Connect With Us

Cara Unik Dunia Rayakan Valentine, Bagaimana dengan Indonesia?

EYD | Sabtu, 13 Februari 2016 | 10:43

Ilustrasi Valentine (Istimewa / TangerangNews)

TANGERANG – Kartu ucapan, bunga, dan cokelat merupakan hal yangg sering kita temui pada saat Valentine. Namun, tidak hanya itu tradisi untuk merayakan valentine.

Mendekati Hari Valentine yang jatuh pada Minggu (14/2/2016), sebagian besar sudut kota dibanjiri oleh permen yang berbentuk hati, cokelat, dan boneka.

Di Amerika Serikat, rak-rak akan dipenuhi dengan boneka beruang, dan kotak cokelat adalah salah satu jenis tradisi khas Valentine. Tapi, tidak semua negara berubah menjadi sebuah kartu ucapan dan permen yang berbentuk hati untuk menyatakan cinta.

Beberapa di antaranya ada yang menggunakan sendok kayu sebagai pengganti bunga, ada juga yang merayakannya dengan suasana berkabung karena tidak mempunyai pasangan dengan memakan mie hitam.

Berikut beberapa tradisi merayakan Valentin dari beberapa negara di dunia :

1. Denmark

Meskipun Hari Valentine ditetapkan sebagai hari libur di Denmark sejak awal 1990-an. Menurut Kementerian Luar Negeri Denmark, negara ini telah memeluk 14 Februari sebagai twist Denmark.

Daripada bunga mawar, teman-teman dan kekasih melakukan pertukaran bunga dengan menggunakan bunga putih yang disebut snowdrops.

Tradisi populer lainnya di Denmark adalah pertukaran "Kartu kekasih". Kartu kekasih ini merupakan kartu yang transparan dan dapat menunjukkan gambar dari si pemberi kartu.

Kemudian para pria juga akan memberikan kepada perempuan yang dicintainya sebuah Gaekkebrev, sebuah surat yang berisi lelucon yang berisi puisi lucu atau sajak yang ditulis secara rumit di atas kertas yang dipotong-potong dan ditandai dengan titik-titik anonim.

Jika seorang wanita yang menerima dapat dengan benar menebak siapa pengirimnya, dia akan mendapatkan telur paskah pada akhir tahun itu.

2. Korea Selatan

Hari Valentine adalah hari libur populer untuk pasangan muda di Korea Selatan, dan beragam cara untuk merayakan hari libur ini setiap bulan dari Februari hingga April.

Pemberian hadiah dimulau pada 14 Februari, saat itu merupakan waktu untuk para perempuan untuk merayu laki-laki mereka dengan memberikan cokelat, permen, dan bunga.

Kemudian pada tanggal 14 Maret, dikenal sebagai White Day, saatnya membalas pemberian cokelat dan hadiah lainnya.

Bagi mereka yang tidak memiliki pasangan untuk merayakan valentin atau white day, terdapat hari libur ketiga yakni Black day. Pada tanggal 14 April, sudah menjadi tradisi untuk mereka yang lajang untuk berkabung karena status lajangnya dengan memakan satu mangkuk Jajangmyeon, atau mie hitam.

3. Wales

Anda tidak akan menemukan perayaan Valentine di Wales, namun orang-orang di Wales merayakan Saint Dwynwen, seorang santo pelindung cinta, pada tanggal 25 Januari.

Satu hadiah tradisional di Wales adalah sendok cinta. Pada awal abad ke-17, Pria Wales mengukir sendok kayu dengan ukiran yang rumit sebagai tanda kasih sayang untuk wanita yang mereka cintai.

Pola dan simbol yang diukir di sendok cinta ini masing-masing memiliki arti yang berbeda. Sebagai contoh misalnya, sepatu kuda, ukiran ini mewakili keberuntungan, sedangkan roda dilambangkan sebagai dukungan dan kunci melambangkan untuk hati manusia.

Hingga saat ini, sendok cinta ini juga ditukar dalam perayaan seperti pernikahan, ulang tahun, dan kelahiran.

4. China

Sesuai dengan Hari Valentine di China Qixi, atau Malam Festival Ketujuh, yang jatuh pada hari ketujuh dari bulan lunar ketujuh setiap tahun. Menurut cerita China, Zhinu, seorang putri raja surgawi, dan Niulang, seorang gembala sapi miskin, jatuh cinta, menikah dan mempunyai anak kembar.

Ketika ayah Zhinu ini belajar dari pernikahan mereka, dia mengirim ratunya untuk membawa Zhinu kembali ke bintang. Setelah mendengar teriakan Niulang dan anak-anak, raja memperbolehkan Zhinu dan Niulang untuk bertemu sekali setahun pada saat Qixi.

Selama Qixi, wanita muda mempersiapkan persembahan melon dan buah-buahan lain untuk Zhinu dengan harapan menemukan suami yang baik.

Para pasangan juga berdoa ke kuil untuk kebahagiaan dan kesejahteraan. Pada malam hari, orang melihat ke langit untuk menyaksikan bintang-bintang Vega dan Altair (Zhinu dan Niulang, masing-masing) datang dekat selama reuni tahunan pasangan berbeda latar belakang ini.

5. Inggris

Pada malam Hari Valentine, para wanita di Inggris akan menempatkan lima lembar daun salam di bantal mereka agar dapat memimpikan suami masa depan mereka.

Atau, mereka akan membasahi daun salam mereka dengan air mawar dan menempatkannya di bantal mereka.

Di Norfolk, Jack Valentine yang bertindak sebagai Santa untuk hari valentine akan datang dan membagikan permen dan hadiah kecil kepada anak-anak.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

KOTA TANGERANG
Daftar Harga Sembako Pangan Pasca Lebaran 2024 di Kota Tangerang

Daftar Harga Sembako Pangan Pasca Lebaran 2024 di Kota Tangerang

Kamis, 18 April 2024 | 09:41

Sejumlah harga sembako di pasar-pasar tradisional Kota Tangerang mengalami penyesuaian usai Lebaran 2024 atau Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill