Connect With Us

2 Pembangkit Listrik Tenaga Surya Dibangun di Serang

| Kamis, 29 November 2012 | 16:40

Ilustrasi PLTS. (ist / ist)

SERANG- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang membangun dua unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Pulo Panjang, Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang. Dua unit pembangkit listrik ini memiliki kapasitas 30 Kilowatt  dengan masing-masing 15 Kilowatt, yang bisa disalurkan ke 200 Kepala Keluarga (KK) di pulau tersebut.
 
Kepala Bidang  Energi, Dinas Kelautan Perikanan Energi Sumber Daya Mineral (DKPESDM) Kabupaten Serang, Heriyadi M Senaaji mengatakan, untuk pembangunannya saat ini telah mencapai 50%. Program tersebut digulirkan oleh Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. “PLTS di Pulau Ampel itu akan menjadi percontohan,” terang Heriyadi M Senaaji, Kamis (29/11/2012).
 
Berdasarkan pengajuan melalui DKPESDM Kabupaten Serang dan Provinsi Banten untuk diajukan ke Pemerintah pusat melalui Kementrian Energi Sumber Daya Mineral sebanyak tiga unit. “Namun yang terealisasi hanya dua unit,” ujarnya.
 
Berdasarkan informasi, lanjutnya, pada tahun 2013 mendatang Desa Pulo Panjang akan mendapatkan bantuan untuk pembangunan PLTS kembali. Karena hasil survey yang dilakukan pihak Kementerian, Pulo Panjang sangat layak untuk mendapatkan bantuan.
 
“Alhamdulillah sudah di survey kembali oleh pihak kementrian, jadi untuk tahun depan desa kami mendapatkan bantuan PLTS lagi,” kata Sugiro.
 
Kepala Seksi Energi Baru Terbarukan, Bidang Energi Kabupaten Serang, Iwan Herawan mengatakan, daya tampung PLTS mencapai 30 Kilowatt dengan masing-masing 15 Kilowatt, yang rencana akan mensuplai 200 KK. “Masing – masing KK akan mendapatkan 400-500 watt,” terangnya.  
BISNIS
Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Selasa, 23 April 2024 | 13:07

Hasil seleksi administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024 sudah dapat dicek mulai Selasa, 23 April 2024.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

NASIONAL
Target Capai NZE 2060, Periklindo dan PLN Gelar Pameran Kendaraan Listrik di Jakarta

Target Capai NZE 2060, Periklindo dan PLN Gelar Pameran Kendaraan Listrik di Jakarta

Selasa, 23 April 2024 | 18:43

PT PLN (Persero) sepenuhnya mendukung Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 untuk memperkuat kolaborasi dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill