Connect With Us

Bupati Tangerang Tertarik Adopsi Teknologi Pengolahan Biomassa Hidrotermal

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 5 Oktober 2016 | 17:26

Teknologi Pengolahan Biomassa Hidrotermal (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

TANGERANGNews.com-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengaku tertarik dengan teknologi pengolahan sampah dengan sistem hidrotermal yang dibangun pengembang Summarecon Serpong dengan PT Shinko Teknik Indonesia, di Kampung Carang Pulang, Kelurahan Medang, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Rabu (5/10/2016).

“Hadirnya pengolahan biomassa hidrotermal ini dapat membantu mengatasi masalah sampah di Kabupaten Tangerang yang per hari mencapai 1800 ton per hari,” kata Zaki dalam sambutannya saat peresmian Pengolahan Biomassa Hidrotermal.

Menurut Zaki, dari 1800 ton sampah tersebut, hanya 800-900 ton yang bisa diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sedangkan 20 hektare luas TPA Jatiwaringin Kabupaten Tangerang yang masih menggunakan sistem open dumping dipastikan kapasitasnya akan penuh dalam lima tahun lagi.

“Tidak hanya kabupaten, tapi Kota Tangerang dan Tangserang Selatan juga sudah tidak mampu mengatasi masalah sampah. Nanti mau dikemanakan sampah-sampah ini?,” katanya.

Karena itu, dirinya tertarik ingin menerapkan teknologi yang diadopsi dari Jepang ini agar bisa mengurangi sampah Kabupaten Tangerang. Dia berharap bisa bekerja sama dengan PT Shinko Teknik Indonesia selaku pengembang teknologi tersebut.

“Saya cari kemana-mana teknologi ini belum ada di Indonesia, baru di sini saja. Kalau Januari 2017 kita bisa teken kontrak,” katanya.

Sedangkan Gubernur Banten Rano Karno yang juga hadir mengaku kaget dengan dibangunnya Pengolahan Biomassa Hidrotermal. Meski menurutnya teknologi ini bukan hal yang baru, namun Summarecon mau membangun di kawasannya yang dikelilingi perumahan elit.

“Teknologi ini hal yang biasa, bukan hal baru. Tetapi yang membuat saya surprise ini dibangun di lahan primer milik pengembang Summarecon dan baru pertama kali di Indonsia. Artinya pihak swasta mau peduli terhadap masalah sampah ini,” jelasnya.

 

 

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

NASIONAL
Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sabtu, 20 April 2024 | 12:59

Libur Lebaran 2024 memang telah usai. Namun, ternyata masih ada dari kita yang memiliki sisa Tunjangan Hari Raya (THR) dan belum memanfaatkannya betul.

TANGSEL
Viral Aksi Dramatis Evakuasi Kucing Terjebak di Ruko Kosong di Bintaro Tangsel

Viral Aksi Dramatis Evakuasi Kucing Terjebak di Ruko Kosong di Bintaro Tangsel

Jumat, 19 April 2024 | 20:50

Beredar video di media sosial proses evakuasi seekor kucing terjebak di ruko, tepatnya di Ruko Kebayoran Square C-08, Bintaro, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill