Connect With Us

Tangerang Barat diuji kelayakannya untuk Mekar

| Senin, 5 November 2012 | 19:37

Peta Kabupaten Tangerang. (tangerangnews / ist)


TANGERANG
-Wilayah Kabupaten Tangerang bagian barat, atau kini disebut Tangerang Barat diwacanakan akan berpisah atau mekar seperti Kota Tangerang Selatan.  
 
Tekait rencana pemekaran Tangerang Barat  itu menujukkan hasil signifikan. Penilaian kelayakan pemekaran Tangerang Barat,  akan selesai dilakukan akhir Desember mendatang.
Ketua Tim Percepatan Pemekaran Daerah (TP2D) Tangerang Barat, Isbandi mengungkapkan, pihaknya mendapat atas sinyal positif dri Pemerintah Kabupaten Tangerang terkait pemekaran itu. 
 
Melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Rencananya ada 9 kecamatan yang masuk dalam pemekaran Tangbar.
 
"Sinyal positif itu antara lain dengan dibentuknya tim kajian independen yang ditugaskan Bappeda,"ujarnya, kepada wartawan Senin (5/10).
 
Ekspose perdana hasil kajian oleh tim independen sudah dilakukan beberapa pekan lalu di kantor Bappeda. Dalam kegiatan itu juga hadir tim pengkajian, seluruh camat se Kabupaten Tangerang dan TP2D.
 
"Kami melihat langkah ini positif bagi percepatan pemekaran Tangerang Barat,”ucapnya.
 
Selanjutnya ekspose hasil kajian tim independen yang dimotori oleh PT Alvis Autama akan dilakukan kembali dan berakhir pada Desember ini. "Dari hasil kajian ini akan diketahui nilai kelayakan Tangerang Barat untuk dimekarkan. Selanjutnya, hasil kajian dari tim independen itu pun akan dibawa secara resmi ke DPRD Kabupaten Tangerang dan ditembuskan ke DPRD Provinsi Banten serta DPR RI untuk menjadi bahan pertimbangan dukungan percepatan pemekaran itu,"katanya.

Dia yakin, Tangerang Barat cukup sesuai undang-undang untuk dimekarkan. Salah satu contohnya, hasil kajian TP2D, apabila Tangerang Barat dimekarkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) perdana daerah ini diperkirakan mencapai Rp30 miliar.
 
"Angka itu lebih besar dibandingkan saat Kota Serang dimekarkan beberapa tahun lalu, yang PAD nya hanya Rp13 miliar,” jelasnya.

Adapun wilayah Tangerang Barat yang nantinya akan masuk Sembilan  kecamatan yakni, Solear, Cisoka, Jayanti, Balaraja, Sukamulya, Kresek, Kronjo, Gunung Kaler dan Mekar Baru.
 "Kecamatan yang akan masuk wilayah Barat  memang memiliki potensi. Yakni potensi pariwisata, industri, pemukiman. Dalam artian akan ada retribusi yang didapat dari potensi tersebut, untuk menggerakkan roda pemerintahan,"tuturnya.
 
Isbandi mencontohkan, Samsat Balaraja pendapatannya mencapai Rp540 miliar/tahun dari pajak yang ditarik.
"Hitung 40 persen saja yang di dapat untuk wilayah, itu sudah bisa dijadikan modal awal penggerakan roda pemerintahan,”imbuhnya.


Tangerang Barat saat ini luas daerahnya  264,9 Km dengan jumlah penduduk 600 ribu jiwa.
Kepadatan penduduk 18,997 jiwa per 1 Km.  Tangerang Barat  nantinya berbatasan dengan Kabupaten Serang, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Tangerang.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill