Connect With Us

UMKM Tangsel dan Kabupaten Tangerang Ekspose Pangan Lokal Tingkat Nasional

Tim TangerangNews.com | Kamis, 30 September 2021 | 09:10

UMKM Arum Ayu dari Tangsel saat tampil di Jakarta. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Dua Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berasal dari Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang, mewakili Provinsi Banten di ajang Ekspose Pangan Lokal di Kuningan City Mall, Jakarta. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Provinsi Banten Aan Muawanah mengatakan, perwakilan Banten yang mengikuti Ekspose Pangan Lokal yang diselenggarakan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian itu yakni UMKM Arum Ayu Healty Food dan UMKM Dalovma.

“Kedua UMKM binaan Dinas Ketapang Pemprov Banten itu mempromosikan potensi pangan lokal  Banten yang berasal dari berbagai bahan olahan pangan lokal,” kata Aan Muawanah kepada wartawan di Jakarta, Rabu 29 September 2021.

Aan Muawanah menyatakan, seluruh wilayah Provinsi Banten memiliki potensi sumberdaya alam yang melimpah. Pada 2021 ini Pemprov Banten melalui Dinas Ketahanan Pangan telah memberikan pembinaan kepada 25 UMKM olahan pangan lokal dengan tujuan meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi olahan pangan lokal.

 “Tujuannya untuk meningkatkan pendapatan pelaku usaha olahan pangan lokal sehingga dapat mengembangkan produk pangan,” terang Aan Muawanah.

UMKM Arum Ayu Healty Food yang berasal dari Tangsel dalam ekpsose pangan lokal tersebut mempromosikan produk unggulan olahan Mocaf  seperti Crunchy Soes Cassava, Tepung Bumbu Gluten Free, Tepung Premix Brownies dan Pancake Gluten Free, Eggless Creamcheese Cookies dan fudgy brownies gluten free.

Pemilik UMKM Arum Ayu Healty Food, Herdinda Arum Pradipta, menjelaskan tepung mocaf yaitu tepung singkong yang diolah sebagai pengganti tepung terigu. 

 

Menurutnya, tepung mocaf salah satu alternatif yang sangat direkomendasikan karena memiliki tekstur dan karakteristik yang paling mirip dengan terigu sehingga mocaf kaya akan karbohidrat serta tidak mengandung gluten. 

“Selain itu, mocaf sangat aman untuk dikonsumsi siapapun,” ujar Herdinda yang memiliki UMKM berlokasi di Sawah Lama, Ciputat, Tangsel.

Sedangkan UMKM Dalovma yang berlokasi di Grand Sutera Kutabumi Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, menampilkan produk unggulan olahan pangan lokal berbahan dasar  ubi ungu, labu kuning, tepung singkong, daun suji, daun kelor, bayam, talas beneng, dan jahe merah.

“Bahan-bahan tersebut diolah menjadi Puding Daun Kelor, Bolu Labu Pandan, Bolu Vanilla Coklat, Nastar Singkong, Soes Bayam, Bagelan Jahe Merah serta Kue Kacang Talas Beneng,” kata Rode Meiyanti Saragih, pemilik UMKM Dalovma.

Kegiatan ekspose pangan lokal dibuka oleh Plt. Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI Sarwo Edhy. Kegiatan ini diikuti 35 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia.

BISNIS
5 Alasan Mengapa Bitcoin Banyak Digunakan Sebagai Metode Transaksi

5 Alasan Mengapa Bitcoin Banyak Digunakan Sebagai Metode Transaksi

Senin, 18 Maret 2024 | 09:19

Di Indonesia, harga Bitcoin hari ini sering kali menjadi sorotan utama, mengungguli berita tentang peran Bitcoin dalam transaksi sehari-hari. Hal ini bisa dimengerti mengingat Bitcoin belum diakui sebagai alat pembayaran resmi di negeri ini.

TEKNO
Canggih, Ini 7 Fitur Rahasia WhatsApp yang Jarang Diketahui

Canggih, Ini 7 Fitur Rahasia WhatsApp yang Jarang Diketahui

Selasa, 19 Maret 2024 | 10:16

WhatsApp terus menghadirkan beragam fitur baru, termasuk beberapa yang mungkin jarang diketahui oleh pengguna.

KOTA TANGERANG
Jadwal Imsakiah 8 Ramadan 1445 H/ Selasa 19 Maret 2024 di Tangerang

Jadwal Imsakiah 8 Ramadan 1445 H/ Selasa 19 Maret 2024 di Tangerang

Selasa, 19 Maret 2024 | 00:04

Kementerian Agama (Kemenag) telah merilis jadwal imsakiyah Ramadan 1445 Hijriah untuk wilayah Tangerang.

MANCANEGARA
Mencekam, Begini Suasana Ramadan di Palestina 

Mencekam, Begini Suasana Ramadan di Palestina 

Kamis, 14 Maret 2024 | 09:46

Tahun 2024, menjadi salah satu momen bulan suci Ramadan yang berbeda bagi warga Palestina.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill