidak mau turun dari kapal.(DRA)

KOTA TANGERANG
Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Gubernur Banten

Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Gubernur Banten

Sabtu, 20 April 2024 | 12:47

Sosok Arief R Wismansyah tidak asing lagi bagi warga di provinsi Banten, apalagi di wilayah Tangerang. Kepemimpinannya dalam menahkodai Kota Tangerang dikenal luas publik.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

BISNIS
Cara Membangun Personal Branding di TikTok Menurut Pakar 

Cara Membangun Personal Branding di TikTok Menurut Pakar 

Sabtu, 20 April 2024 | 22:07

Personal branding saat ini merupakan elemen krusial dalam strategi pemasaran, terutama di era media digital.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill