Connect With Us

Kabupaten Tangerang Siapkan Pasukan Pengibar Bendera untuk HUT RI ke-70

Denny Bagus Irawan | Rabu, 5 Agustus 2015 | 18:35

Pasukan Pengibar Bendera Yang sedang melakukan pelatihan di lapangan upacara Puspem Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, Rabu (05-08-2015). (Humas Pemkab Tangerang / TangerangNews)


TANGERANG- Persiapan menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-70 pada tanggal 17 agustus 2015 sudah dilaksanakan sejak dari jauh hari sebelumnya. Puluhan pasukan pengibar duplikat bendera pusaka merah putih (Paskibraka) Kabupaten Tangerang telah memasuki formasi latihan kenaikan dan penurunan bendera. Latihan kenaikan bendera di pusatkan di lapangan upacara Puspem Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, Rabu (5/8/15).

Menurut Komandan Latihan Paskibraka Tahun 2015 Tingkat Kabupaten Tangerang Awaludin Amin menjelaskan, pasukan yang ditugaskan saat ini berasal dari anggota Polisi Polresta Tangerang dan Polsek, terdiri dari 50 orang personil dan 50 orang dari unsure pelajar tingkat SMA/SMK/MA yang terpilih dari hasil seleksi di Kabupaten Tangerang.

“50 orang peresonil tersebut terdiri dari satu peleton Polisi Wanita (Polwan) dan dua peleton Polisi laki-laki. Sedangkan dari unsure pelajar tingkat SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Tangerang sebanyak 50 orang,” ujar Awaludin Amin.

Menurut Awaludin saat ini pasukan Polisi telah mulai latihan sejak tanggal 28 Juli 2015, sedangkan dari unsur pelajar tingkat SMA/SMK/MA sudah melaksanakan latihan lebih awal dari pasukan pengibar bendera dari satuan Polisi sejak tanggal 21 Juli 2015.

Latihan yang dilakukan yaitu latihan menaikan dan menurunkan bendera. Kami telah membentuk pasukan, mulai dari pasukan 8 yaitu  pasukan yang bertugas sebagai pengibar bendera merah putih, pasukan 17 pasukan pendamping inti pasukan 8 dan pasukan 45.

Jumlah anggota Paskibraka dari unsur tingkat SMA/SMK/MA  sejumlah 50 orang, terdiri dari 26 pelajar putri dan 24 orang pelajar putra. Para pelajar tersebut diseleksi oleh DinasPemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tangerang, melalui tahapan di mulai dari isi formulir pendaftaran, tes kesehatan, tes tulis, sikap sempurna, prilaku, dan karakter. 

“Dari banyaknya pelajar yang ikut seleksi namun hanya 50 orang yang lulus, salah satu anggota Paskibraka yang lulus seksi dari SMAN I Kabupaten Tangerang,” kata Erdani

Erdani mantan anggota Paskibraka tingkat Kabupaten Tangerang ini melanjutkan, sebelumnya para pelajar yang lulus seleksi terlebih dahulu dilakukan pelatihan. Adapun materinya meliputi teori dan praktik baris berbaris dengan formasi pelaksanaan pengibaran dan penurunan bendera. Materi lainnya yakni public speaking, pengembangan kepribadian, karakter dan motivasi, serta pembinaan budaya.Selain itu, peserta juga diberi materi kepemimpinan, penanggulangan bahaya narkoba, patriotisme dan nasionalisme, serta kebijakan umum pendidikan.

“Bimbingan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan fisik dan mental. Dan memberikan penampilan terbaik saat berlangsungnya upacara bendera tanggal 17 Agustus nanti,” tandasnya.

Erdani juga menerangkan untuk saat ini latihan sudah memasuki persiapan jalur penaikan bendera dan penurunan bendera, seluruh pasukan sudah siap  dan  tinggal pemantapan saja, dalam latihan ini bukan lagi melatih pasukan dalam hal baris berbaris melainkan lebih kepada sikap dan prilaku dan terutama fisik yang memerlukan daya tahan tubuh yang baik dan melakukan latihan ini dengan serius dan konsentrasi.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

HIBURAN
Jadwal Nonton dan Harga Tiket Film Siksa Kubur di Bioskop Tangerang Kamis 11 April 2024

Jadwal Nonton dan Harga Tiket Film Siksa Kubur di Bioskop Tangerang Kamis 11 April 2024

Kamis, 11 April 2024 | 06:53

Sutradara kawakan Joko Anwar mengeluarkan karya ke-10 dalam penyutradaraannya bertajuk "Siksa Kubur".

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill