Connect With Us

Oktoberfest 2011 di SMS, Pertemukan Warga Jerman

| Minggu, 30 Oktober 2011 | 16:37

Oktoberfest 2011. (tangerangnews / dira)


TANGERANG-Ada yang berbeda malam itu di Summarecon Mal Serpong (SMS) tahap dua, Gading Serpong, Kabupaten Tangerang. Tepatnya di panggung Broadway, sisi pintu selatan SMS. Di sana tampak perbedaan itu terlihat dengan maraknya warga Negara asing yang tertawa lepas berkumpul bersama dengan meminum bir dan makan hotdog.

Belakangan diketahui, pengelola SMS rupanya sedang menggelar perayaan Oktoberfest 2011, Oktoberfest merupakan tradisi pesta rakyat tahunan kebudayaan khas bangsa Jerman dalam merayakan pesta hasil panen.

Oktoberfest adalah festival dua-mingguan yang diadakan setiap tahun di Munchen, Bayern, Jerman pada akhir September dan awal Oktober . Festival ini merupakan salah satu acara paling terkenal di kota Muenchen dan juga merupakan festival terbesar di dunia dengan sekitar enam juta pengunjung setiap tahunnya.

Kota-kota lain di dunia juga mengadakan festival-festival dengan menggunakan festival di München ini sebagai model, bahkan menggunakan juga nama Oktoberfest.
Di SMS, perayaan ini tidak jauh berbeda, setiap tahun SMS mengadakannya pada setiap bulan Oktober. “Perbedaan tahun ini dengan tahun sebelumnya, kali ini Oktoberfest bertepatan dengan acara opening SMS tahap dua,” ujar Direktur PT Summarecon Agung Tbk, Soegiyanto Nagaria, Sabtu (29/10).

Oktoberfest ini digelar pada 28 dan 29 Oktober 2011. Selama dua hari itu pengunjung merasakan seperti benar-benar merayakan Oktoberfest di Negeri asalnya Jerman. Selain pengunjung lokal banyak pula para ekspatriat khususnya warga Jerman yang menetap di wilayah Serpong dan sekitarnya.

Selain dapat menikmati Bir dan Hotdog sepuasnya yang merupakan ciri khas dari perayaan Oktoberfest, para pengunjung tampak terhibur dengan berbagai acara khas Jerman seperti penampilan music dan penampilan tarian tradisional Bavarian yang sangat internaktif yang dibawakan oleh Children German Folk Dances yang merupakan para pelajar dari DIS (Deutshce Internationale Schule) dan Swiss German University (SGU).

“Ini merupakan ke lima kalinya kami menggelar Oktoberfest sejak SMS ini dibangun. Respons baik selalu kami terima dari penyelenggaraan Oktoberfest. Sebab, tidak sedikit para ekspatriat yang dipertemukan tanpa sengaja di acara ini,” katanya.

Selain ekspatriat sejumlah warga lokal dan mahasiswa hadir di sana. Salah satunya adalah seorang mahasiswi SGU fakultas Information Technology, Michele. Dia datang bersama empat orang temannya yang berasal dari perguruan tinggi yang sama.

“Asik banget, apalagi kami semester depan akan berada di Jerman untuk magang. Ya hitung-hitung mulai belajar,” ujar Michele yang malam itu mengenakan baju layaknya wanita Jerman, dengan baju terusan dan ada clemek di bagian depannya. Positifnya acara tersebut, menurut Michele para mahasiswa yang berasal dari seluruh jurusan dan perguruan tinggi yang berbeda juga turut hadir. Menurutnya ini akan membuat dirinya terus mengembangkan kemampuan diri dengan saling bertukar pengalaman. (DRA)


TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

MANCANEGARA
Sukses Siapkan SPKLU di Jalur Mudik Lebaran 2024. PLN Banjir Apresiasi

Sukses Siapkan SPKLU di Jalur Mudik Lebaran 2024. PLN Banjir Apresiasi

Senin, 22 April 2024 | 10:02

Kehadiran 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero) selama masa mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriah dinilai sangat membantu para pemudik, khususnya pengguna kendaraan listrik.

SPORT
Cetak Atlet Kelas Dunia, PLN Gelar Kejuaraan Voli

Cetak Atlet Kelas Dunia, PLN Gelar Kejuaraan Voli

Selasa, 23 April 2024 | 14:52

PT PLN (Persero) menggelar ajang PLN Mobile Proliga 2024, yakni turnamen voli profesional yang diharapkan akan mencetak atlet-atlet voli Indonesia berkelas dunia.

NASIONAL
Target Capai NZE 2060, Periklindo dan PLN Gelar Pameran Kendaraan Listrik di Jakarta

Target Capai NZE 2060, Periklindo dan PLN Gelar Pameran Kendaraan Listrik di Jakarta

Selasa, 23 April 2024 | 18:43

PT PLN (Persero) sepenuhnya mendukung Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 untuk memperkuat kolaborasi dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill