Connect With Us

Berkunjung ke Desa Pagedangan, Menteri Daerah Tertinggal Bilang Salut

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 9 Januari 2015 | 16:07

Marwan Jafar (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

TANGERANGNEWS.com-Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar berkujung ke Desa Pagedangan, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Jumat (9/1).

Dia datang guna meninjau Desa Mandiri yang telah menerapkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Selain meninjau Desa Binaan yang menjadi proyek percontohan di Kabupaten Tangerang.  Menteri juga meninjau Centra Kuliner dan TPST di desa tersebut.

Marwan mengatakan, pihaknya ingin melihat langsung Desa Mandiri yang telah ditata oleh Bumdes sehingga berhasil meraih peringkat desa terbaik ke delapan tingkat nasional.

"Sebelumnya saya menginstruksikan agar desa-desa membentuk Bumdes untuk peningkatan ekonomi dan penataan lingkungan. Salah satu desa yang sudah membentuk adalah Pagedangan, dan hasilnya sangat baik, saya salut," jelasnya.

Menurutnya peninjauan ini juga sebagai persiapan penggelontoran anggaran Rp1,4 miliar per desa sesuai amanat UU Desa.
Rencananya anggaran ini akan digelontorkan mulai April 2015.

"Penggelontoran dana itu akan dilakukan secara bertahap. Setiap Kabupaten sudah diplot untuk mendapatkan dana sesuai dengan kriterianya masing-masing. Untuk tahun ini tidak banyak, sekitar Rp240 juta per desa, karena ini sifatnya tambahan," kata Marwan.

Dirinya menyadari bahwa dana tersebut tidak banyak. Namun, kata dia,  ini dapat menjadi stimulus agar desa-desa lain membentuk Bumdes.

"Target kedepan, kita akan terus dorong agar desa-desa lain membentuk Bumdes supaya bisa menggerakan sektor perekonomian," jelasnya.

Sementara Direktur Bumdes Pagedangan Anwar Ardadili mengatakan, pembentukan Bumdes di Desa Pagedangan dilakukan pada tahun 2013. Saat ini sudah ada 100 rumah yang ditata dan juga pembanguna centra kuliner guna pembedayaan ekonomi masyarakat.

"Desa Mandiri yang kita bentuk telah mendapat juara satu ditingkat Provinsi Banten dan meraih peringkat ke delapan desa terbaik se-nasional. Bahkan kita jadi proyek percontohan desa-desa di Kabupaten Tangerang," paparnya. (RAZ)
MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

KAB. TANGERANG
Catat Tanggalnya, KPU Kabupaten Tangerang Buka Pendaftaran PPK dan PPS untuk Pilkada 2024

Catat Tanggalnya, KPU Kabupaten Tangerang Buka Pendaftaran PPK dan PPS untuk Pilkada 2024

Rabu, 24 April 2024 | 19:13

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 29 Kecamatan se-Kabupaten Tangerang untuk Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill