Connect With Us

7 Alat Musik Tradisional yang Dimainkan dengan Cara Dipukul

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 5 Oktober 2022 | 09:21

Alat musik tradisional Tifa. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Alat musik tradisional merupakan alat musik yang dibuat dan dikembangkan secara turun temurun di suatu daerah. Salah satu jenis alat musik ini yang cukup dikenal dan diminati oleh masyarakat Indonesia adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul.

Memainkan alat musik pukul menjadi kegiatan positif untuk mengisi waktu luang. Selain membuat suasana menjadi lebih gembira, bermain alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul juga menjadi cara melestarikan budaya yang mudah dilakukan.

Tahukah Sobat Shopee apa saja alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul? Simak penjelasannya di bawah ini:

 

1.  Tifa

Sobat Shopee pasti tidak asing lagi dengan nama tifa, bukan? Alat musik khas dari daerah Timur Indonesia, khususnya Maluku dan Papua ini berbentuk layaknya tabung panjang dengan salah satu bagian ujungnya yang dilapisi dengan kulit rusa.

Alat musik ini biasanya digunakan sebagai pengiring tarian tradisional maupun upacara adat. Cara memainkannya juga cukup mudah, yakni hanya dipukul dengan tangan mengikuti irama yang sedang berlangsung. 

 

2.  Bonang

Dalam susunan gamelan, dikenal salah satu alat musik pukul yang bernama bonang. Alat musik yang berbentuk seperti gong dengan ukuran yang lebih kecil ini, biasanya dibuat dari bahan besi, kuningan, ataupun perunggu.

Ada dua jenis bonang, yaitu bonang penerus dan bonang barung. Perbedaannya ada pada nada ketika dibunyikan, dimana bonang penerus akan menghasilkan nada lebih tinggi. Namun, ketika dimainkan bersama, keduanya akan menghasilkan harmonisasi yang indah.  

 

3.  Rindik

Apakah Sobat Shopee pernah mendengar alat musik rindik? Rindik adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul dari Bali. Berbeda dengan tifa yang dipukul menggunakan tangan, rindik dipukul dengan menggunakan tabuh atau alat pemukulnya.

Alat musik khas Pulau Dewata ini dibuat dari potongan bambu yang disusun dengan jarak tertentu untuk membuat nada yang padu. Alat musik ini dulunya digunakan untuk mengiringi tari Joged Bumbung, namun kini mulai digunakan untuk iringan musik pada festival budaya.

 

4.  Canang

Selain bonang, alat musik pukul yang berbentuk seperti gong berukuran kecil lainnya adalah canang. Alat musik khas dari Aceh ini dapat menghasilkan suara yang tidak terlalu tinggi, namun juga tidak terlalu rendah. Oleh karena itu, dikategorikan sebagai gong medium. 

Dalam budaya Aceh, canang digunakan sebagai pengiring tarian tradisional Aceh maupun dalam acara pernikahan. Namun, canang juga banyak digunakan sebagai hiburan oleh para perempuan yang sedang berkumpul. 

 

5.  Kolintang

Selanjutnya adalah alat musik tradisional dari Minahasa, Sulawesi Utara yang dikenal dengan nama Kolintang. Alat musik yang terbuat dari potongan kayu ini dimainkan dengan cara dipukul untuk mengiringi upacara adat maupun tari-tarian dan nyanyian daerah.

 

6.  Calung

Calung merupakan alat musik yang berasal dari daerah Banyumas. Terbuat dari bambu hitam (awi wulung) atau bambu hijau (awi temen), calung dimainkan dengan cara dipukul pada bagian ruas bambunya yang sudah disusun sesuai dengan tangga nada. 

 

7.  Gendang

Terakhir, alat musik tradisional Indonesia yang masih banyak digunakan hingga kini adalah gendang. Terbuat dari kulit binatang yang direntangkan pada tabung kayu, alat musik ini bisa menimbulkan suara berbeda ketika dipukul atau ditabuh pada bagian tepi atau tengah.

 

Gunakan Cashback untuk Membeli Alat Musik Tradisional

Saat memutuskan membeli sesuatu melalui aplikasi Shopee, jangan lupa untuk memakai voucher cashback yang tersedia, ya. Dengan memakai voucher cashback tersebut, Sobat Shopee bisa mendapatkan sejumlah koin yang bisa digunakan untuk transaksi selanjutnya.

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Cukup buka menu Gratis Ongkir dan Voucher yang ada pada halaman utama aplikasi. Kemudian pilih Voucher Cashback dan tekan Klaim. Setelah muncul tulisan Pakai, Kamu sudah bisa menggunakannya untuk bertransaksi.

Kamu bisa menggunakan voucher cashback tersebut untuk membeli berbagai barang, termasuk produk salah satu alat musik tradisional yang sudah dijelaskan di atas. Kamu bisa menggunakan mulai dari cashback 10% sampai dengan Rp20 ribu hingga cashback 3% sampai dengan Rp1 juta, loh.

 

Beli Berbagai Alat Musik Tradisional di Shopee

Itulah 7 daftar alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul. Dari ketujuh daftar tersebut, adalah salah satu yang menarik perhatianmu? 

Nah, semua alat musik yang sudah dijelaskan di atas bisa Kamu dapatkan melalui aplikasi Shopee, loh. Tidak hanya alat musik pukul, Shopee juga menyediakan berbagai jenis alat musik lainnya, seperti alat musik tiup, alat musik gesek, hingga alat musik modern terbaru.

Platform jual beli terbaik di Indonesia ini juga menyediakan berbagai metode pembayaran cashless untuk mempermudah aktivitas belanjamu. Mulai dari transfer bank, virtual account, Shopee Pay, Shopee PayLater, hingga bayar di rumah dengan fitur Shopee COD. 

Tunggu apalagi? Yuk, belanja di Shopee. Temukan barang yang Kamu cari dengan mudah dan mulailah bertransaksi di Shopee. Jangan lupa gunakan promo Shopee gratis ongkir, promosi diskon dan berbagai voucher cashback yang tersedia agar mendapat harga murah.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

KOTA TANGERANG
Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Jumat, 19 April 2024 | 09:51

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berencana melakukan penataan terhadap Pasar Sipon, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill