Connect With Us

Ini Saran Menteri Agraria Untuk Pembebasan Bandara Soekarno-Hatta

Rangga Agung Zuliansyah, Wahyu | Kamis, 28 Mei 2015 | 17:27

erry Mursyidan Baldan (Istimewa / TangerangNews)

 

TANGERANG-Rencana pembangunan runway 3 Bandara Soekarno - Hatta yang terkendala pembebasan lahan ditanggapi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan.

Dia menyarankan agar PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola Bandara Soekarno - Hatta agar membeli lahan warga dengan harga yang wajar. Tidak lagi menentukan harga dengan NJOP atau sesuka hati.

 “Jangan pernah menganggap lahan mereka itu diberikan kepada kita. Tapi sebaliknya, ketika lahan mereka kita beli, kitapun menetapkan harga yang sesuai dengan harga pasaran. Biar tim apresial yang menentukan,” katanya saat menghadiri acara Ikatan Notaris Indonesia di Novotel Hotel, Tangcity, Kota Tangerang, Kamis (28/5/2015).

Kemudian, ketika harga sudah ditentukan, Angkasa Pura II harus langsung membayarnya. Namun jangan langsung memerintahkan warga untuk pindah. 

“Warga harus dikasih waktu 6 bulan, setelah uang mereka terima. Supaya mereka punya waktu dan uang untuk dapat rumah pengganti. Itu amanat UU no 2/2012,” kata Ferry.

Lahan yang rencananya digunakan untuk membangun runway 3 seluas 1000 hektar itu berada di 10 desa di Kecamatan Teluk naga. 

Pembebasan lahan sudah terbengkalai selama lima tahun. Ferry sendiri mengatakan bahwa ketika pembebasan lahan ditunda-tunda, maka akan menimbulkan masalah yang makin pelik.

Menurutnya terkendalanya pembabasan lahan kerap terjadi karena dalam prosesnya kadang mengabaikan hak masyarakat. Untuk itu, Ferry meminta AP II agar segera membenahi dengan cara benar.

“Ikuti undang-undang. Nggak zaman lagi pembebasan lahan dengan memaksa warga,” katanya.

Pihaknya sendiri akan turun membantu AP II dalam pembebasan lahan tersebut dengan mengidentifikasi status lahan dan melihat kearah mana rencana perluasan bandaranya.

“Kadang kita yang harus straight, jangan sampai ada penumpang gelap dalam proses pengadaan lahan ini. Disini kami hanya mengawal untuk perluasan bandara, kalau yang lain Saya nggak mau,” tukasnya.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

KOTA TANGERANG
Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Jumat, 26 April 2024 | 14:27

Sebanyak 25 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten, yang berlangsung di Kota Tangerang pada8 Juni 2024 mendatang.

SPORT
Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Jumat, 26 April 2024 | 09:21

Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses mencetak sejarah lolos ke semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan, yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat, 26 April 2024, dini hari.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill