Connect With Us

Tips Memilih Pompa Air yang Tepat untuk Kebutuhan Anda

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 19 Agustus 2022 | 21:00

Pompa air produksi PT Osmo Marina Mandiri. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pompa air menjadi perangkat yang penting di rumah untuk mempermudah berbagai aktivitas seperti minum, memasak, mencuci, mandi dan sebagainya. Namun, di pasaran terdapat berbagai merk dan juga jenis pompa air dengan harga yang bervariasi.

Memasang pompa air yang tidak seusai kebutuhan dan kondisi rumah bukan hanya membuat pompa tidak bekerja maksimal, tapi juga tidak tahan lama lantaran sering rusak. Apalagi jika kerusakan terjadi di saat-saat Anda sedang membutuhkan air.

Untuk memaksimalkan penggunaan pompa air yang berkualitas di rumah, simak cara memilih yang tepat:

 

1. Memastikan Kedalaman Permukaan Air

Tips pertama dalam memilih pompa adalah memastikan kedalaman permukaan air. Anda perlu tahu berapa dalam sumber air di area rumah kamu. Kedalaman permukaan air ini akan mempengaruhi kekuatan mesin pompa yang dibutuhkan.

Anda bisa mengukurnya sendiri menggunakan benang dan paku. Jika tidak yakin, mintalah bantuan tukang yang akan memasang pompa untuk mengukur kedalaman permukaan air sebelum Anda membeli pompa.

Contoh, kedalaman air 7-9 meter akan membutuhkan pompa jenis semi jet-pump. Sedangkan, kedalaman 20 meter lebih cocok dengan pompa jet-pump.

Apabila kedalaman sumber air adalah di atas 30 meter, maka kebutuhannya sudah menggunakan pompa jenis Pompa Sumur Dalam atau biasanya disebut Pompa Submersible Deepwell.

 

2. Memilih Pompa Air Berdasarkan Voltase Pompa

Mesin pompa air punya voltase berbeda. Sesuaikan kapasitas listrik di rumah Anda dengan voltase pompa air yang akan dibeli. Hindari memilih voltase pompa yang terlalu rendah karena berisiko aliran debit air kurang maksimal.

Kekuatan mesin pompa semakin besar maka semakin tinggi jumlah voltasenya. Pompa jet-pump umumnya mempunyai voltase 220V-230V dengan daya 250 sampai 750 watt dalam kondisi stabil. Pompa industri pada umumnya memiliki voltase 380-400 V dengan daya di atas 1500 watt.

 

 3. Memeriksa Kualitas Pompa Air Sebelum Membeli

Kualitas pompa air dipengaruhi dari material dan komponen yang digunakan. Tiap jenis pompa air juga punya keunggulan masing-masing sesuai dengan jenis, merek dan harganya.

Sebaiknya, Anda memilih pompa yang menggunakan stainless steel di bagian impeller agar lebih awet dan tidak mudah patah. Bahan tembaga untuk bagian lilitan motor cenderung lebih awet dan tidak mudah panas.

 

4. Memilih Pompa Air yang Tidak Bising

Banyak jenis pompa air di pasaran. Pompa air berkualitas baik biasanya ditandai dengan mesin yang tidak bising ketika digunakan. Selain itu, mesin pompa yang tidak bising akan membuat Anda lebih nyaman. Jika suara mesin pompa terlalu bising bisa jadi ada kerusakan komponen, tanyakan pada pihak penjual agar lebih jelas.

 

5. Sesuaikan Budget Anda

Ini mempengaruhi merk apa yang akan dibeli. Patokan pada point di atas dapat dikatakan sama untuk semua merk, sehingga pompa air berdaya sama tetapi berharga lebih mahal, tidak berarti memiliki daya hisap yang lebih baik.

Perbedaan harga pada masing-masing merk, lebih pada kualitas dari lilitan motor, yang mempengaruhi panjang pendek umur pompa, kualitas bahan, komponen motor dan elektronik dan juga layanan purna jualnya. Dari sekian banyak merek pompa air, pompa air Pedrollo adalah yang terbaik saat ini.

Pompa air Pedrollo merupakan merk pompa asli dari Italia. Sejak berdirinya pada tahun 1974, hingga saat ini sudah 40 tahun pedrollo terus mengembangkan produknya menjadi produk yang terjamin. Sudah selama 40 tahun Pedrollo membuktikan ketangguhannya.

Pompa air ini mencakup pompa air rumah tangga maupun pompa air industri. Pompa Air Pedrollo menyediakan mulai dari pompa rumah tangga kecil, pompa semi jet pump, pompa jet pump sumur dalam, pompa submersible untuk sumur dalam, pompa submersible atau pompa celup untuk air bersih maupun air kotor, dan pompa sentrifugal.

Pompa Air Pedrollo memiliki kualitas terjamin karena masih diproduksi di Italia, sehingga masih menetapkan standard internasional. Di samping itu, Anda akan mendapat garansi bila di distributor Pompa Air Pedrollo.

Untuk mendapatkan Pompa Air Pedrollo, Anda dapat membelinya di Osmomarina.com. Osmo Marina merupakan partner dan distributor resmi Pompa Air Pedrollo, juga berbagai merek pompa air ternama di dunia.

Berdiri sejak 2014, reputasi Osmo Marina di dunia pompa air Indonesia yang baik membuat banyak proyek perumahan, perkantoran ataupun pabrik yang mempercayakan proyek pompa airnya.

Itulah tips memilih pompa air yang tepat untuk kebutuhan Anda. Anda bisa mendapatkan Pompa Air Pedrollo yang sesuai dengan kebutuhan air di rumah ataupun industri.

Cari referensi merek pompa di internet atau minta rekomendasi dari konsultan atau rekanan yang berpengalaman, untuk menentukan pompa air terbaik.

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

KOTA TANGERANG
Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Jumat, 19 April 2024 | 18:40

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang mengimbau para pendatang yang ingin menetap di Kota Tangerang agar segera mengurus administrasi kependudukannya.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill