Connect With Us

Peminat Keterampilan Kerja di Kabupaten Tangerang Tinggi

Denny Bagus Irawan | Selasa, 15 Desember 2015 | 10:00

| Dibaca : 4425

Ilustrasi Pelamar Kerja (Istimewa / TangerangNews)

TANGERANG - Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), Kabupaten Tangerang, Syafrudin, mengakui tingginya peminat kursus keterampilan kerja di balai latihan kerja (BLK) atau lembaga pelatihan kerja (LPK). 


"Peminat kursus di BLK sangat tinggi. Dalam setahun ada lebih dari 500 alumni SMP atau SMA/sederajat yang ingin kursus di BLK," ujar Syafrudin, , kemarin. 

Selain ingin mendapat keterampilan kerja, tingginya peminat juga disebabkan banyaknya permintaan dari sektor industri, utamanya garmen maupun usaha informal yang ada di Kabupaten Tangerang. 

Syafrudin menampik jika pihaknya tidak mampu menampung keinginan warga yang ingin belajar di BLK. Saat ini pihaknya menjalin kerja sama dengan beberapa LPK di kecamatan dan BLK Salesian Don Bosco, Tigaraksa. 

"Kami gandeng BLK swasta dan LPK swasta untuk menyalurkan keinginan warga. Jadi, tidak ada yang tidak tersalurkan," lanjut Syafrudin.

Setelah lulus dari BLK dan LPK swasta, para calon pekerja langsung disalurkan ke beberapa perusahaan. Sebagian besar calon pekerja disalurkan pabrik garmen di wilayah kabupaten. Sebagian lainnya bekerja di daerah lain atau bahkan luar negeri.

Pemkab sendiri akan memiliki satu BLK yang masih dalam tahap pembangunan. Rencananya proses pembangunan selesai pada pertengahan 2016. 

"Setelah nanti gedung jadi, layanan kursus kami prioritaskan ke tiga bidang dulu sesuai anggaran yang ada. Keterampilan otomotif, las dan garmen akan jadi prioritas kami," tutur Syahrudin.

Sebelumnya, UPTD BLK Kota Tangerang mencatat ada lebih dari 200 pelamar kursus asal Kabupaten Tangerang. Seluruh pelamar tersebut terpaksa ditolak karena BLK Kota Tangerang belum memiliki program lintas kursus yang menampung peserta dari lintas wilayah.

TEKNO
Bersama Microsoft, Sinar Mas Land Pelopori Konsep Smart City di Indonesia

Bersama Microsoft, Sinar Mas Land Pelopori Konsep Smart City di Indonesia

Sabtu, 14 September 2019 | 17:36

TANGERANGNEWS.com- Sinar Mas Land akan mentransformasi BSD City menjadi _integrated smart City_dengan skala besar yang mudah diakses

KOTA TANGERANG
PMI Kota Tangerang Peringkat 2 Jumbara Provinsi Banten

PMI Kota Tangerang Peringkat 2 Jumbara Provinsi Banten

Kamis, 19 September 2019 | 17:55

TANGERANGNEWS.com—PMI Kota Tangerang berhasil meraih peringkat 2 dalam ajang Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) III tingkat Provinsi Banten.

BISNIS
Investasi Properti Cuma Modal Rp86 Ribu, Bisa!

Investasi Properti Cuma Modal Rp86 Ribu, Bisa!

Sabtu, 14 September 2019 | 17:25

TANGERANGNEWS.com-Bukan hanya sebagai kebutuhan primer, properti kini mulai menjadi alternatif investasi yang menjanjikan. Bahkan, hanya Rp86

KAB. TANGERANG
Puluhan Pocil Belajar Lalu Lintas di Polresta Tangerang

Puluhan Pocil Belajar Lalu Lintas di Polresta Tangerang

Kamis, 19 September 2019 | 16:59

TANGERANGNEWS.com-Puluhan polisi cilik (Pocil) mendatangi kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Tangerang, Kamis (19/9/2019).

"Semua pengalaman dalam hidup mengajarkan pada kita hal - hal yang penting untuk terus maju."

Brian Tracy