Connect With Us

Gunakan Sistem Akutansi Baru, Kota Tangerang Raih WTP Lagi

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 28 Mei 2015 | 18:33

Pemerintah Kota Tangerang mendapat apresiasi dari BPK RI Perwakilan Provinsi selain atas keberhasilan Kota Tangerang dalam mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang kedelapan kalinya. (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)



TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang mendapat apresiasi dari BPK RI Perwakilan Provinsi selain atas keberhasilan Kota Tangerang dalam mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang kedelapan kalinya, BPK RI Perwakilan Provinsi pun mengapresiasi upaya Pemerintah kota Tangerang dalam penerapan akutansi berbasis akrual untuk penyusunan Laporan Keuangan TA 2014. 


Hal ini disampaikan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Banten Sunarto dalam sambutannya pada acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2014 Kabupaten/Kota se Provinsi Banten bertempat di Auditorium BPK RI Perwakilan Provinsi Banten, Jl. Syekh Nawawi Palima Serang, Kamis (28/05).

Wali Kota Tangerang meyampaikan penerapan penyusunan laporan keuangan berbasis akrual ini menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Kota Tangerang ditengah keterbatasan petunjuk teknis dan panduan yang ada.

“Perubahan sitem kas ke akrual ini di Banten hanya ada dua (kota/kabupaten) bahkan di indonesia hanya ada sepuluh yang menjadi pilot project akrual, semoga kota Tangerang bisa mempertahankannya.” tambah Walikota.


Walikota pun mengutarakan terimakasih atas masukan dan bimbingan yang diberikan oleh BPK RI Perwakilan Provinsi kepada Pemerintah Kota Tangerang, dirinya berharap masukan tersebut bisa menjadi bahan evaluasi dalam upaya menerapkan sistem pengelolaan keuangan yang lebih transparan dan akuntabel. “Hambatan kami masih pada pemahaman teman opd terhadap sistem akrual, karena kita baru berjalan satu tahun, satu tahun saja kita sudah berjalan cukup baik (meraih kembali WTP).” Tegas Walikota.


Akhir sambutan Walikota menyampaikan harapannya kepada Kota dan Kabupaten lainnya serta kepada DPRD untuk salin menjalin sinergisitas dalam rangka memberikan laporan keuangan yang bisa kita pertanggungjawabkan kepada masyarakat. “ Tentunya banyak pengalaman dari kota kabupaten lain untuk sama – sama membangun dengan semangat transparansi, dan terimakasih kepada DPRD yang terus mengawal setiap kebijakan kami, yang tentunya demi kemashlahatan warga kita semua.” Pungkas Walikota


Sebagai informasi basis akrual adalah penyandingan pendapatan dan biaya pada periode di saat terjadinya, bukan pencatatan pada saat pendapatan tersebut diterima ataupun biaya tersebut dibayarkan (Cash Basis). Sistem ini merupakan perkembangan dari sistem sebelumnya mulai dari pengeloaan secara manual, berubah menjadi berbasis kas menuju akrual dan untuk TA 2015 ini seluruh kota Kabupaten di Indonesia akan menggunakan sistem akrual.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

KOTA TANGERANG
Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Gubernur Banten

Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Gubernur Banten

Sabtu, 20 April 2024 | 12:47

Sosok Arief R Wismansyah tidak asing lagi bagi warga di provinsi Banten, apalagi di wilayah Tangerang. Kepemimpinannya dalam menahkodai Kota Tangerang dikenal luas publik.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill