Connect With Us

IRT Mendulang Cuan dari Bisnis Kue dan Parsel di Tangerang

Nur Fitriani | Kamis, 27 Oktober 2022 | 09:15

Lia Putro, pemilik usaha dapurAmih di Tangerang. (dok pribadi / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-Seorang wanita yang sudah menjadi istri kemudian menjadi ibu rumah tangga (IRT), bukan berarti tidak bisa mendapatkan penghasilan tambahan. 

Karena pada kenyataannya, banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan ibu rumah tangga tanpa harus meninggalkan rumah dan kewajibannya. 

Bisnis bagi beberapa ibu rumah tangga dapat dilakukan untuk menyalurkan hobi maupun mengisi waktu luang, karena pekerjaan utama mereka tetaplah mengurus anak-anak dan suami. 

Akan tetapi dengan menjalankan bisnis yang dianggap sebagai pekerjaan sampingan tersebut, tidak sedikit pula ibu-ibu rumah tangga yang akhirnya menjadi sukses.

Itulah yang dilakukan Lia Putro, pemilik usaha dapurAmih di Tangerang. Ibu dua anak ini mendulang cuan dari bisnis kue dan parsel yang dijalaninya di sela-sela kesibukannya sebagai IRT.

"Awalnya saya dari Bogor terus pindah ke Tangerang, karena ikut suami tugasnya di sini. Karena pindahan enggak tahu beli makanan yang enak di mana, akhirnya sering bereksperimen di dapur,” kata Lia kepada TangerangNews, Kamis, 27 Oktober 2022.

Baca juga: Peringati Hari Jadi ke-24 di SMS Tangerang, Herbalife Tawarkan Milenial Peluang Usaha

Wanita berhijab yang akrab disapa Amih Attar ini kemudian membuat kue, lalu dibagikan kepada tetangganya. Ia pun mendapatkan respons baik dan positif dari tetangganya yang mencicipi kuenya.

“Alhamdulillah, dari situ banyak yang minta open pre order,” jelas Lia.

Karena Lia sering mendapatkan pesanan, dengan modal yang cukup, keyakinan dan tekad yang besar. Sedikit demi sedikit dan perlahan, mampu mengantarkan Lia untuk memulai usaha.

Lia berani mencoba meskipun ada tetangga yang memesan kue yang belum pernah ia buat sebelumnya. Menurutnya, proses yang dia dapat tidak mudah sering mengalami trial and error, tetapi konsumen tetap menyukainya.

“Alhamdulillah respons mereka selalu positif. Dari situlah yang menguatkan dan membuat saya yakin untuk bisa terus jualan kue sampai sekarang,” ujarnya.

Dapur Amih yang beralamatkan di Cluster Udayana, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, kini sudah berjalan lima tahun, dukungan dari keluarga dan konsumen yang setia dengan citarasa kue buatannya. 

Dengan modal smartphone dan sosial media yang membuat usaha ini semakin sukses dan dikenal. Meskipun ada kendala terkait kru dapurnya, Lia harus benar-benar memilih calon karyawannya yang sanggup mengikuti prosedur yang ia miliki. 

Saat banyak pesanan yang masuk dan Lia tidak sanggup mengerjakannya sendiri, dia berinisiatif mengajak tetangga untuk membantunya. Sekarang Lia patut bersyukur karena saat ini usahanya sudah terbantu oleh satu orang karyawan lepas.

Wanita lulusan salah satu institut di Bogor ini dulunya mengambil jurusan pangan dan gizi. Ilmu memasaknya ini didapat secara otodidak karena sering mencoba membuat kue dan menjual produk yang jarang ada ditemui di tempat lain.

Lihat juga: Pamerkan Produk di Trade Expo Indonesia 2022, Kota Tangerang Siap Ramaikan Pasar Global

Lia memilih berbisnis makanan karena mengingat pesan yang disampaikan salah satu dosennya, "bahwa berbisnis di dunia pangan, tidak akan pernah ada matinya. Sebab setiap orang selalu membutuhkan makanan, asalkan dapat terus berinovasi sehingga usahanya dapat berkembang".

Meskipun banyak yang memasarkan makanan dan kue yang sama dengannya, Lia mencoba untuk mengembangkan usahanya lagi dengan menerima paket hantaran parsel.

“Alhamdulillah, sampai saat ini Allah berikan kemudahan untuk memasarkan produk saya,” ungkap Lia.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

HIBURAN
Jadwal Nonton dan Harga Tiket Film Siksa Kubur di Bioskop Tangerang Kamis 11 April 2024

Jadwal Nonton dan Harga Tiket Film Siksa Kubur di Bioskop Tangerang Kamis 11 April 2024

Kamis, 11 April 2024 | 06:53

Sutradara kawakan Joko Anwar mengeluarkan karya ke-10 dalam penyutradaraannya bertajuk "Siksa Kubur".

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill