Connect With Us

PDAM Tangerang Rugi Rp400 Juta Akibat Pintu Air 10 Jebol

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 30 Juli 2015 | 18:27

Dirut PDAM Tirta Benteng, Kota Tangerang Suyanto (Tengah) (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

 

TANGERANG-Jebolnya Bendungan Pintu Air 10 menyebabkan PDAM tidak bisa memproduksi air bersih dari Sungai Cisadane selama dua hari kemarin. Akibatnya, PDAM mengalam kerugian sekita Rp400 juta.

 

Hal itu dikatakan Direktur PDAM Tirta Benteng (TB) Kota Tangerang Suyanto saat meninjau Pintu Air 10, Kamis (30/7). Menurutnya, setiap hari PDAM memproduksi 32.000 meter kubik air untuk disalurkan kepada 27.000 pelanggan. Akibat jebolnya pintu air 10 sejak Selasa (28/7), PDAM tidak kehilangan 64.000 meter kubik air.

 

"Karena jebolnya pintu air mengurangi debit air Cisadane, sehingga air tidak masuk intake PDAM untuk diproduksi. Jadi dua hari itu kosong. Kita rugi Rp400 juta. Tapi bukan masalah kerugin materinya, melainkan pelayanan kepada masyarakat, apalagi saat ini musim kemarau," tukasnya.

 

Tidak hanya distribusi air ke rumah warga yang terganggu, tapi juga ke Bandara Internasional Soekarno Hatta. Di sana, membutuhkan 8640 meter kubik per harinya. "Distribsi ke bandara tetap, tapi agak berkurang. Ini bisa menjadi masalah Internasional," jelas Suyanto.

 

Sejak kemarin, pihaknya telah berupaya menyedot air baku dari Sungai Cisadane menggunakan bantuan pompa dari kementrian sebanyak tiga unit dan dari Dinas SDA sebanyak dua unit sekarang PDAM, sehingga sudah kembali berproduksi 370 liter per detik. Sehingga saat ini distribusi air kembali normal.

 

"Sudah normal, tapi ada bebrapa wilayah yang jauh yang masih tidak bisa disuply seperti Benda dan Cipondoh. Akhirnya kita suply dengan tiga mobil tanki PDAM dan tiga mobil tangki sewaan dari swasta," ujar Suyanto.

 

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill