Connect With Us

Dari Hutan hingga ke Pantai Tangerang

EYD | Jumat, 21 Agustus 2015 | 11:12

hutan kota (Reuters / ist)

TANGERANG-Bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan di Kota Tangerang, berikut ini beberapa alternatif tempat wisata populer dan menarik serta sebagian bisa dikatakan sebagai obyek baru sebagai sarana rekreasi.

Wilayah ini merupakan “kota tetangga” dan menopang ibu kota Jakarta. Jadi, sangat lazim siapapun yang mencoba berwisata di ibu kota biasanya juga mengunjungi Tangerang untuk melihat keindahan kota yang jaraknya kurang dari 30 km. Apa saja keindahan yang ditawarkan? Berikut ulasannya untuk Anda.

Ocean Park BSD.

Theme park baru yang sangat lengkap berada di Tangerang Selatan (Serpong, perumahan BSD) ini merupakan sarana rekreasi bagi masyarakat sekitar maupun wisatawan dari luar kota. Puluhan wahana adventure di kolam renang tematik ini mampu menyihir dan menawarkan keseruan yang maksimal bagi pengunjung. Kolam ombaknya yang bergulung hingga mencapai ketinggian tiga meter merupakan sensasi menegangkan bagi anda yang berenang dengan pelampung. Ombak yang terjadi di setting pada waktu tertentu secara rutin. Jika tertarik berkunjung ke sini, biaya tiket masuk hanya sebesar 70 ribu rupiah. Jika anda pernah mengunjungi new kuta Green Park yang menjadi tempat wisata baru di Bali, maka suasana tempat ini bisa dikatakan sama, terutama teknologi dan luas areanya.

Situ Cipondoh

Tempat wisata keluarga yang berada di pusat kota tangerang ini lokasinya di Jalan KH. Hasyim Ashari. Pada bagian timur danau ini tersedia berbagai permainan anak-anak, seperti ayunan, perosotan, dan kereta mini. Di sini pengunjung dilarang mandi di danau, anak-anak tetap bisa bermain dengan air, seperti sepeda air, perahu, dan “bebek genjot” serta petualangan menyenangkan dan seru yang disebut flying fox. Pengunjung juga bisa memancing atau menjelajah Situ Cipondoh dengan perahu. Pengunjung bisa naik perahu dengan harga tiket Rp. 5.000 (anak-anak)-Rp. 25.000 (orang dewasa) per orang.

Hutan Kota BSD 1 & 2

Berupa hutan buatan yang dikelola oleh perumahan BSD yang berada di dua lokasi. Hutan pertama berada di dekat Ocean Park sedangkan yang kedua berada di taman Tekno yaitu pada jalur menuju Parung, Bogor. Pada kawasan pertama, vegetasi yang tersedia tertutup rapat sehingga seolah kita berada di dalam hutan rimba lebat. di tempat rekreasi ini terdapat salah satu joging track terpanjang di Tangerang yang sering digunakan oleh pengunjung untuk berolah raga bersama keluarga. Sedangkan di lokasi kedua kombinasi hutan dengan sungai yang cukup indah dan sering digunakan sebagai obyek fotografi. Suasana obyek kedua ini akan mengingatkan anda kepada hutan lindung sungai Wain yang merupakan tempat wisata populer di Balikpapan.

Pantai Tanjung Pasir

Lokasinya di bagian utara kota Tangerang. Tempat wisata indah ini dapat di tempuh kurang dari 45 menit atau sekitar 25 km dari pusat kota. Pantai Tanjung Pasir memberikan suguhan menarik yaitu sambil bermain di air, sesekali melihat pesawat take off dan landing. Dari wilayah ini, anda juga bisa menyebrang ke kepulaun Seribu. Pulau Untung Jawa adalah yang terdekat dan terlihat sangat jelas dari Tanjung Pasir ini. Biasanya wisatawan datang ke pulau tersebut untuk menikmati kuliner seafood yang dijual murah di pesisirnya.

Pantai Tanjung Kait

Aktivitas wisata unggulan pantai Tanjung Kait yaitu: menikmati hidangan laut bersama keluarga di atas rumah makan terapung sambil memandang aktivitas nelayan di sekitar pantai termasuk menawarkan kegiatan memancing di atas bagan (gubuk tempat mancing) atau perahu. Aktivitas lain yang biasa dilakukan adalah menyewa perahu untuk keliling kawasan Pantai Tanjung Kait ataupun menyeberang ke Pulau Untung Jawa (Kepulauan Seribu). Lokasinya memang cukup dekat dengan Tanjung Pasir Tangerang.

Water World Citra Raya

Berupa wahana water adventure dengan aneka fitur hiburan telah hadir di tengah pemukiman terbesar di Cikupa, Tangerang Barat. Tempat wisata ini menjanjikan hiburan dan sarana rekreasi yang nyaman dan menarik, untuk menikmati kesenangan tak terbatas. Water world Citra ini memang tidak terlalu besar dan suasananya sangat mirip dengan Atlantic Dreamland yang merupakan andalan pariwisata di Salatiga. Ukuran dan fasilitas kedua tempat ini memang tidak berbeda.

Bendungan Air Pintu Sepuluh

Untuk mencapai Bendungan ini, kita harus melewati jembatan yang melintang di atas Sungai Cisadane, dan lalu belok ke kanan. Bendungan ada di pojok kanan pada jalan yang berkelok ke arah kiri. Sungai Cisadane adalah salah satu sungai utama yang mengalir melewati Propinsi Banten dan Jawa Barat, merentang sepanjang 80 Km. Sumber air Cisadane berawal dari Gunung Salak-Pangrango di Kabupaten Bogor, dan mengalir ke Laut Jawa melalui Tangerang. Aktifitas wisata yang sering dilakukan di tempat ini adalah memancing dan fotografi.

Kawasan Lippo Karawaci

Tempat belanja modern yang disuguhkan oleh group Lippo ini sangat memikat terutama menjelang malam hari. Kawasan eksotis di Tangerang ini, banyak yang menyebutkannya sebagai versi mini Orchard road, yang merupakan surga belanja di Singapura. Gedung apartemen, kampus, perkantoran dan Condominium yang menjulang di sela-sela pepohonan rimbun yang menjadikan obyek ini cukup sejuk. Jika menjelang malam, resto-resto dengan ribuan lampu LED siap menyambut kedatangan anda, dengan suasana open air yang sangat menarik. Jika anda naik ke lantai atas salah satu gedung, maka pemandangan lampu-lampu yang romantis seperti di bukit Moko Bandung dapat anda temukan. Foto di bawah ini merupakan bukti keindahannya.

Kawasan Gading Serpong

Pusat perbelanjaan megah (Mall SMS) dan kuliner super lengkap disediakan di tempat wisata yang modern di Tangerang ini. Bahkan obyek terbaru bernama SDC merupakan lokasi yang asyik bagi pecinta gadget dan teknologi. Akses yang cukup mudah dari Tol Kebun Jeruk menjadikan kawasan ini sangat ramai dan cenderung macet saat akhir pekan dan hari libur. Dua perumahan mewah yaitu Summarecon dan Paramount menjadikan tempat bergengsi ini bukan sekedar pemukiman saja, melainkan juga memikirkan sarana rekreasi modern bagi pengunjung. Tahukah anda, bahwa kantor pusat Portal Wisatania terletak di jantung Gading Serpong ini?

Flavor Bliss Alam Sutera

Kawasan ini juga memiliki basic sebagai perumahan mewah yang memberikan sarana rekreasi super lengkap. Selain mall megah @alam Sutera, di sini juga tersedia pusat kuliner lengkap yang bernama flavor Bliss. Resto-resto yang menyajikan masakan lezat baik makanan lokal maupun internasional ini menjadi kunjungan wisata kuliner utama warga Tangerang. Tempat menarik ini bahkan tidak pernah “tertidur” saat akhir pekan.

TagsHiburan
TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill