Connect With Us

e-reporting Kabupaten Tangerang untuk transparansi anggaran

Denny Bagus Irawan | Sabtu, 5 Desember 2015 | 13:04

Pemkab Tangerang akhirnya menggunakan sistem terbaru dalam membuat laporan, yakni menggunakan e-reporting. Penggunaan sistem tersebut di lauching Bupati Tangeng, Ahmed Zaki Iskandar. (Dira Derby / Tangerangnews)

 

TANGERANG-Pemkab Tangerang akhirnya menggunakan sistem terbaru dalam membuat laporan, yakni menggunakan e-reporting. Penggunaan sistem tersebut  di lauching Bupati Tangeng, Ahmed Zaki Iskandar.

“Hari ini kita melaunching sistem e-reporting, diharapkan  kedepan sistem informasi ini dimulai dari tahap perencanaan, penganggaran hingga tahap monitoring dan evaluasi, " terang Zaki didepan Kepala SKPD, Jumat (4/12/2015).

 

Dia juga menjelaskan, e-reporting merupakan upaya mewujudkan tata pemerintahan yang baik  atau good governance melalui reformasi birokrasi secara bertahap dan berkelanjutan, maka dikembangkan e-government pada tiap lini pemerintahan.

Pengembangan sistem tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan efektifitas kerja dan efisiensi anggaran yang tentunya akan berdampak pada transparansi dan akuntabilitas sebagai indicator terselenggaranya tata kelola pemerintahan.

"Setelah sistem ini berjalan, SKPD terus tergerak dalam peningkatan kinerja dan realisasi program-program unggulan yang telah tertuang dalam RPJMD lima tahun ke depan," ujar Bupati Zaki.

Program ini didukung dengan program pengkajian dan pengembangan  sistem informasi dan penyusunan serta pengembangan SIM pelayanan publik.

 

Pihak yang terlibat dalam program ini adalah seluruh SKPD, dengan leading sektornya Dinas Komunikasi dan Informatika.

Sedangkan Sekda Kabupaten Tangerang Iskandar Mirsad menyampaikan, sistem ini merupakan laporan realisasi APBD dari setiap SKPD di Kabupaten Tangerang yang ditampilkan kedalam website sehingga masyarakat  luas bisa melihat juga memantau langsung APBD.

 E-reporting sendiri menggunakan data dan laporan dari BPKAD dan SKPD terkait.

" ini merupakan keterbukaan informasi publik dan tranparansi, sistem ini sekaligus menjadi rapot bagi SKPD yang mejalankan dan akan menjadi indikator kinerja mereka," terang Iskandar.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Kabupaten Tangerang,  Soma Atmaja mengaku sistem ini selain menjawab keterbukaan informasi publik, ini dapat memudahkan baik pimpinan maupun pertanyaan dari masyarakat.

Karena masyarakat dapat melihat informasi apa saja yang dilakukan oleh Pemkab Tangerang untuk pembangunan wilayah.

"Sistem ini bisa berjalan dengan baik, apa bila SKPD terus meng-update semua data informasi yang telah dilaksanakan," tutur Soma Atmaja.

 

SPORT
Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Selasa, 16 April 2024 | 12:26

Gol penyelamat di menit-menit akhir oleh Fahreza Sudin sukses mengantarkan Persita untuk menahan imbang Persib dengan skor 3-3 di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Senin, 15 April 2024, sore.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill