Connect With Us

Haji Bakri, Dibalik Kesuksesan Pasar Modern BSD City

Advertorial | Selasa, 20 Februari 2018 | 11:00

H Bakrie, saat mengunjungi salah satu pedagang di Pasar Modern BSD City. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pasar tradisonal seringkali dibayangkan sebagai pasar yang kotor, becek, bau dan tidak nyaman. Namun berbeda dengan Pasar Tradisional Modern (Pasmod) BSD City. Pasar ini sudah dikenal sebagai pasar tradisional yang bersih, tertata, dan memberikan kenyamanan bagi pembeli maupun penjual yang berada di sana. 

Hal itu pun membuat Pasmond BSD sukses dan secara resmi telah menjadi percontohan konsep pasar rakyat di seluruh Indonesia oleh Kementerian Perdagangan. Dibalik semua itu, ada seorang putra daerah asli Tangerang yaitu H Muhammad Bakri yang berhasil melakukan perubahan di Pasmod BSD City.

Para pedagang di Pasmod BSD City dan di lingkungan tempatnya bekerja yaitu Sinar Mas Land kerap menyapa pria kelahiran tahun 1971 ini, dengan Haji Bakri.

Bakri menceritakan awal mulanya bergabung di BSD City yang menjadi cikal bakal Sinar Mas Land.

“ Saya bergabung pada tahun 2005, saat itu saya ditugaskan mengurus tata kelola BSD City di bagian Estate Management. Pekerjaan ini sangat menantang mengingat sebelumnya saya bekerja di

bidang perparkiran. Apalagi kemudian saya ditugaskan untuk mengurus Pasmod BSD,” ungkap pria lulusan Universitas Muhammadiyah Jakarta ini.

Tugas baru yang diberikan sebagai koordinator Pasmod BSD City di tahun 2015, membuat Bakri terpacu. Dia mengaku yang menjadi tantangan besar buatbya adalah bagaimana caranya mengubah citra pasar tradisional yang kumuh menjadi bersih nyaman dan menangani masalah premanisme serta penolakan pedagang karena adanya kenaikan biaya sewa.

"Saya bersama tim mengambil langkah cepat untuk mengatasi masalah tersebut. Sebelum saya mulai membenahi management Pasmod BSD City lebih dalam, bersama tim lainnya dengan arahan pimpinan saya harus menggalang dukungan dari internal Sinar Mas Land menjalin komunikasi dengan berbagai pihak termasuk dengan para preman yang ada di luar lingkungan pasar, serta berkomunikasi dengan paguyuban pedagang Pasmod BSD City. Alhamdulilah dengan pendekatan komunikasi yang baik dan terus

menerus, semua itu bisa selesai dan management Sinar Mas Land mengapresiasi hal tersebut," katanya.

Bakri juga merasa sangat beruntung bisa bekerja di Sinar Mas Land, karena di

perusahaan ini, dirinya bisa mengembangkan karirnya jauh lebih baik. Tugas seberat apapun yang diberikan oleh kantor, bisa diselesaikan dengan baik karena semangat kekeluargaan di

tempat ini sangat tinggi, sehingga dia merasa betah.

Pria ramah dan supel ini menambahkan, para pedagang di Pasmod BSD City jarang sekali berpindah tempat berjualan karena menurut mereka Pasmod berbeds dari pasar tradisional lainnya.

"Di Pasmod BSD City para pedagang tak hanya diberikan tempat untuk berusaha, namun juga diberikan edukasi yang sangat membantu perkembangan bisnis mereka melalui program Pasar Rakyat School yang diselenggarakan oleh Sinar Mas Land," ujarnya.

Kenyamanan kebersihan dan keamanan area Pasmod BSD City juga sudah terjamin lebih dari layaknya pasar

tradisional kebanyakan sehingga banyak pengunjung yang datang rata-rata berasal dari kalangan menengah ke atas.

Selain itu, Bakri juga harus memastikan semua produk yang dijual di Pasmod BSD City bebas dari zat-zat berbahaya. Untuk hal ini, ia menjalin kerja sama dengan

BPOM dan pihak kepolisian. Di Pasmod BSD City ini, juga terdapat mini lab untuk mengontrol kualitas.

“Jika pedagang ada yang tertangkap menggunakan zat berbahaya dalam produk makanannya, maka akan langsung ditindak lanjuti dan dibawa ke pihak yang berwenang,” jelasnya. 

Oleh karena itu, harga jual bahan makan di Pasmod BSD City cenderung sedikit lebih tinggi daripada kebanyakan pasar tradisional lainnya namun kualitasnya terjamin.

Dengan semua nilai tambah tersebut, maka tak heran kini Pasmod BSD City setiap harinya dikunjungi 4.000 orang dan di akhir pekan bisa mencapai 5.000 orang. Ada 850 UMKM di Pasmod BSD yang terdiri dari 100 ruko, 320 kiosk, 310 lapak dan 75 tenda yang semuanya

sudah habis disewa pedagang. Ditambah lagi, masih ada daftar tunggu untuk pedagang lainnya yang ingin membuka bisnisnya di Pasmod BSD City. Menurutnya, selalu jujur dan apa adanya merupakan hal yang paling penting dan dia akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk Sinar Mas Land selaku pemilik proyek Pasar Modern BSD City.(RAZ/RGI)

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill