Connect With Us

Cintiya, Pebisnis Coklat Kekinian yang Viral: Awalnya Cuma Iseng 

Redaksi | Sabtu, 24 Oktober 2020 | 14:54

Cintiya saat menunjukan cemilan Cin's Chocolate. (Istimewa / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com- Jeli melihat peluang bisnis sejak masa kuliah membuat Cintiya Ambar Lintang, alumnus Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) menemukan peluang berbisnis cemilan kekinian Cin's Chocolate. 

 

Awalnya, Cintiya menuturkan, tak langsung serta merta menjual produk Cin's Chocolate yang sekarang sedang viral di sosmed ini. Ia mengaku lebih dulu memulai setelah iseng menjual bakso aci sebagai reseller, hijab, salad buah hingga pudding regal dan oreo choco cheese dengan hanya mengandalkan penjualan melalui whatsapp story dan instagram story. 

 

"Idenya karena aku sama temanku mikir kalo coklat itu kayaknya gak pernah salah mau dipaduin sama apapun, kayaknya gak banyak juga orang yang gak suka coklat, jadi dari coklat ini kita kembangin ke menu yang unik, yang kira-kira menu kayak gimana yang bikin beda atau punya sensasi gak ngebosenin pas lagi di makan," ujar Cintiya, Jumat (23/10). 

 

Hingga akhirnya pada awal Juli 2020, Cintiya memulai memproduksi Cin's Chocolate dengan dibantu rekannya Inggrid Juliandari yang pada saat itu justru berstatus sebagai pencari kerja. 

 

"Cin's Chocolate ini mulai juli 2020, pertama kali aku mendirikan ini hanya sendirian, akhirnya teman yang juga adalah seorang jobseeker (pencari kerja - red) tertarik mengikuti ide bisnis yang aku buat, jadilah kami mendirikan bisnis ini berdua," jelasnya. 

Cintiya menuturkan dirinya tak menyangka sama sekali produk Cin's Cocholate yang ia tawarkan langsung diminati banyak orang dan menjadi viral, hingga pada produksi pertama saja ia berhasil meraup omset jutaan rupiah. 

 

Karena semakin banyak yang berminat, Cintiya pun merasa bahwa ada peluang dalam berbisnis coklat tersebut. Dari situ ia mulai memikirkan branding, packaging, dan lain sebagainya. 

 

"Tantangannya adalah kita harus pintar-pintar dan gak boleh ketinggalan cari trend pasar, siapa yang akan jadi target kita, juga pikirin konten kreatif yang gak ngebosenin. Seperti misalnya foto atau video produk yang aesthatic kemudian kita share ke beberapa medsos kayak instagram atau tiktok yang lagi viral," ungkapnya. 

 

Karena permintan trend pasar yang sedang digemari ini jugalah, Cintiya kemudian membuat ragam menu lain yang menjadi bagian dari Cin's .Cchocolate. 

 

"Kita juga punya menu lain yang tak kalah enak yaitu macam-macam dessert dengan variant oreo, strawberry, lotus dan mangga. Jadi nggak menutup kemungkinan kalo cins.chocolate bakal terus berinovasi dalam menciptakan menu baru,” tegasnya. 

 

Cintiya juga mengaku optimis dengan bisnis online yang digelutinya saat ini. Untuk generasi milenial yang tertarik terjun bisnis online, Cintiya berpesan untuk selalu percaya diri dan mulai dengan perencanaan yang baik. 

 

"Pede aja, jangan malu jualan apalagi takut tak ada yang beli. Jangan mikirin keuntungan banyak di awal tapi lebih ke gimana produk kita cepat dikenal orang dulu. Sebisa mungkin jadi seller yang ramah dan enak di ajak komunikasi sama calon customer. Satu lagi jangan lupa sebelum memulai jualan perlu hitungan akurat dari bahan baku modal sampe bisa dijual dengan harga berapa, supaya kedepannya gak rugi," pungkasnya.

TagsBisnis
NASIONAL
Tersedia 10 Ribu Kuota, Simak Cara Daftar Mudik PLN Bersama BUMN dan Jadwal Keberangkatannya 

Tersedia 10 Ribu Kuota, Simak Cara Daftar Mudik PLN Bersama BUMN dan Jadwal Keberangkatannya 

Minggu, 17 Maret 2024 | 14:14

Jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, PT PLN (Persero) bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar program 'Mudik Asyik Bersama BUMN'.

KOTA TANGERANG
Jadwal Imsakiah 8 Ramadan 1445 H/ Selasa 19 Maret 2024 di Tangerang

Jadwal Imsakiah 8 Ramadan 1445 H/ Selasa 19 Maret 2024 di Tangerang

Selasa, 19 Maret 2024 | 00:04

Kementerian Agama (Kemenag) telah merilis jadwal imsakiyah Ramadan 1445 Hijriah untuk wilayah Tangerang.

MANCANEGARA
Mencekam, Begini Suasana Ramadan di Palestina 

Mencekam, Begini Suasana Ramadan di Palestina 

Kamis, 14 Maret 2024 | 09:46

Tahun 2024, menjadi salah satu momen bulan suci Ramadan yang berbeda bagi warga Palestina.

TANGSEL
Selepetan Sarung Berujung Penganiayaan Remaja Perempuan di Ciputat, Kasus Ditangani Polres Tangsel

Selepetan Sarung Berujung Penganiayaan Remaja Perempuan di Ciputat, Kasus Ditangani Polres Tangsel

Sabtu, 16 Maret 2024 | 18:33

Penganiayaan terhadap remaja perempuan berinisial N, 12, hingga babak belur oleh sejumlah remaja laki-laki di Jalan Jombang, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), diduga dipicu main selepet sarung.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill