Connect With Us

Ayah Tiri Perkosa Gadis 7 Tahun, Polisi Enggan Paksa Tersangka

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 3 September 2013 | 16:27

ilustrasi pemerkosaan (kompas / kompas)


TANGERANG-Malang nian nasib gadis bocah berinisial VF, 7,  warga Puri Serpong, Kota Tangerang Selatan sejak ibunya yang bernama Yani Suryani,28, menikah dengan Toto Maryanto sejak lima tahun lalu. 

Ya, bukannya membantu VF untuk mengejar cita-citanya kelak dewasa nanti, Toto malah menghancurkan masa depan VF dengan memperkosanya sejak masih berusia tiga tahun.   Yani pun tidak mengira, bukannya untung yang diraihnya dengan menerima pinangan Toto, justru kerugian yang didapat. 

Meski peristiwa itu sudah dilaporkan ke Unit PPA Polresta Tangerang sejak 9 Agustus 2013. Namun,  hingga kini belum juga dilakukan penahanan terhadap Toto.

Menurut keterangan bibi korban, Santi. Keponakannya tersebut diperkosa sejak umur tiga  tahun, saat keluarga itu  tinggal di Puri Serpong, Tangerang Selatan. Hal itu dilakukan Toto saat istrinya, Yani  pergi mencari nafkah.

"Yani kerja sebagai penjual tiket travel di terminal Lebak Bulus,  dari siang sampai malam. Sementara suaminya jualan pulsa di rumah. Jadi sehari-hari VF bersama ayah tirinya," katanya, saat ditemui di Polresta Tangerang, Selasa (3/9).

Santi mengatakan, selama ini pihak keluarga tidak pernah menyadari hal itu. 

Kecurigaan mulai telihat saat VF mengeluh sakit di kemaluannya saat buang air kecil dan selalu ketakutan ketika bertemu ayahnya.

"Menurut tetangga juga, VF selalu dilarang main sama teman-temannya. Tetangga kadang mendengar VF menjerit-jerit di dalam rumah. Mereka juga tidak tahu, dikiranya karena dipukuli," tambahnya.

Akhirnya, hal itu terungkap pada pada bulan Juli 2013. VF yang kerap mengeluh sakit diperiksa ke dokter. 

Hasilnya mengejutkan, ditemukan luka bekas kekerasan seksual pada kemaluan korban. Pihak keluarga pun menanyakan  kepada VF. Korban pun kemudian mengakui telah diperlakukan bukan seperti anak dengan ayah, dengan cara meniru apa yang pernah diperlakukan Toto kepada dirinya. 

"Lalu pada 9 Agustus kita sekeluarga Toto ke Polresta Tangerang agar hal ini diproses. Tapi sampai sekarang belum ada kejelasan, malah Toto dilepaskan tidak ditahan. Kita sudah empat kali ke Polresta menanyakan perkembangannya," tukasnya.

Sementara Kasat Reskrim Polresta Tangerang Kompol Siswo Yuwono mengatakan, pihaknya belum bisa memproses kasus tersebut. 

Pasalnya, korban  belum bisa dimintai keterangan VF lantaran kondisi psikologinya terganggu. Namun,  pihaknya sudah melihat hasil visum bahwa ada luka robek pada kemaluan koban yang sudah menjadi infeksi.

"Kemarin kita coba periksa, ternyata korban belum bisa menjawab. Selain itu tidak ada saksi yang melihat. Baru hari ini kita bisa periksa korban," katanya.

Siswo juga mengaku,  tidak bisa menahan ayah tiri korban, lantara belum ditetapkan sebagai tersangka. "Status dia masih terlapor. Kita akan mulai memeriksa hari ini, setelah lihat fakta-faktanya baru bisa disimpulkan terlapor bisa dijadikan tersangka atau tidak. Harus ada unsur-unsur yang terpenuhi, kita tidak bisa memaksakan," kata Siswo.
BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

NASIONAL
Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Rabu, 24 April 2024 | 12:17

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029.

TANGSEL
Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Selasa, 23 April 2024 | 15:22

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kabulkan tuntutan warga mengenai pembatalan penutupan Jalan Ray Puspitek yang menghubungkan kawasan Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangsel dengan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill