Connect With Us

SMS Gelar The 2nd Nusacrafts Lifestyle

Denny Bagus Irawan | Kamis, 5 November 2015 | 17:07

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar bersama Ketua ASEPHI Thamrin Bustami (Dira Derby / Tangerangnews)

 

TANGERANG-Summarecon Mal Serpong (SMS) menggelar pameran “Nusacrafts Lifestyleexhibition yang diprakarsai oleh asosiasi dan eksportir Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) sejak 4-15 November 2015. Acara tersebut telah dilakukan untuk yang kedua kalinya.

 

Ketua ASEPHI  Thamrin Bustami mengatakan, acara “The 2nd Nusacrafts Lifestyleexhibition diikuti oleh 50 pengusaha kerajinan UKM dari Yogyakarta, Smarang, Surabaya, Pekalongan, Bandung, Bali, Lombok, Papua, Bekasi, Banten Tasikmalaya, Garut dan DKI Jakarta.

 

Produk yang ditampilkan, menurut dia, tak kalah menarik dengan produk luar negeri, seperti  accessories and jewellery, batik and embroidery, souvenir, gift item, tas, sepatu, sandal, home décor and interior yang berkualitas dengan harga terjangkau.

 

“Kami membalutnya dengan dekorasi booth dan stand yang unik, seperti dari phon kelapa yang dikemas dengan adat Bali dengan kreatif oleh Bina Ripta Utama Organizer sebagai pelaksana pameran yang professional sehingga pameran ini terlihat cantik dan rapi,” ujar Thamrin, seusai pembukaan pameran.

 

Pada opening ceremony yang dibuka oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar itu juga menghadirkan tarian selamat datang Tari Sekar Jagat  dan tari Legong Mesatya dari daerah Bali serta aneka demo unik dan edukatif lainnya seperti demo seni pahat khas Bali, demo seni ukir kayu khas suku Asmat Papua. Tak hanya itu dalam acara tersebut juga ditampilkan demo berbagai produk dari komunitas daur ulang.

 

“Tujuan kami mengadakan ini di pusat perbelanjaan mewah untuk memberikan kesempatan kepada pengusaha kecil dan pengrajin Indonesia untuk menampilkan produk-produk unggulan dari daerah masing-masing,” terang Thamrin.

 

Selain itu, kata Thamrin, hal itu juga berguna untuk memberikan pilihan kepada masyarakat untuk memilih dan mengetahui bahwa produk pengrajin Indonesia tak kalah bersaing hasilnya dengan produk luar negeri.

Mindset masyarakat kita harus kita bawa ke sana (melihat produk Indonesia). Karena sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk membantu pengrajin yang ada di pelosok demi memperkuat perekonomian bangsa,” tuturnya.

Thamrin mengacungi jempol kepada manajemen SMS dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang ikut ambil bagian untuk mengajak masyarakat untuk merubah mindsetnya agar menggunakan produk lokal.   

 

ASEPHI sadar, bahwa harga sewa di mal untuk pengrajin tak mungkin terjangkau jika dibandingkan dengan pengusaha yang menjual produk impor. “Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Pak Bupati lewat dorongannya, dan pihak SMS yang mau memberikan subsidi dalam menyediakan tempat ini untuk kami berpromosi,” ucapnya.

 

General Manager SMS Medy Suteja mengatakan, pihaknya tak akan menyia-nyiakan kesempatan jika ada pamera seperti itu. Sebab, dia menilai produk seperti ini memiliki market pasar tersendiri. Sebenarnya, kata dia, pameran seperti ini sama dengan festival kuliner yang setiap tahun selalu digelar oleh SMS. Terlebih , saat ini mal bukan hanya tempat untuk berbelanja, tetapi juga untuk berbagai aktivitas.

 

“Artinya ini adalah salah satu bagian.  Ini ada yang menantikan, sama seperti festival kuliner, secara financial memang tidak seperti yang lain, tetapi ini memiliki velue yang bagus buat kami,” katanya.

Sedangkan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dalam sambutannya berharap, pusat perbelanjaan memiliki kewajiban untuk menggelar kegiatan tradisional.  Tak hanya menampilkan kebudayaan asing, dan itu dia harapkan dapat dilakukan berkesinambungan.

“Saya berharap ada kesamaan,” tandasnya.

KOTA TANGERANG
THR Tak Kunjung Cair, Lapor ke Posko Ini di Kota Tangerang

THR Tak Kunjung Cair, Lapor ke Posko Ini di Kota Tangerang

Jumat, 29 Maret 2024 | 13:52

Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang membuka posko pengaduan terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR)

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill