Connect With Us

Supermall Karawaci Tangerang Gelar Simulasi Bencana

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 15 Desember 2015 | 20:00

| Dibaca : 2848

Simulasi penanganan pertama huru hara oleh security mall (tangerangnews.com / Rangga A. Zuliansyah)

TANGERANG - Supermall Karawaci, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, melakukan simulasi evakuasi bencana sebagai bagian dari proses waspada terhadap bencana yang bisa terjadi kapan saja, Selasa (15/12).

 

Simulasi dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB, tanpa memberi tahu pengunjung dan pegawai tenant Mall. Ada pun simulasi dibagi tiga sesi, pertama adalah adanya ancaman bom dari orang tak dikenal yang diterima oleh resepsionis.

 

Ancaman tersebut ditindak lanjuti dengan melakukan pencarian oleh security hingga mengidentifikasi adanya benda mencurigakan diduga bom. Temuan itu lalu dilaporkan ke polisi untuk diamanakan.

 

Sesi kedua adalah penanganan kebakaran yang terjadi di area parkir dan di atap gedung. Untuk yang di area parkir, petugas melakukan pemadaman dengan mobil pemadam kebakaran. Sedangkan yang di atap, selain harus memadamkan api, petugas harus mengevakuasi korban dengas cara menuruni dinding gedung setinggi 10 meter menggunakan tali katrol yang telah dipersiapkan.

 

Ketika kebakaran sudah mulai tidak terkendali, petugas lalu melakukan evakuasi kepada para pengunjung dan pegawai tenant mall melalui jalur evakuasi hingga berkumpul di tempat yang aman.

 

Selanjutnya sesi ketiga, adalah penanganan pertama huru hara oleh security mall sebelum polisi datang. Puluhan masa yang hendak menjarah mall dihadapi oleh security yang dilengkapi dengan body protector serta tameng. Setelah sempat bentrok selama bebeapa menit, akhirnya masa bisa dikendalikan dan sejumlah provokator diamankan.

 

Managing Director Supermal Karawaci Heru Nasution mengatakan, simulasi bencana ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun dalam rangka pencegahan dan juga penanganan.

 

"Kita lakukan ini karena melihat pengalaman tahun 1998 yang sangat pahit dimana saat itu krisis moneter dan Supermall Karawaci jadi korban yang paling parah dijarah. 100 persen habis dalam waktu 3 hari saja," katanya.

 

Sementara Deputy Operation GM Supermall Karawaci Firmansyah mengatakan, dalam simulasi ini pihaknya benar-benar harus bertindak cepat karena di dalam Mall terdapat 7000 ribu pegawai tenant dan setiap harinya ada 30-40 ribu pengunjung.

 

"Tadi evakuasi berjalan 10 menit, kita tidak mau lama agar tidak ada banyak korban. Sebenarnya kita tetapkan standar maksimal 5 menit gedung harus kondisi kosong, tapi dalam praktek nyata pastinya akan terjadi kepanikan yang memnuat evakuasi lebih lama," jelasnya.

HIBURAN
Pekik Rabu Pagi Enigma di Jalan Gading Serpong

Pekik Rabu Pagi Enigma di Jalan Gading Serpong

Rabu, 29 Januari 2020 | 11:00

TANGERANGNEWS.com-Pekik kurang lebih sekitar 10 pemuda langsung memecah kesunyian malam di Jalan Boulevard Raya Gading Serpong, Gading Serpong, Serpong Utara, Kabupaten Tangerang pada Rabu (29/01/2020) sekitar pukul 02.30 WIB.

TOKOH
Mau Jadi Pengusaha Muda di Tangerang? Ini Tipsnya

Mau Jadi Pengusaha Muda di Tangerang? Ini Tipsnya

Rabu, 26 Februari 2020 | 15:38

TANGERANGNEWS.com-Memulai sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Bisnis kecil yang memiliki sumber daya terbatas, akan menjadi lebih sulit

KAB. TANGERANG
Edukasi Warga Soal COVID-19, Alumni GMNI Tangerang Turun ke Jalan

Edukasi Warga Soal COVID-19, Alumni GMNI Tangerang Turun ke Jalan

Minggu, 29 Maret 2020 | 21:37

TANGERANGNEWS.com-Pengurus Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA-GMNI) Cabang Kabupaten Tangerang mengedukasi bahaya virus Corona (COVID-19) di wilayah Kecamatan Tigaraksa, Minggu (29/03/2020)

PROPERTI
Pengamat Nilai Ada Celah Pada Pergub Bagi Penghuni Nakal  

Pengamat Nilai Ada Celah Pada Pergub Bagi Penghuni Nakal  

Jumat, 13 Maret 2020 | 21:57

“Untuk alasan pembatasan atau pemutusan fasilitas, itu sangat luas dan dapat dimanfaatkan oleh penghuni yang memang berniat untuk tidak membayar, karena tahu ada larangan mengenai pemutusan fasilitas dasar,” ujar Eddy, Jumat (13/3/2020).

"Kuatkan dirimu, karena semuanya akan menjadi lebih baik. Mungkin sekarang segala prahara menerpa, tetapi percayalah badai pasti berlalu"

Haile