Connect With Us

Cegah Kebocoran UN, Dindik Banten Siapkan 5 Paket Soal

| Rabu, 11 April 2012 | 17:45

Ujian Nasional di SMAN 14, Kota Tangerang. (tangerangnews / dira)

TANGERANG-Untuk mencegah kebocoran soal saat pelaksanan Ujian Nasional (UN) 2012, Dinas Pendiian (Dindik) Provinsi Banten menyiapkan lima paket soal yang berbeda untuk tiap mata pelajaran yang diujikan.
 
"Tahun lalu cuma dua paket jawaban sehingga mudah dibocorkan. Tapi sekarang lima paket. Saya rasa itu cukup sulit dibocorkan," Kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten Hudaya Latuconsina, saat menjadi pembicara seminar Ujian Nasional (UN) di Kampus Universitas Islam Syech Yusuf (UNIS) Tangerang, yang dikuti ratusan kepala sekolah se Provinsi Banten, Rabu (11/4).
 
Ia menjelaskan, kecurangan yang kerap terjadi sau pelaksanan UN yakni adanya oknum sekolah yang membantu memberikan kunci jawaban. Untuk Itu, dengan system lima paket soal, diharapkan agar pengawas, guru maupun siswa tidak lagi melakukan kecurangan dalam pelaksanaan UN. "Sudah tidak ada lagi alasan untuk berbuat curang dalam UN tahun ini," ujar Hudaya.
 
Hudaya menyebutkan, jumlah peserta UN 2012 di Provinsi Banten unyuk siswa SD/MTS mencapai 228.303 orang, sedangkan SMP/MTS 166.641 orang, dan SMA 58.330 orang, serta SMK 50.140 orang. "Tahun lalu tingkat kelulusan mencapai 99,86 persen, tahun ini kalau bisa 100 persen," ujarnya.
 
Sementara Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. dr. Djemari Mardapi mengatakan, untuk mengcegah kecurangan, pihaknya juga kan melakukan analisis hasil ujian dan evaluasi terhadap sekolah-sekolah. “Data teknik untuk melihat  apakah pihak sekolah jujur atau tidak dalam pelaksanaan UN. Jika ketahuan, oknumny akan dijertat hokum pidana,” tandasnya.
 
Ia menambahkan, hasil UN bukan satu-satu yang menentukan kelulusan karena ada variabel lain yang menentukan kelulusan, yakni nilai rapot sekolah. "Kelulusan siswa dinilai dari 60 persen hasil UN dan 40 persen hasil studi di sekolah. Jadi nilai ti bias digabung untuk menambah nilai,” tuturnya.
 
Seminar  bertema tema "Prestasi Yes, Jujur Harus" tersebut diikuti sebanyak 240 kepala sekolah se-Provinsi Banten, Seminar UN yang dilakukan oleh Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Banten bekerja sama dengan Asosiasi Kepala Sekolah (Aksi) Provinsi Banten dan Dinas Pendidikan Provinsi Banten.(RAZ)

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill