Connect With Us

Peminat Keterampilan Kerja di Kabupaten Tangerang Tinggi

Denny Bagus Irawan | Selasa, 15 Desember 2015 | 10:00

| Dibaca : 4322

Ilustrasi Pelamar Kerja (Istimewa / TangerangNews)

TANGERANG - Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), Kabupaten Tangerang, Syafrudin, mengakui tingginya peminat kursus keterampilan kerja di balai latihan kerja (BLK) atau lembaga pelatihan kerja (LPK). 


"Peminat kursus di BLK sangat tinggi. Dalam setahun ada lebih dari 500 alumni SMP atau SMA/sederajat yang ingin kursus di BLK," ujar Syafrudin, , kemarin. 

Selain ingin mendapat keterampilan kerja, tingginya peminat juga disebabkan banyaknya permintaan dari sektor industri, utamanya garmen maupun usaha informal yang ada di Kabupaten Tangerang. 

Syafrudin menampik jika pihaknya tidak mampu menampung keinginan warga yang ingin belajar di BLK. Saat ini pihaknya menjalin kerja sama dengan beberapa LPK di kecamatan dan BLK Salesian Don Bosco, Tigaraksa. 

"Kami gandeng BLK swasta dan LPK swasta untuk menyalurkan keinginan warga. Jadi, tidak ada yang tidak tersalurkan," lanjut Syafrudin.

Setelah lulus dari BLK dan LPK swasta, para calon pekerja langsung disalurkan ke beberapa perusahaan. Sebagian besar calon pekerja disalurkan pabrik garmen di wilayah kabupaten. Sebagian lainnya bekerja di daerah lain atau bahkan luar negeri.

Pemkab sendiri akan memiliki satu BLK yang masih dalam tahap pembangunan. Rencananya proses pembangunan selesai pada pertengahan 2016. 

"Setelah nanti gedung jadi, layanan kursus kami prioritaskan ke tiga bidang dulu sesuai anggaran yang ada. Keterampilan otomotif, las dan garmen akan jadi prioritas kami," tutur Syahrudin.

Sebelumnya, UPTD BLK Kota Tangerang mencatat ada lebih dari 200 pelamar kursus asal Kabupaten Tangerang. Seluruh pelamar tersebut terpaksa ditolak karena BLK Kota Tangerang belum memiliki program lintas kursus yang menampung peserta dari lintas wilayah.

MANCANEGARA
Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Selasa, 26 Maret 2019 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Ulama kharsimatik, Fethullah Gulen menilai demokrasi di Turki telah dirusak Presiden Recep Tayyip Erdogan. Namun Fethullah Gulen percaya kondisi itu tak akan berlangsung lama.

BANTEN
Tim Basket 3x3 Banten Gagal Berlaga di Pra PON

Tim Basket 3x3 Banten Gagal Berlaga di Pra PON

Rabu, 26 Juni 2019 | 21:33

TANGERANGNEWS.com-Banten gagal mengirim tim Basket 3x3 untuk berlaga pada babak kualifikasi PON XX 2020 Papua. Hal tersebut lantaran, Pengurus Pengprov (Pengprov) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Banten

KOTA TANGERANG
Ini Nominal Santunan Kematian untuk Warga Kota Tangerang

Ini Nominal Santunan Kematian untuk Warga Kota Tangerang

Kamis, 27 Juni 2019 | 16:08

TANGERANGNEWS.com-Rancangan peraturan daerah (Raperda) inisiatif DPRD Kota Tangerang tentang bantuan kematian untuk warga berstatus tidak mampu atau miskin disahkan dalam rapat paripurna pada Rabu (26/6/2019).

TEKNO
Cakram Gelas Kecil Ini Bisa Menyimpan Data Hingga 360 Terabita dan Tahan Hingga 13,8 Miliar Tahun

Cakram Gelas Kecil Ini Bisa Menyimpan Data Hingga 360 Terabita dan Tahan Hingga 13,8 Miliar Tahun

Rabu, 26 Juni 2019 | 21:48

TANGERANGNEWS.com-Selama ini, media apa pun yang kita gunakan untuk menyimpan pengetahuan dan ingatan akan rusak. Buku melapuk, foto memudar, bahkan cakram keras (harddisk) pun pada akhirnya akan gagal berfungsi.

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt