Connect With Us

Jakarta Fair Kemayoran Dibuka Mulai 10 Juni

Denny Bagus Irawan | Selasa, 7 Juni 2016 | 09:00

PT. Jakarta International Expo (JIExpo) bersama Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar Jakarta Fair Kemayoran 2016 yang akan berlangsung selama 38 hari di Arena Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat. (@TangerangNews 2016 / Raden Bagus Irawan)

 

 TANGERANGNews.com-PT. Jakarta International Expo (JIExpo) bersama Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar Jakarta Fair Kemayoran 2016 yang akan berlangsung selama 38 hari di Arena Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Event yang bertepatan dengan awal Ramadan itu rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat 10 Juni 2016, dan akan terus dibuka hingga 17 Juli mendatang. Pihak penyelenggara mentargetkan jumlah pengunjung mencapai 5 juta orang, dan diharapkan dapat membukukan total nilai transaksi sedikitnya Rp 5 triliun.

 

Jakarta Fair Kemayoran adalah festival dan pameran perdagangan terbesar yang merupakan etalase ajang promosi berbagai produk unggulan. Diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT Kota Jakarta ke-489, dan akan menempati area total 44 hektare, yang mudah diakses karena letaknya sangat strategis di pusat kota Jakarta dan memiliki akses langsung dari tol dalam kota.

 

Penyelenggaraan kali ini merupakan yang ke-49 kalinya sejak pertama diselenggarakan tahun 1968. Event ini secara rutin diadakan setiap tahun tanpa pernah terputus; bahkan saat ini siklus 36 tahun sekali momentum Jakarta Fair berbarengan dengan Bulan Ramadhan dan libur Lebaran, justru mendatangkan peluang tersendiri bagi seluruh pelaku usaha yang terlibat di dalamnya.

 

Penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran 2016 mengambil tema Jakarta Fair Semangat Membangun Negeri, dengan sub tema Jakarta Fair Kemayoran Terus Maju Bersama Indonesia, Meningkatkan Semangat Memajukan Kesejahteraan Rakyat, Bangsa dan Negara.

 

Tema ini diambil karena Jakarta Fair Kemayoran merupakan pameran multiproduk terbesar yang sekaligus menjadi salah satu tolok ukur kondisi ekonomi nasional. Kami berharap semangat promosi perdagangan dan inovasi perindustrian yang selalu mewarnai penyelenggaraan Jakarta Fair, kiranya dapat memicu peningkatan volume ekonomi nasional yang pada akhirnya berkontribusi memajukan kesejahteraan seluruh warga bangsa.

 

Melalui Jakarta Fair Kemayoran 2016 kita mengajak pelaku ekonomi di seluruh tanah air untuk semangat membangun negeri dengan peningkatan produktifitas, peningkatan kreatifitas, dan terus melakukan inovasi di bidang produksi dan pemasaran. Kerja kolektif seluruh stakeholder ekonomi, adalah kunci bagi kita untuk terus maju bersama Indonesia.

 

Pameran Multiproduk

 

Jakarta Fair Kemayoran 2016 diharapkan akan menjadi tujuan utama wisata dan belanja keluarga selama Bulan Ramadhan dan musim libur lebaran. Event ini diikuti oleh lebih 2.000 perusahaan peserta yang memamerkan berbagai produk unggulan dengan diskon khas Jakarta Fair. Para peserta berasal dari berbagai skala usaha baik perusahaan multinasional, usaha besar, menengah, usaha kecil, BUMN, serta anjungan pemerintah provinsi dan kabupaten dari berbagai penjuru tanah air.

 

Pada penyelenggaraan tahun ini juga melibatkan ribuan pengusaha kecil, mikro, dan koperasi dari seluruh Indonesia yang akan menempati Hall-B3 dan Hall-C3 dan juga tersebar di berbagai titik di seluruh penjuru arena pameran.

 

Para peserta Jakarta Fair Kemayoran 2016 akan memamerkan produk dari berbagai sektor industri seperti otomotif mobil dan sepeda motor, teknologi informasi, komputer, alat olah raga, fashion and garment, peralatan rumah tangga, furniture, barang-barang elektronik, kuliner, industri kreatif, kerajinan tangan, herbal & medicine, perbankan, produk jasa, kosmetik, dan lain-lain.

 

Pemprov DKI Jakarta akan menempati satu hall khusus di Hall-C1, memamerkan berbagai program pemerintah provisi, membuka berbagai layanan publik, dan juga ada panggung kesenian tradisional masyarakat Jakarta. Panitia Jakarta Fair juga mendedikasikan area khusus untuk Kampung Betawi sebagai ajang pertunjukan berbagai seni-budaya lokal dan juga pameran berbagai kerajinan khas Betawi yang berlokasi di sebelah Hall-D Arena Jakarta International Expo.

 

Event Jakarta Fair Kemayoran 2016 akan dibuka setiap hari selama Bulan Ramadhan ini mulai pukul 15.30 sampai 22.00 pada hari Senin sampai Kamis, dan untuk hari Jumat ditutup pukul 23.00. Sementara untuk hari Sabtu dan Minggu akan dibuka mulai pukul 10.00 sampai 23.00.

 

Pada hari H lebaran Jakarta Fair tetap buka untuk umum sebagai arena liburan lebaran untuk seluruh anggota keluarga, dengan jam buka pada tanggal 6 Juli mulai pukul 14.00 sampai pukul 23.00, dan pada tanggal 7 Juli sampai 10 Juli akan dibuka mulai pukul 10.00 sampai 23.00. Sementara untuk masa-masa setelah lebaran yakni tanggal 11 sampai 17 Juli jam buka Jakarta Fair Kemayoran akan kembali normal seperti biasa yakni mulai pukul 15.30 pada hari biasa dan mulai pukul 10.00 pada akhir pekan.

 

Harga tiket masuk Jakarta Fair Kemayoran 2016 tidak mengalami kenaikan, yakni tetap Rp 20.000 pada hari Senin, dan Rp 25.000 pada Selasa sampai Kamis. Untuk akhir pekan hari Jumat sampai Minggu dan pada hari-hari libur nasional tiket masuk dijual seharga Rp 30.000.

 

 

Hiburan Keluarga

 

Seperti tahun-tahun sebelumnya Jakarta Fair Kemayoran 2016 juga akan diisi berbagai acara hiburan keluarga seperti konser musik terbesar di panggung utama dengan durasi 38 hari dimana setiap harinya akan dimeriahkan oleh artis ternama ibukota. Pihak panitia juga akan menyelenggarakan pesta kembang api spektakuler, karnaval budaya, k-pop dance contest, cosplay contest,  dan fun competi­tion danz base. Juga akan ada aneka pertunjukan budaya Betawi, kontes abang-none cilik, kontes kecantikan Miss Jakarta Fair, serta berbagai hiburan menarik di stand-stand pameran.

 

Terdapat wahana permainan Ice Skating and Snow Playground dan permainan baru di Indonesia Twister di Hall-A1, aneka permainan anak di depan Hall-E, wahana rumah hantu Penjara Setan di lantai 2 GPN. Di kawasan Gambir Expo atau di sayap bagian utara dari Arena Jakarta International Expo terdapat Garden of Light yang dibagi menjadi 3 tema Jepang, Nusantara, dan Timur Tengah, dan juga ada wahana Wild West yang berisi aneka permainan outdoor seperti menunggang kuda, flying fox, paint-ball, wall climbing, dan lain-lain.

 

Sejumlah band dan penyanyi papan atas Indonesia dijadwalkan tampil di Konser Musik Nonstop Jakarta Fair, antara lain Slank, d’Massiv, Ari Lasso, Godbless, Ayu Tingting, Maliq, Isyana Sarasvati, Tonny Q, Endang Soekamti, Geisha, Tulus, Yovie Nuno, Tipe-X, Steven Jam, Naif, Pas Band, Fitri Karlina, dan lain-lain.

 

Dan sebagai arena ngabuburit seru, selama Bulan Ramadhan Jakarta Fair akan membagikan takjil gratis untuk pengunjung menjelang berbuka puasa. Panitia menyiapkan musholla di setiap hall pameran dan menyelenggarakan shalat tarawih bersama serta siraman rohani oleh para ustadz, sehingga ngabuburit di Jakarta Fair tak akan mengurangi kekhusyukan umat Islam menjalankan ibadah puasa.

 

Sejumlah persiapan tengah dilakukan oleh panitia penyelenggara untuk terus meningkatkan kenyamanan bagi seluruh pengunjung Jakarta Fair Kemayoran 2016. Panitia menjamin kebersihan arena pameran yang berstandar internasional, menyiapkan ratusan toilet dan hampir seribu buah urinoir yang tersebar di setiap sudut.

 

Panitia bekerjasama dengan aparat TNI/Polri terus berusaha meningkatkan keamanan dan kelancaran arus dari dan menuju ke Arena Jakarta International Expo. Juga menyiapkan sarana parkir yang mampu menampung lebih 10 ribu mobil dan 20 ribu sepeda motor.

 

Namun jika arus lalu-lintas sedang padat para pengunjung tak perlu repot membawa kendaraan sendiri ke lokasi karena panitia telah menyiapkan berbagai alternatif yang sangat memudahkan, diantaranya terdapat rute Bus Transjakarta dari halte Monas dan Stasiun Juanda yang langsung menuju ke halte depan Pintu-2 Jakarta International Expo. Juga terdapat shuttle bus dari Arena Jakarta International Expo ke Stasiun Juanda dan Stasiun Kemayoran untuk memudahkan masyarakat yang hendak berkunjung ke Jakarta Fair menggunakan moda angkutan kereta api.

 

Bahkan panitia menyiapkan shuttle bus dari Perum Kemang Pratama menuju halte busway MM Bekasi, shuttle bus dari Bintaro Trade Center ke Stasiun Jurang Mangu, serta shuttle bus dari Grand Depok City ke Stasiun Depok Baru.

Para pengunjung dapat memarkir kendaraannya di berbagai titik tersebut lalu menuju Jakarta Fair menggunakan bus Transjakarta, menggunakan shuttle bus gratis, atau menggunakan kereta commuter line yang terintegrasi dengan jalur shuttle bus yang telah disiapkan oleh panitia.*

TANGSEL
2 Motor Tabrakan saat Hendak Putar Balik di Serpong Tangsel, Pengendara Luka-Luka

2 Motor Tabrakan saat Hendak Putar Balik di Serpong Tangsel, Pengendara Luka-Luka

Selasa, 16 April 2024 | 20:10

Dua pengendara motor terlibat kecelakaan di Jalan Letnan Sutopo, kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

BANTEN
PLN Banten Jamin Kesiapan SPKLU di Titik Arus Balik Lebaran 2024

PLN Banten Jamin Kesiapan SPKLU di Titik Arus Balik Lebaran 2024

Senin, 15 April 2024 | 20:23

Dalam menyambut puncak arus balik mudik Lebaran 2024, General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten Abdul Mukhlis melakukan pengecekan kesiapan layanan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah Provinsi Banten.

KOTA TANGERANG
Penumpang Arus Balik di Terminal Poris Plawad Kota Tangerang Melonjak Capai 1.000 Per Hari

Penumpang Arus Balik di Terminal Poris Plawad Kota Tangerang Melonjak Capai 1.000 Per Hari

Selasa, 16 April 2024 | 23:38

Terminal Poris Plawad Kota Tangerang mencatatkan peningkatan jumlah penumpang secara signifikan selama arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill