Connect With Us

Bupati Tangerang Tertarik Adopsi Teknologi Pengolahan Biomassa Hidrotermal

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 5 Oktober 2016 | 17:26

| Dibaca : 1675

Teknologi Pengolahan Biomassa Hidrotermal (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

TANGERANGNews.com-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengaku tertarik dengan teknologi pengolahan sampah dengan sistem hidrotermal yang dibangun pengembang Summarecon Serpong dengan PT Shinko Teknik Indonesia, di Kampung Carang Pulang, Kelurahan Medang, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Rabu (5/10/2016).

“Hadirnya pengolahan biomassa hidrotermal ini dapat membantu mengatasi masalah sampah di Kabupaten Tangerang yang per hari mencapai 1800 ton per hari,” kata Zaki dalam sambutannya saat peresmian Pengolahan Biomassa Hidrotermal.

Menurut Zaki, dari 1800 ton sampah tersebut, hanya 800-900 ton yang bisa diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sedangkan 20 hektare luas TPA Jatiwaringin Kabupaten Tangerang yang masih menggunakan sistem open dumping dipastikan kapasitasnya akan penuh dalam lima tahun lagi.

“Tidak hanya kabupaten, tapi Kota Tangerang dan Tangserang Selatan juga sudah tidak mampu mengatasi masalah sampah. Nanti mau dikemanakan sampah-sampah ini?,” katanya.

Karena itu, dirinya tertarik ingin menerapkan teknologi yang diadopsi dari Jepang ini agar bisa mengurangi sampah Kabupaten Tangerang. Dia berharap bisa bekerja sama dengan PT Shinko Teknik Indonesia selaku pengembang teknologi tersebut.

“Saya cari kemana-mana teknologi ini belum ada di Indonesia, baru di sini saja. Kalau Januari 2017 kita bisa teken kontrak,” katanya.

Sedangkan Gubernur Banten Rano Karno yang juga hadir mengaku kaget dengan dibangunnya Pengolahan Biomassa Hidrotermal. Meski menurutnya teknologi ini bukan hal yang baru, namun Summarecon mau membangun di kawasannya yang dikelilingi perumahan elit.

“Teknologi ini hal yang biasa, bukan hal baru. Tetapi yang membuat saya surprise ini dibangun di lahan primer milik pengembang Summarecon dan baru pertama kali di Indonsia. Artinya pihak swasta mau peduli terhadap masalah sampah ini,” jelasnya.

 

 

MANCANEGARA
Ini Dia Makanan Sultan, Steak Berlapis Emas Seharga Rp5,8 Juta

Ini Dia Makanan Sultan, Steak Berlapis Emas Seharga Rp5,8 Juta

Senin, 19 November 2018 | 14:43

TANGERANGNEWS.com-Makanan berlapis emas bukan sesuatu yang asing lagi saat ini. Kini banyak restoran yang menyediakan menu tersebut, seiring

TOKOH
Jurnalis Budi Euy Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota di Jawa

Jurnalis Budi Euy Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota di Jawa

Jumat, 2 November 2018 | 14:00

TANGERANGNEWS.com-Pendongeng Keliling Nusantara Budi Sabarudin akan kembali menjalankan program Sedekah Dongeng Keliling Nusantara. Kali ini mengusung tajuk Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota.

KAB. TANGERANG
Dihadiri 32 Anggota, DPRD Tangerang Sahkan 7 Raperda

Dihadiri 32 Anggota, DPRD Tangerang Sahkan 7 Raperda

Rabu, 12 Desember 2018 | 18:00

TANGERANGNEWS.com-Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Tangerang bersama Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengesahkan 7 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda)

TEKNO
Ponsel Gaming Xiaomi Segera Dirilis

Ponsel Gaming Xiaomi Segera Dirilis

Minggu, 14 Oktober 2018 | 18:00

TANGERANGNEWS.com-Setelah cukup sukses dengan pasar smartphone murah, Xiaomi berencana akan mengeluarkan produk smartphone gaming pertamanya, Black Shark. Sejak diluncurkan bulan April lalu, ketersediaan Black Shark sangat terbatas

"Semua pengalaman dalam hidup mengajarkan pada kita hal - hal yang penting untuk terus maju."

Brian Tracy