Connect With Us

Bupati Tangerang Tertarik Adopsi Teknologi Pengolahan Biomassa Hidrotermal

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 5 Oktober 2016 | 17:26

| Dibaca : 1959

Teknologi Pengolahan Biomassa Hidrotermal (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

TANGERANGNews.com-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengaku tertarik dengan teknologi pengolahan sampah dengan sistem hidrotermal yang dibangun pengembang Summarecon Serpong dengan PT Shinko Teknik Indonesia, di Kampung Carang Pulang, Kelurahan Medang, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Rabu (5/10/2016).

“Hadirnya pengolahan biomassa hidrotermal ini dapat membantu mengatasi masalah sampah di Kabupaten Tangerang yang per hari mencapai 1800 ton per hari,” kata Zaki dalam sambutannya saat peresmian Pengolahan Biomassa Hidrotermal.

Menurut Zaki, dari 1800 ton sampah tersebut, hanya 800-900 ton yang bisa diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Sedangkan 20 hektare luas TPA Jatiwaringin Kabupaten Tangerang yang masih menggunakan sistem open dumping dipastikan kapasitasnya akan penuh dalam lima tahun lagi.

“Tidak hanya kabupaten, tapi Kota Tangerang dan Tangserang Selatan juga sudah tidak mampu mengatasi masalah sampah. Nanti mau dikemanakan sampah-sampah ini?,” katanya.

Karena itu, dirinya tertarik ingin menerapkan teknologi yang diadopsi dari Jepang ini agar bisa mengurangi sampah Kabupaten Tangerang. Dia berharap bisa bekerja sama dengan PT Shinko Teknik Indonesia selaku pengembang teknologi tersebut.

“Saya cari kemana-mana teknologi ini belum ada di Indonesia, baru di sini saja. Kalau Januari 2017 kita bisa teken kontrak,” katanya.

Sedangkan Gubernur Banten Rano Karno yang juga hadir mengaku kaget dengan dibangunnya Pengolahan Biomassa Hidrotermal. Meski menurutnya teknologi ini bukan hal yang baru, namun Summarecon mau membangun di kawasannya yang dikelilingi perumahan elit.

“Teknologi ini hal yang biasa, bukan hal baru. Tetapi yang membuat saya surprise ini dibangun di lahan primer milik pengembang Summarecon dan baru pertama kali di Indonsia. Artinya pihak swasta mau peduli terhadap masalah sampah ini,” jelasnya.

 

 

HIBURAN
Pekik Rabu Pagi Enigma di Jalan Gading Serpong

Pekik Rabu Pagi Enigma di Jalan Gading Serpong

Rabu, 29 Januari 2020 | 11:00

TANGERANGNEWS.com-Pekik kurang lebih sekitar 10 pemuda langsung memecah kesunyian malam di Jalan Boulevard Raya Gading Serpong, Gading Serpong, Serpong Utara, Kabupaten Tangerang pada Rabu (29/01/2020) sekitar pukul 02.30 WIB.

TOKOH
Film Akhir Kisah Cinta Si Doel & Refleksi Perjalanan Hidup Azizah

Film Akhir Kisah Cinta Si Doel & Refleksi Perjalanan Hidup Azizah

Jumat, 24 Januari 2020 | 13:15

TANGERANGNEWS.com-Kisah percintaan Si Doel dalam film 'Akhir Kisah Cinta Si Doel' tentu membuat penasaran pemirsa, tak terkecuali Siti Nur Azizah.

NASIONAL
Kantor Staf Presiden Angkat 13 Penasihat Senior, Salah Satunya Alumni Universitas Telkom

Kantor Staf Presiden Angkat 13 Penasihat Senior, Salah Satunya Alumni Universitas Telkom

Sabtu, 8 Februari 2020 | 23:17

TANGERANGNEWS.com-13 sosok dari berbagai latar belakang diangkat menjadi Dewan Penasihat Kantor Staf Presiden (KSP). Nama-nama tersebut

KAB. TANGERANG
Rampas Ponsel Anak Yatim, 2 Jambret di Sepatan Dibekuk

Rampas Ponsel Anak Yatim, 2 Jambret di Sepatan Dibekuk

Selasa, 18 Februari 2020 | 20:51

TANGERANGNEWS.com–Dua kawanan jambret di Sepatan, Kabupaten Tangerang apes ketika melancarkan aksi kejahatan yang ke-25 kali.

"Percayalah Anda Bisa, Saat Ini Anda Telah Setengah Jalan Mencapainya"

Theodore Roosevelt