Connect With Us

Hadapi Industri Penerbangan, SLC Creative Indo Bangun Karakter Staff Airlines

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 23 Mei 2018 | 16:00

| Dibaca : 1009

Kegiatan pelatihan Character Building kepada para staff maskapai penerbangan yang digelar di daerah Tugu Utara, Puncak, Bogor. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Saat ini berbagai perusahaan semakin selektif dan ketat dalam menerima pegawai, dikarenakan persaingan dunia usaha yang semakin ketat, sehingga hanya personil yang berkualitas saja yang diterima oleh perusahaan.

Kualitas yang diinginkan pun tidak semata-mata hanya keahlian kerja (hard skill) namun juga karakter dan kepribadian (soft skill) juga harus berkualitas, untuk dapat menunjang pekerjaan dengan lebih baik. Hal ini pun berlaku di industri penerbangan.

Strategic Learning Center (SLC) Creative Indo, Jasa Konsultasi Pengembangan Sumber Daya Manusia mencoba menjawab kebutuhan tersebut. Bekerja sama dengan lembaga pendidikan Aviasi Cahaya Trans Nusa (CT Nusa), SLC Creative Indo memberikan pelatihan Character Building kepada para staff maskapai penerbangan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan personil yang berkualitas dalam industri penerbangan, tidak hanya dari sisi kompetensi teknis, melainkan juga kepribadian dan karakter yang unggul,” General Manager SLC Creative Indo Arif Vidhie Abdillah, Rabu (23/5/2017).

Pelatihan ini digelar di daerah Tugu Utara, Puncak, Bogor, selama 10-11 Mei 2018. Dimulai dengan pembangunan suasana dan mental kerja dengan mengumpulkan peserta di area lapangan. Peserta diminta untuk saling mengenalkan diri tentu saja tidak dengan cara yang biasa, yaitu dengan menggunakan games agar dapat mengenal lebih cepat.

Training Fasilitator dalam sesi ini diisi oleh Arif Vidhie Abdillah sendiri, yang telah berpengalaman dalam bidang pengembangan sumber daya manusia selama 10 tahun. Arif mengajak peserta untuk membuka pikirannya dan merubah pola pikirnya menuju arah yang positif serta dapat kompetitif dalam bersaing di bursa kerja.

Kemudian dilanjutkan dengan materi kepribadian. Berdasarkan kepada materi pelatihan kepribadian yang digunakan secara luas oleh banyak perusahaan, peserta diajak untuk mengenal tipe-tipe kepribadian yang ada setelah sebelumnya peserta mengisi lembar tes untuk mengenal kepribadian dirinya sendiri.

“Materi tersebut dibawakan Widan Permana Septiadi yang telah berpengalaman di dunia Assessment selama kurang lebih 8 tahun. Pada akhir sesi, hasil tes dibacakan dengan tujuan peserta dapat memahami kepribadiannya dan memperbaiki dirinya agar bisa lebih kompetitif dalam bersaing di dunia kerja,” ungkap Arif.

Sesi malam dimulai dengan pembahasan mengenai kebiasan yang efektif dibawakan oleh Okvianto Tri Prastomo yang berpengalaman di bidang pengembangan SDM selama 9 tahun. Bagaimana seseorang bisa sukses sebagai individu yaitu dengan membuat kebiasaan yang efektif dijadikan sebuah karakter dirinya. Malam diakhiri dengan renungan masing- masing peserta untuk masa depannya nanti.

Hari terkahir, para peserta disuguhkan dengan berbagai macam games yang membutuhkan ketangkasan, kreatifitas dan kerjasama tim. Games yang paling menantang adalah peserta diminta untuk menyeberangkan salah satu anggota yang bertugas membawa lilin diatas kolam renang. Lilin itu nantinya akan digunakan untuk membakar tali.

“Permainan ini membutuhkan kekompakan seluruh peserta dan juga daya tahan, dikarenakan kolam yang terasa cukup dingin. Akhirnya setelah beberapa kali percobaan dengan hasil lilin mati di tengah kolam, dan bergantinya pembawa lilin, tali tersebut bisa terbakar menandai keberhasilan peserta mencapai tujuan bersama,” ungkap Arif.

Arif mengatakan, beragam cerita pastinya akan dikenang berdasarkan apa yang mereka alami sendiri dalam pelatihan ini. Dirinya berharap apa yang didapatkan pada kegiatan ini, menjadi bekal seluruh peserta dalam menghadapi dunia kerja dengan beragam tuntutan, jangan lupa follow IG nya @slc_creativeindo.(RAZ/RGI)

KAB. TANGERANG
249 Warga Binaan Klas I Tangerang Dapat Remisi Kemerdekaan

249 Warga Binaan Klas I Tangerang Dapat Remisi Kemerdekaan

Jumat, 17 Agustus 2018 | 14:26

TANGERANGNEWS.com-Ratusan warga binaan pemasyarakatan Rumah Tahanan (rutan) Klas 1 Tangerang mendapatkan remisi saat

MANCANEGARA
Sadis, Wanita Ini Diperkosa Lalu Dibakar Hingga Tewas

Sadis, Wanita Ini Diperkosa Lalu Dibakar Hingga Tewas

Senin, 16 Juli 2018 | 19:00

TANGERANGNEWS.com-Seorang wanita diperkosa dan dibakar hidup-hidup hingga tewas oleh sekelompok pria di India. Dari lima pelaku, dua diantaranya telah ditangkap kepolisian setempat.

BISNIS
Belanja di 'Waroeng Gaul Ma'Odah' di Tigaraksa, Tidak Enak Tak Perlu Bayar

Belanja di 'Waroeng Gaul Ma'Odah' di Tigaraksa, Tidak Enak Tak Perlu Bayar

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 22:37

TANGERANGNEWS.com-Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini bisnis di dunia kuliner semakin digandrungi, bahkan pertumbuhan lini

"Kita tidak boleh menerima nasib buruk dan pasrah menerimannya sebagai kutukan. Kalau kita mau hidup bebas, kita harus belajar untuk terbang"

Gie