Connect With Us

Berkunjung ke Desa Pagedangan, Menteri Daerah Tertinggal Bilang Salut

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 9 Januari 2015 | 16:07

| Dibaca : 3333

Marwan Jafar (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

TANGERANGNEWS.com-Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar berkujung ke Desa Pagedangan, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Jumat (9/1).

Dia datang guna meninjau Desa Mandiri yang telah menerapkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Selain meninjau Desa Binaan yang menjadi proyek percontohan di Kabupaten Tangerang.  Menteri juga meninjau Centra Kuliner dan TPST di desa tersebut.

Marwan mengatakan, pihaknya ingin melihat langsung Desa Mandiri yang telah ditata oleh Bumdes sehingga berhasil meraih peringkat desa terbaik ke delapan tingkat nasional.

"Sebelumnya saya menginstruksikan agar desa-desa membentuk Bumdes untuk peningkatan ekonomi dan penataan lingkungan. Salah satu desa yang sudah membentuk adalah Pagedangan, dan hasilnya sangat baik, saya salut," jelasnya.

Menurutnya peninjauan ini juga sebagai persiapan penggelontoran anggaran Rp1,4 miliar per desa sesuai amanat UU Desa.
Rencananya anggaran ini akan digelontorkan mulai April 2015.

"Penggelontoran dana itu akan dilakukan secara bertahap. Setiap Kabupaten sudah diplot untuk mendapatkan dana sesuai dengan kriterianya masing-masing. Untuk tahun ini tidak banyak, sekitar Rp240 juta per desa, karena ini sifatnya tambahan," kata Marwan.

Dirinya menyadari bahwa dana tersebut tidak banyak. Namun, kata dia,  ini dapat menjadi stimulus agar desa-desa lain membentuk Bumdes.

"Target kedepan, kita akan terus dorong agar desa-desa lain membentuk Bumdes supaya bisa menggerakan sektor perekonomian," jelasnya.

Sementara Direktur Bumdes Pagedangan Anwar Ardadili mengatakan, pembentukan Bumdes di Desa Pagedangan dilakukan pada tahun 2013. Saat ini sudah ada 100 rumah yang ditata dan juga pembanguna centra kuliner guna pembedayaan ekonomi masyarakat.

"Desa Mandiri yang kita bentuk telah mendapat juara satu ditingkat Provinsi Banten dan meraih peringkat ke delapan desa terbaik se-nasional. Bahkan kita jadi proyek percontohan desa-desa di Kabupaten Tangerang," paparnya. (RAZ)
TANGSEL
Polisi Gadungan Beraksi di Bintaro, Ancam Korban Pakai Airsoft Gun

Polisi Gadungan Beraksi di Bintaro, Ancam Korban Pakai Airsoft Gun

Rabu, 27 Mei 2020 | 16:19

TANGERANGNEWS.com-Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Pondok Aren berhasil menangkap lima pelaku pemerasan yang bermodus polisi gadungan,

BANDARA
Kerumunan di Bandara Soetta, AP II & Batik Air Cuma Dapat Peringatan

Kerumunan di Bandara Soetta, AP II & Batik Air Cuma Dapat Peringatan

Rabu, 20 Mei 2020 | 14:32

TANGERANGNEWS.com–Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan sanksi berupa surat peringatan kepada PT Angkasa Pura (AP) II dan Batik

TOKOH
Didi Kempot Meninggal Dunia di Usia 53 Tahun

Didi Kempot Meninggal Dunia di Usia 53 Tahun

Selasa, 5 Mei 2020 | 11:06

TANGERANGNEWS.com-Penyanyi campursari Didi Kempot meninggal dunia, Selasa (5/5/2020) pagi ini.

KOTA TANGERANG
UMT Beri Potongan Biaya Pendaftaran 1.000 Mahasiswa, Ini Syaratnya

UMT Beri Potongan Biaya Pendaftaran 1.000 Mahasiswa, Ini Syaratnya

Rabu, 27 Mei 2020 | 15:46

TANGERANGNEWS.com–Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) di Cikokol, Kota Tangerang memberikan potongan biaya pendaftaran bagi calon

"Belajar dari hari kemarin, hiduplah untuk hari ini, berharaplah untuk hari esok "

Albert Einstein