Connect With Us

MMS Resmi Operasikan Kartu E-toll Multibank

RADEN BAGUS IRAWAN | Sabtu, 1 Oktober 2016 | 11:09

| Dibaca : 748

Petugas MMS memegang kartu e-toll dari Himpunan Bank Negara. (RADEN BAGUS IRAWAN / TangerangNews)

TANGERANGNews.com-PT Marga Mandalasakti (MMS) selaku operator jalan Tol Tangerang-Merak secara resmi akan menerapkan sistem transaksi e-toll multibank bekerjasama dengan Himpunan Bank Negara (Himbara) yaitu Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Negara Indonesia (BNI).

 

Penerapan ini mulai  berlaku pada 1 Oktober 2016. Upaya ini tentunya dilakukan guna mempermudah layanan transaksi pengguna jalan di jalan Tol Tangerang-Merak.

 

Sejak diluncurkan awal tahun 2016  oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), e-toll Himbara secara bertahap bisa digunakan untuk bertransaksi di beberapa ruas tol. Untuk penerapan kartu ­e-toll produk Himbara di ruas Tol Tangerang-Merak rencananya akan dilakukan dalam dua fase.

 

Untuk tahap awal, penerapan sistem ini bisa mulai digunakan pada 1 Oktober 2016 di gardu ramp sistem tol terbuka yang berada di Cikupa. Selanjutnya, pada gardu masuk dan gardu keluar untuk sistem tol tertutup mulai diterapkan pada November 2016.

 

MMS bersama Badan Usaha JalanTol lainnya telah lama bekerjasama dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menerapkan sistem transaksi tol dengan kartu e-Toll, yakni pembayaran tol dengan kartu prabayar elektronik. Guna lebih meningkatkan kelancaran dan kenyamanan pengguna jalan tol saat ini Himpunan Bank Negara (Himbara) yaitu BRI dan BNI termasuk Mandiri telah menjajaki kartu e-Toll.

 

Sehingga, kedepannya tak hanya pengguna e-money Mandiri saja yang dapat bertransaksi di Tol Tangerang-Merak, namun beberapa pemilik kartu lainnya seperti Tap Cash BNI dan Brizzi BRI juga bisa bertransaksi di Tol Tangerang-Merak.

 

Tidak hanya untuk membayar tol, semua produk kartu elektronik milik bank Himbara juga bisa digunakan untuk membayar parkir, tiket bus Transjakarta, dan tiket kereta rel listrik serta berbelanja di berbagai toko yang bekerjasama dengan Himbara.

 

Sinergi antara Himbara dan Tol Tangerang-Merak ini merupakan langkah bijak yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat saat menggunakan jalan tol. “Adanya HIMBARA mempermudah pengguna jalan untuk melakukan transaksi dengan banyak pilihan penggunaan kartu e-Toll,” kata Kepala Divisi Hukum dan Humas MMS Nur Indah Permanasari.

 

Menurut Indah, hal itu juga merupakan bentuk dukungan MMS terhadap Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) atau dikenal dengan istilah cashless society yang telah digalakkan Pemerintah sejak 2010 lalu. Ia menambahkan, pengguna jalan Tol Tangerang-Merak nantinya bisa menggunakan kartu e-toll sebagai transaksi pengganti Kartu Tanda Masuk di gardu masuk dan keluar. Transaksi pengganti ini  berlaku untuk semua jenis bentuk gardu, baik gardu manual maupun Gardu Tol Otomatis (GTO).

 

Cara menggunakan kartu e-toll pun cukup mudah, yakni hanya dengan menempelkan kartu e-toll pada card reader yang tersedia. Kemudian struk akan keluar dan portal pun akan terbuka. Selain itu, sudah tersedia lajur GTO khusus untuk pengguna kartu e-toll.

 

Dengan seluruh peningkatan fasilitas dan layanan yang dilakukan MMS ini, diharapkan pengguna jalan bisa merasakan kemudahan. Karena, secara perhitungan jika menggunakan e-toll card, waktu transaksi lebih cepat 41,18 % atau dua kali waktu transaksi dibandingkan jika kita melakukan pembayaran dengan menggunakan uang tunai. “Transaksi menggunakan e-tollhanya memerlukan waktu 3 detik saja, hal ini dua kali  lebih cepat dibandingkan menggunakan uang tunai yang berkisar tujuh sampai delapan detik,” lanjut Indah.

 

Penerapan e-toll Himbara pada layanan transaksi di Tol Tangerang-Merak ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang diharapkan mampu dirasakan kemudahannya oleh pengguna jalan. Sehingga tercipta jalan tol yang lancar aman dan nyaman.

 

 

TOKOH
Jazuli Juwaini: Permasalahan Bangsa Momentum Kembali Pada Nilai Pancasila

Jazuli Juwaini: Permasalahan Bangsa Momentum Kembali Pada Nilai Pancasila

Jumat, 9 Desember 2016 | 12:00

TANGERANGNews.com- Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyelenggarakan acara Sosialisasi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika pada hari Senin (28/11) bertempat di TPQ Nurul Quba, jl. Musyawarah Kp. Sawah RT 04/04 Ciputat Kota Tangsel-Banten.

TANGSEL
Ini Alasan Lapangan Udara Pondok Cabe Tak Bisa Jadi Bandara

Ini Alasan Lapangan Udara Pondok Cabe Tak Bisa Jadi Bandara

Minggu, 15 Januari 2017 | 09:00

TANGERANGNews.com-Direktur Operasi AirNav Indonesia Wisnu Darjono mengatakan, rencana pemakaian Lapangan Udara Pondok Cabe menjadi bandara komersil dari sisi lalu lintas udara tidak lah mungkin untuk saat ini. "Jadi Pondok Cabe tetap untuk penerbangan k

SPORT
Lebih Baik Olahraga di Pagi Hari Atau Sore?

Lebih Baik Olahraga di Pagi Hari Atau Sore?

Kamis, 12 Januari 2017 | 10:04

Sebenarnya, lebih efektif mana melakukan olahraga pagi atau olahraga sore?

BANDARA
Bawa Pistol, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Diamankan

Bawa Pistol, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Diamankan

Senin, 16 Januari 2017 | 11:00

Merdeka.com-Seorang penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta berinisial DA, 24, diamankan karena membawa senjata api, Minggu (15/1/2017) malam. DA dibawa oleh petugs Avsec saat hendak menaiki NAM Air di Terminal 2.

"Kita tidak membutuhkan alasan untuk menolong orang lain"

Anonim